Jakarta – Honda WR-V yang meluncur hari Rabu kemarin (2/11), menambah persaingan di kelas compact SUV kian meriah di Indonesia. Digelar sebagai World Premiere oleh PT Honda Prospect Motor ditawarkan dengan tiga varian, dibanderol cukup kompetitif mulai dari Rp 271,9 juta.
Mengenai entri level Honda WR-V 1.5L E cukup memikat, ketika tim Otobisnis melihat langsung saat peluncuran. Bila melihat spesifikasi data yang kami terima, perihal dimensinya cukup bersaing dengan Toyota Raize. Adapun WR-V ini memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm. Sedangkan Raize bodinya sepanjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Lawan satu lagi datang dari Korea yakni Kia Sonet, memiliki dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm.
Memang, untuk mesin antara Raize dan WR-V tak bisa dibandingkan. Karena Raize ada dua pilihan 1.0 turbo dan 1.2 non-turbo. Nah, untuk WR-V sendiri memakai mesin 1.498 cc, DOHC, berteknologi i-VTEC, suguhkan tenaga 120 hp pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.300 rpm.
Bila sama-sama bermain non-turbo, lawannya tentu saja Kia Sonet yang membopong Smartstream Gamma II berkapasitas 1.497 cc, DOHC. Tenaganya di 115 hp dan torsinya 144 Nm. Ternyata masih lebih unggul Honda WR-V.
Kembali membahas entry level Honda WR-V ini, ternyata sangat lengkap berbanding kompetitornya. Honda menyuguhkan kepada pemilik cukup mengantongi keyless entry untuk mengakses compact SUV empat penumpang ini.
Bila dilihat eksterior, pelek sudah berukuran 16 inci, spion ada kerlingan LED untuk tanda berbelok. Lampu depan masih model halogen, lampu belakang tampil keren dengan light bar LED. Dimudahkan pula sebelum mengakses mobil ada remote engine start.
Melihat ruang kokpit, Honda mencoba menata dengan baik lekukan dasbor hingga pilar dan plafon agar tak menghadirkan kesan sempit di kabin. Perihal jok masih ditawarkan bahan fabric, di lingkar kemudi sudah ada remote audio. Ada juga tombol One Push Ignition System.
Melirik ke tengah dasbor, akan disapa layar sentuh infotainment berukuran 7 inci, disokong empat speaker yang dipastikan cukup memuaskan di telinga. Bisa memantau situasi di belakang mobil dengan mudah ketika parkir, karena sudah tersemat kamera dengan Multi Angle View.
Ditemukan 2 power outlet yang membantu penumpang ketika kehabisan baterai gawai. Penyejuk kabin dibuat floating di atas dasbor, pengoperasiannya melalui tombol dan tampilannya digital cukup simpel.
Instrumen panel masih berbentuk analog untuk putaran mesin dan spidometer, beda dengan WR-V 1.5L RS yang sudah gunakan layar TFT 4,2 inci di bagian tengahnya. Tapi di Honda WR-V 1.5L E ini masih terpantau dengan baik dan cukup informatif melalui perpaduan layar digital penunjukan jarak tempuh, trip A dan B, jam, posisi transmisi, suhu mesin dan penunjuk bahan bakar.
Transmisi Honda WR-V menggunakan tipe Continuously Variable Transmission (CVT), sehingga pengendara bisa lebih nyaman saat berkendara di perkotaan.
Selain berikan kenyamanan, fitur keselamatan standar sudah ada berupa 4 airbag untuk perlindungan pengendara dan penumpang. Kemudian sistem pengereman sudah didukung oleh ABS+EBD+BA. Tak perlu canggung ketika melewati jalanan licin, karena sudah didukung oleh Vehicle Stability Assist. Ketika melaju dari kondisi jalanan curam, sudah ada Hill Start Assist, mobil tidak akan meluncur, akan tertahan sementara 2-3 detik hingga pedal rem diinjak.
Sistem suspensinya menggunakan MacPherson Strut untuk bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang serta sistem kemudi Tilt Steering Wheel. Honda WR-V tipe E hadir dengan berbagai pilihan warna mulai dari Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Taffeta White.