Tangerang — Meski regulasi Euro 4 untuk kendaraan diesel telah diterapkan di Indonesia sejak 12 April 2022, masih banyak orang yang menyangsikan perawatan, ketersediaan onderdil serta bahan bakar minyak (BBM). Hal ini lumrah karena sejak puluhan tahun kita terbiasa dengan kendaraan-kendaraan Euro 2, dan baru tahun ini dimulai era Euro 4.
Isuzu sebagai salah satu produsen kendaraan diesel di Indonesia pun menegaskan kesiapan layanan purnajual mereka terkait perawatan dan ketersediaan onderdil hingga ke pelosok-pelosok.
“Sejauh ini Isuzu sudah memberikan para pelanggan solusi layanan purnajual dengan menghadirkan sejumlah program. Bahkan, program tersebut juga sudah menjangkau konsumen-konsumen pelosok Indonesia,” kata Beny Dwyanto, Technical Product Support General Manager, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).
Langhkah yang ditempuh oleh Isuzu dengan mengandeng banyak part shop dan bengkel umum, yang lokasinya jauh dari dealer atau bengkel resmi Isuzu. Dengan begitu para pemilik kendaraan-kendaraan Isuzu tetap nyaman dan tenang.
“Bengkel-bengkel umum yang dilibatkan sebagai mitra juga sudah diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani para pelanggan lebih baik, kerjasama dengan after sales channel ini dilakukan baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa,” ujar Beny di booth Isuzu GIIAS 2022, ICE, BSD City, Jumat (12/8/2022).
Sementara untuk para pelanggan fleet alias Business to Business (B2), Isuzu memiliki layanan Astra Isuzu Mobile Command Center. Pelanggan tinggal menghubungi nomor telepon tertentu dan para mekanik akan mendatangi lokasi mereka.
“Dalam memenuhi kebutuhan para customer yang mayoritas B2B di mana dapat beroperasi 24 jam non-stop dan pelayanan perbaikan di luar jam kerja atau di hari libur, Isuzu menyediakan layanan Astra Isuzu Mobile Command Center Whatsapp (081297371035) yang dapat digunakan untuk memesan layanan Bengkel Isuzu Berjalan. Kami bisa melayani perbaikan darurat di jalan kapan saja dibutuhkan,” ungkap Customer & Product Services Division Head Astra Isuzu, Heri Wasesa.
Selanjutnya, Isuzu memiliki layanan mechanic on site yang ditempatkan di lokasi perkebunan, pertambangan, minyak dan gas milik pelanggan. Para mekanik Isuzu dibekali dengan special tools, Diagnostic Service System (GIDSS), sehingga kami mampu membantu menganalisa kondisi kendaraan secara cepat dan akurat di lokasi.
Layanan ini dirasakan oleh banyak pelanggan termasuk PT Bina Pertiwi yang bekerja di kawasan pertambangan Freeport di Pengunungan Sudirman, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua
Aditya Mianto Cahyono Branch Operation Head PT Bina Pertiwi mengatakan, selama menggunakan truk Isuzu merasakan layanan purnajual Isuzu yang baik. Perusahaan sudah bekerjasama dengan Isuzu melalui Full Maintenance Contract dengan menempatkan dua teknisi.
“Tim Isuzu juga mampu menyediakan dan memenuhi kritikal-kritikal part yang memang kami butuhkan dalam waktu cepat,” tutur Aditya, sekaligus berharap Isuzu dapat menjaga dan meningkatkan layanan purnajual. ##