LOS ANGELES — Setelah memamerkan teaser IONIQ 9 beberapa hari lalu, Hyundai Motor Company (HMC) akhirnya meluncurkan SUV listrik tersebut. Model ini akan masuk pasar pada semester I 2025.
IONIQ 9 memiliki panjang 5,060 mm, lebar 1,980 mm, tinggi 1,790 mm, dan wheelbase 3,130 mm. SUV 7-seater ( 2+2+3) ini akan menjadi pilihan baru yang menarik bagi para pencari EV tiga baris berdaya tampung hingga tujuh penumpang. Mobil ini menyediakan ruang yang mengesankan dan fitur-fitur yang memenuhi kebutuhan individu sekaligus menawarkan rasa kebersamaan — mobil ini benar-benar ‘Dibuat untuk Dimiliki’.
IONIQ 9 dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat terhubung tetapi juga menghargai ruang, privasi, dan relaksasi.
“IONIQ 9 merupakan perwujudan komitmen dan keyakinan Hyundai Motor yang teguh terhadap elektrifikasi,” kata Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company.
“Berdasarkan Electric-Global Modular Platform (E-GMP) milik Hyundai Motor Group yang diakui, IONIQ 9 menawarkan ruang interior luar biasa, memberikan nilai unik kepada para pelanggan sekaligus memperkuat kepemimpinan kami di pasar kendaraan listrik global.”
IONIQ 9 menawarkan kelapangan superior dengan ruang baris kedua dan ketiga yang cukup. Desain interiornya dicirikan oleh elemen-elemen elips dan warna yang menenangkan untuk menciptakan suasana seperti lounge. Hal ini memberikan nuansa yang tenang dan alami, terutama saat terbenam dalam cahaya alami dari Panoramic Sunroof.
Lantai datar IONIQ 9 mengakomodasi pengaturan tempat duduk untuk enam atau tujuh penumpang. Kursi-kursi Relaksasi di baris pertama dan kedua dapat direbahkan sepenuhnya dan menawarkan sandaran kaki untuk kenyamanan optimal, memungkinkan hingga empat orang untuk beristirahat selama pengisian daya baterai. Mobil juga menawarkan ruang kepala 1.899 mm dan ruang kaki 2.050 mm, saat baris kedua dan ketiga digabungkan.
Kursi-kursi Relaksasi IONIQ 9 dilengkapi sistem Perawatan Tubuh Dinamis pertama Hyundai Motor, termasuk fungsi Pijat Sentuhan Dinamis. Sistem ini menggunakan tekanan dan getaran untuk merangsang aliran dan sirkulasi darah, mengurangi kelelahan saat berkendara jauh.
IONIQ 9 juga memperkenalkan Kursi-kursi Putar baris kedua, yang memungkinkan para penumpang baris kedua dan ketiga saling berhadapan saat kendaraan dalam keadaan diam. Fitur konfigurasi fleksibel ini meningkatkan interaksi dan komunikasi antarpenumpang, sehingga menjadi cara lain untuk menikmati ruang unik kendaraan ini.
Konsol Universal Island 2.0 yang dapat digeser pada SUV ini menyediakan tingkat penyimpanan yang mengesankan dan menghadirkan pengaturan kursi-kursi baris depan yang mudah diakses, sehingga meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan. Sandaran tangan dua arah dapat dibuka dari depan dan belakang sehingga memudahkan akses ke konsol dari baris kedua.
Universal Island 2.0 dapat dipindahkan hingga 190 mm, sehingga para penumpang di baris kedua dapat mengaksesnya dengan mudah. Konsol juga menyediakan ruang penyimpanan 5,6 liter di baki atas, serta 12,6 liter di baki geser bawah.
Dengan kursi baris ketiga dilipat rata, bagasi dapat menampung hingga 1.323 liter barang bawaan, sementara dengan ketiga baris kursi terlipat, IONIQ 9 menawarkan ruang penyimpanan hingga 620 liter8. Selain itu, bagasi depan menawarkan volume maksimum 88 liter untuk model RWD dan 52 liter untuk model AWD.
IONIQ 9 juga menekankan keberlanjutan dalam pilihan materialnya. Ini termasuk Eco Process Leather, Kain PET Daur Ulang, Kain Wol, Kulit Bio TPO/PU, Kain Bio PET/SUEDE, dan Cat Bio. Kendaraan ini juga menggunakan cat yang terbuat dari limbah ban daur ulang. Layar lengkung panorama IONIQ 9, dashboard mengambang, ventilasi udara ramping, dan pencahayaan interior ambient semakin meningkatkan suasana interior futuristik kendaraan.
IONIQ 9 dengan arsitektur E-GMP inovatif dari Hyundai Motor, di mana menyempurnakan sistem PE (Power Electronic), dengan rasio gigi yang dioptimalkan untuk pendakian bukit dan penerapan inverter dua tahap untuk peningkatan efisiensi.
Baterai lithium-ion NCM tegangan tinggi yang terpasang di lantai pada sistem PE yang canggih menawarkan energi sistem sebesar 110,3 kWh. Mobil diharapkan dapat mencapai jarak tempuh luar biasa menurut estimasi WLTP yaitu 620 km dan konsumsi energi yang ditargetkan WLTP yaitu 194 Wh/km untuk model RWD Long Range dengan roda 19 inci berkat koefisien hambatan rendah, platform canggih, dan teknologi baterai.
IONIQ 9 dapat mengisi daya dengan mudah dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu 24 menit menggunakan pengisi daya 350 kW, sementara fitur kenyamanan khas kendaraan-ke-beban (V2L) pada platform dan kemampuan pengisian daya ganda 400V/800V menurunkan hambatan untuk adopsi EV.
Model Long-Range RWD ditenagai oleh motor belakang 160 kW, pilihan Long-Range AWD dilengkapi motor depan 70 kW tambahan, sementara model Performance AWD mengandalkan motor 160 kW di bagian depan dan belakang.