Jakarta – Gencarnya brand otomotif memamerkan teknologi kendaraan listrik di Indonesia, membuat minat pencarian masyarakat terhadap informasinya semakin tinggi di Google Trends. Hal tersebut diungkapkan oleh perwakilan Google di Indonesia terhadap penelusuran kendaraan listrik di dunia maya.
Menurut informasi yang diterima redaksi Otobisnis, bahwa data Google Trends di Indonesia menunjukkan brand mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300% selama periode satu tahun, dari 2020 hingga 2021. Adapun masyarakat memakai Google Search dan Youtube untuk memulai – dan menyelesaikan – perjalanan pembelian mereka.
Perihal pencarian perihal kendaraan hybrid naik 53% selama periode yang serupa. Sedangkan pencarian kata kunci terhadap kendaraan elektrik naik 60% di aplikasi Youtube.
Tren terkini juga menunjukkan:
- Volume penelusuran untuk kendaraan elektrik di Google 30% lebih tinggi daripada penelusuran untuk “SUV” dan “hatchback” dari Agustus 2021 sampai Juli 2022
- Selama periode yang sama, penelusuran untuk “motor listrik” di YouTube naik 85%
- Secara umum, penelusuran terkait otomotif di Google naik 20% selama periode yang sama
- Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16%
- Penelusuran untuk “dealer terdekat” naik 43% selama periode yang sama
“Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya,” ungkap Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst, Google Indonesia melalui siaran pers, Selasa (9/8).
Selain mencari kendaraan elektrik, masyarakat juga penasaran dengan kata kunci harga mobil listrik. Begitu juga dengan kendaraan hybrid juga bertanya-tanya perihal harganya.
Karlina menambahkan bahwa perlunya brand untuk memperluas informasi tentang kendaraan bertenaga listrik untuk merebut generasi konsumen baru. Sebab 90% di antaranya mencari informasi perihal kendaraan elektrik melalui internet.
“Kita sadar akan adanya peningkatan minat terhadap kendaraan elektrifikasi belakangan ini. Tercermin dari angka penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota yang sekarang bisa dengan stabil mencapai lebih dari 1.000 unit per tahun. Dan kita sangat terbuka dengan kedatangan tren baru ini di industri otomotif,” kata Lina Agustina, GM Marketing Planning and New Business Toyota-Astra Motor. ##