ANAHEIM — Isuzu Commercial Truck of America (ICTA) telah memulai produksi Isuzu NRR-EV. Truk listrik ini akan bermain di segmen medium-duty (tugas-menengah).
Isuzu NRR-EV diklaim sebagai truk listrik serbaguna, karena bisa digunakan sebagai truk kering (dry truck) untuk industri jarak menengah dan perjalan akhir (last mile truck) atau bak truk untuk lansekap.
Para pelanggan, nantinya, bisa memilih empat konfigurasi paket baterai (60, 100, 140, atau 180 kWh) untuk memenuhi kebutuhan jangkauan Anda. Baterai 60 kWh (3 pack baterai) dapat menempuh jarak 66-130 kilometer. Baterai 180 kWh (9 battery packs) menghasilkan jarak 200-380 kilometer.
Sementara daya maksimum motor listrik truk ini 150 kW, torsi 280 lb-ft dengan tegangan operasi 350 volt.
Terdapat pengereman regeneratif menangkap energi kinetik dan mentransfernya ke baterai. Sistem memungkinkan pengemudi untuk mengatur pengereman regeneratif sesuai dengan preferensi berkendara mereka.
Mode ECO membantu memperluas jangkauan kendaraan dengan mengurangi kinerja akselerasi dan konsumsi baterai.
Isuzu NRR-EV dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) includes Lane Departure Warning System (LDWS), Automatic Emergency Braking System (AEBS), Following Distance Warning, Mis-Acceleration Mitigation, Forward Vehicle Start Notification, and Full-Range Adaptive Cruise Control.
Untuk meningkatkan keselamatan jalan raya, Isuzu Motor menanam Sistem Peringatan Pejalan Kaki atau Pedestrian Alert System (PAS). PAS akan menginformasikan pejalan kaki di sekitar dengan isyarat suara bahwa kendaraan berada di dekat saat beroperasi pada kecepatan rendah karena pengoperasiannya yang senyap.
Truk ini mengantongi Electric Power Take-off (ePTO) untuk memberi daya pada peralatan tambahan dan menyediakan daya berkelanjutan sebesar 7kWh dengan puncak 26kWh.
Model ini menampilkan layanan Isuzu Group Connect, yang memungkinkan Anda memantau jarak jelajah, tingkat (level) baterai, status pengisian daya, dan riwayat pengisian daya dari jarak jauh. Layanan ini tersedia tanpa biaya tambahan dan meningkatkan garansi standar Anda.
Untuk mengirit baterai, Isuzu Motors mendesain Isuzu NRR-EV dengan aerodinamis. Desain bumper depan membantu pendinginan.
Terdapat 3 pilihan wheelbase yakni 132.5”, 150”, dan 176”, mengakomodasi panjang tubuh 3 meter hingga 6 meter.
Rangka yang inovatif dan kuat Isuzu NRR-EV terbuat dari baja canai panas HT540. Desain baru berkekuatan tarik tinggi ini lebih tinggi, lebih kaku, dan lebih kuat dari rangka sebelum-sebelumnya.
“Tim Isuzu di luar negeri dan di Amerika Utara telah bekerja keras untuk mewujudkan Isuzu NRR-EV dari konsep hingga kenyataan,” kata Shaun Skinner, Presiden ICTA dan ICTC (Canada).
“Dimulainya produksi menandai momen penting bagi kami. Kendaraan ini tidak hanya menunjukkan kecakapan teknologi kami, tetapi juga dedikasi kami terhadap keberlanjutan dan inovasi. Kami sangat gembira untuk mulai melihat EV kami di jalan dan di tangan para pelanggan kami.”
Sebagai tambahan, baterai truk listrik ini butuh waktu kurang dari 2 jam jika diisi di AC (level 2) dan DC Fast Charging.
Produksi Isuzu NRR-EV dilakukan di Charlotte, Miami. Kendaraan tersebut saat ini tersedia untuk dipesan, dengan pengiriman pertama pada September 2024. ##