SEOUL — Hyundai Motor Company dan Kia Corporation mengenalkan 3 teknologi yang bisa mengontrol suhu kabin mobil. Ini bertujuan membuat para penumpang nyaman dan menghemat energi.
Tiga teknologi tersebut terdiri dari:
- Nano Cooling Film – material ini secara signifikan menurunkan suhu interior saat cuaca panas saat diaplikasikan pada kaca kendaraan
- Radiant Heating System – dengan cepat dan efisien meningkatkan suhu yang dirasakan di sekitar penumpang saat cuaca dingin
- Metal-Coated Heated Glass – sistem 48V pertama di dunia dengan cepat menyalurkan panas dari lapisan logam bertenaga listrik ke kaca, menghilangkan embun beku dan kelembapan.
Ketiga teknologi tersebut berada pada tingkat kematangan teknologi yang sesuai untuk produksi massal.
“Ketiga teknologi yang diluncurkan kali ini lebih dekat dengan para pelanggan daripada teknologi-teknologi lainnya,” kata Young Ho Jung, Wakil Presiden dan Kepala Thermal Energy Total Development Group di Hyundai Motor Company.
“Kami mengembangkan teknologi untuk menyediakan lingkungan paling menyenangkan, dengan mempertimbangkan setiap momen yang dialami oleh para pelanggan dalam mobilitas.”
Nano Cooling Film: mengurangi suhu hingga 12°C
Pada bulan Juli 2023, Hyundai Motor dan Kia memamerkan berbagai teknologi material nano canggih – khususnya Nano Cooling Film, yang dapat menurunkan suhu interior kendaraan secara signifikan.
Selama pengujian, Hyundai Motor dan Kia masing-masing menyiapkan beberapa kendaraan, menerapkan Nano Cooling Film pada satu kendaraan dan membiarkan kendaraan lainnya dalam keadaan aslinya. Kendaraan dengan kaca biasa dan tidak dilengkapi dengan Nano Cooling Film mencatat suhu interior 48,5°C, dibandingkan dengan 36,0°C untuk kendaraan yang dilengkapi dengan Nano Cooling Film, yang menunjukkan pengurangan suhu maksimum 12,5°C dengan penerapan teknologi canggih.
Nano Cooling Film tidak hanya menghalangi radiasi infra-merah dari luar kendaraan, seperti film pewarnaan tradisional, tetapi juga memungkinkan panas keluar dari dalam kendaraan. Terdiri dari tiga lapisan, termasuk dua lapisan yang memantulkan energi matahari dan satu lapisan yang memancarkan panjang gelombang inframerah menengah.
Teknologi ini dapat menurunkan suhu interior hingga lebih dari 12°C dan dapat digunakan dengan film warna yang sudah ada tanpa memengaruhi transmisi cahaya lebih lanjut.
Pada April 2024, Hyundai Motor juga mengadakan kampanye yang disebut ‘Made Cooler by Hyundai’, di mana mereka memasang Nano Cooling Film transparan secara gratis pada sekitar 70 kendaraan di Pakistan, tempat pewarnaan dilarang secara hukum. Hal ini menghasilkan respons positif dari warga[1].
Pada Juni 2024, Hyundai Motor dan Kia tampil di Cannes Lions 2024, festival periklanan terbesar di dunia. Mereka diundang sebagai pembicara seminar resmi untuk memperkenalkan teknologi Nano Cooling Film mereka dan membahas kampanye yang diluncurkan di Pakistan. Ini menandai pertama kalinya Hyundai Motor, di antara produsen mobil, menyelenggarakan seminar teknologi resmi di Cannes Lions.
Sistem Pemanas Radiasi Bawah Lantai menghangatkan penumpang dalam hitungan menit
Hyundai Motor dan Kia juga memamerkan Sistem Pemanas Radiasi, sebuah teknologi yang dirancang untuk menghangatkan penumpang dengan cepat selama musim dingin.
Sistem Pemanas Radiasi menggunakan elemen pemanas yang memancarkan panas radiasi ke kaki penumpang, yang dengan cepat menghangatkan mereka selama cuaca dingin.
Bersamaan dengan sistem pemanas kendaraan yang sudah ada, Sistem Pemanas Radiasi dapat menghemat hingga 17 persen lebih banyak energi untuk mencapai suhu yang diinginkan, juga menghemat waktu untuk mencapai kondisi ini; sistem ini memberikan kehangatan ke tubuh bagian bawah dalam waktu tiga menit, sangat meningkatkan kenyamanan penumpang.
Jika digabungkan, Sistem Pemanas Radiasi diharapkan dapat memperluas jangkauan berkendara kendaraan listrik secara signifikan di musim dingin dengan mengurangi energi yang digunakan untuk pengaturan iklim.
Sistem ini terdiri dari elemen pemanas jenis film bersuhu tinggi dan sistem pencegahan luka bakar. Elemen pemanas, yang dapat mencapai 110°C, dibungkus dengan bahan kain yang memancarkan sinar infra-merah dan menyesuaikan panas ke tingkat yang nyaman. Sistem pencegahan luka bakar mendeteksi kontak tubuh dan segera menurunkan suhu, meningkatkan keselamatan dengan menghilangkan risiko luka bakar.
Pada Kia EV9 yang dilengkapi Sistem Pemanas Radiasi Kia, sembilan panel pemanas dipasang, termasuk pada alas kolom kemudi, pintu pengemudi dan konsol tengah, serta alas pintu penumpang dan kotak sarung tangan.
Hyundai Motor dan Kia berencana untuk menggabungkan Sistem Pemanas Radiasi pada model-model mendatang.
Kaca Pemanas Berlapis Logam: menghilangkan embun beku dan kelembapan untuk meningkatkan visibilitas
Sistem Kaca Pemanas Berlapis Logam yang menjadi pelopor dengan cepat menghilangkan embun beku atau kelembapan dari kaca depan kendaraan selama musim dingin, menawarkan visibilitas yang lebih baik dan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan elemen pemanas kawat tungsten biasa. Kaca Pemanas Berlapis Logam tidak terlihat, memberikan pandangan yang jelas dan tidak terdistorsi bagi penumpang.
Sistem 48V dapat mencairkan permukaan kaca sepenuhnya dalam waktu lima menit pada suhu -18°C, hingga empat kali lebih cepat dan mengonsumsi sekitar 10 persen lebih sedikit energi dibandingkan dengan sistem pendingin udara konvensional. Selain itu, pada hari-hari yang panas, lapisan logam dapat secara pasif menghalangi setidaknya 60 persen energi matahari, mengurangi kebutuhan pendinginan kabin untuk meningkatkan efisiensi energi secara signifikan.
Hyundai Motor dan Kia telah mengajukan paten untuk Kaca Pemanas Berlapis Logam di pasar domestik dan luar negeri, dengan rencana untuk menerapkan teknologi tersebut pada kendaraan-kendaraan masa depan. ##