Jumat, Mei 23, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

J.D Power : Komplain Pemilik Mobil Baru di 2017 Meningkat

by Indra Prabowo
Januari 31, 2018
J.D Power

Naiknya penjualan mobil baru di 2017 diikuti juga dengan meningkatnya komplai kepemilikan awal konsumen, menurut J.D Power (Istimewa)

Share on FacebookShare on Twitter

Singapura — Sepanjang tahun lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat jumlah mobil baru yang terjual sebanyak 1.079.000 unit, naik 1,6 persen dibanding tahun 2016. Berita ini memang menggembirakan, mengingat rasa pesimis para pelaku industri akibat lesunya pasar otomotif di 2017.

Meski demikian, hasil survey yang dilakukan oleh J.D Power 2017 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS) cukup mengagetkan. Bahwa tingkat komplain konsumen pengguna mobil baru terhadap kualitas kendaraan yang dibelinya, juga ikut meningkat.

“Banyak permasalahan kepemilikan awal dalam soal kualitas sebagai akibat dari peningkatan penggunaan kendaraan,” tulis J.D. Power dalam rilis yang dikeluarkan hari ini, Rabu (31/1/2018).

Baca Juga :

Baru Rilis, Chery Tiggo 8 CSH Langsung Banjir Pesanan!

Chicco dan Mobil Lubricants tantang masyarakat angkat beban badan

Alva Cervo X dengan pengisian daya cepat

Survey terukur yang dilakukan oleh J.D Power ini menemukan fakta bahwa tingginya tingkat ketidakpuasan konsumen dipengaruhi banyaknya jumlah permasalahan yang terjadi pada sektor mesin dan transmisi, audio, hiburan atau navigasi, interior kendaraan, dan pengalaman berkendara.

“Terdapat peningkatan dalam penggunaan kendaraan baru terutama mengingat kondisi berkendara di Indonesia, menyebabkan pemilik banyak yang menghabiskan waktu mereka di kendaraan barunya. Ini lalu memunculkan permasalahan kualitas awal yang lebih tinggi dari pemilik,” ungkap Kaustav Roy, Direktur J.D. Power Singapura.

45% dari pemilik kendaraan baru tahun ini mengemudikan mobil mereka lebih dari 6.000 kilometer hanya dalam jangka waktu dua hingga enam bulan pertama masa kepemilikan. Bahkan kalau mau diambil rata-rata, jumlah kilometer perjalanan selama periode kepemilikan ini mencapai 8.553 kilometer, sementara tahun lalu hanya mencapai 6.928 kilometer.

“Semakin banyak waktu yang dihabiskan pemilik kendaraan di dalam kendaraannya, mereka akan menjadi semakin sadar akan masalah kendaraan terkait dengan kenyamanan mereka saat mengemudi, pengoperasian audio, hiburan atau sistem navigasi serta interior. Produsen perlu memastikan bahwa fitur-fitur seperti ini sebaiknya dirancang untuk dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama,” tambah Kaustav.

Hasil Survey J.D Power 2017 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS)

  • 10 masalah teratas yang dialami dan dikomplain pemilik kendaraan selama tahun 2017, tujuh di antaranya adalah masalah yang sama dan terjadi selama 3 tahun terakhir. 44% masalah ini terkait cacat produksi atau kerusakan.
  • Bila mengklasifikasikan masalah dari sektor usia, pemilik kendaraan dengan usia yang lebih muda (di bawah 35 tahun) mengalami lebih banyak masalah kualitas awal dibandingkan pemilik kendaraan yang berusia 35 tahun ke atas. Masalah yang paling sering dikeluhkan di kelompok usia ini adalah soal pengalaman berkendara, interior, eksterior kendaraan, serta mesin dan transmisi.
  • Dua model yang paling banyak mengalami peningkatan masalah kualitas awal adalah segmen entry-level seperti Entry SUV dan Entry MPV.
  • Minimnya penjelasan tentang pengoperasian fitur memicu keluhan konsumen pemilik kendaraan baru. Ini sangat penting bagi produsen untuk bisa menjelaskan secara detail fungsi dan cara mengoperasikan fitur-fitur yang ada di seluruh produk terbarunya.

Studi mengukur masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan baru dalam jangka waktu dua sampai enam bulan pertama kepemilikan, dan memeriksa lebih dari 200 buah masalah dalam delapan kategori.

Urutan masalah yang dilaporkan dimulai dari soal mesin dan transmisi, pengalaman berkendara, interior kendaraan, eksterior kendaraan, fitur, kontrol dan tampilan, pemanas, ventilasi dan pendingin (HVAC), audio, hiburan atau navigasi dan tempat duduk.

Peringkat J.D Power 2017 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS)

Setelah studi rampung, J.D Power mengeluarkan hasil yang menyebutkan bahwa Daihatsu Ayla menempati peringkat tertinggi masalah kualitas awal kepemilikan dalam segmen Entry Compact, dan Honda HR-V menempati peringkat tertinggi dalam segmen Entry SUV.

Sementara Mitsubishi Pajero Sport menempati peringkat tertinggi dalam segmen SUV, lalu Suzuki Ertiga menempati peringkat tertinggi dalam segmen Entry MPV.

Hasil ini diperoleh dari 2.664 orang yang melakukan pembelian kendaraan baru periode September 2016 dan Agustus 2017, mencakup sembilan merek dan 51 model mobil penumpang dan kendaraan utilitas. Studi ini sendiri berlangsung sejak Maret sampai Oktober 2017##.

Tags: DaihatsuHondaJ.D Power 2017Kepuasan PelangganKepuasan Pelanggan Mobil BaruMitsubishiMitsubishi Pajero SportMobil BaruSurvey J.D PowerSuzukiSuzuki Ertiga
Previous Post

Isyana Sarasvati Buat Wanita Jawa Timur Kesengsem Punya Yamaha Mio S

Next Post

Cari Ban Motor Dateng Aja ke Moto X Press

Related Posts

Chery Tiggo 8 CSH
Berita

Baru Rilis, Chery Tiggo 8 CSH Langsung Banjir Pesanan!

Mei 23, 2025
Chicco Jerikho
Berita

Chicco dan Mobil Lubricants tantang masyarakat angkat beban badan

Mei 23, 2025
Alva Cervo X
Berita

Alva Cervo X dengan pengisian daya cepat

Mei 23, 2025
GR Garage by Auto2000
Berita

GR Garage by Auto2000 hadir untuk para pecinta motorsport

Mei 23, 2025
Kawasaki Jet Ski
Berita

Kawasaki Jet Ski hadir di Indonesia

Mei 23, 2025
Koji Sato
Berita

CEO TMC: Mobil-mobil Toyota akan fun to drive dan bukan komoditas

Mei 22, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.