TANGERANG — Honda masih membuat kita penasaran terhadap Honda SUV RS Concept. Seperti di pameran otomotif GIIAS 2022, Honda menunjukkan wujud nyata model ini namun masih dalam kamuflase.
Model terbaru Honda ini akan menjadi model pertama Honda di segmen Small SUV dan akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat.
“Model ini merupakan langkah lanjutan dari realisasi Honda SUV RS Concept yang sebelumnya telah disambut dengan sangat antusias oleh konsumen di Indonesia. Model ini juga akan memperkuat lini Honda di segmen SUV yang saat ini terus menjadi segmen yang berkembang paling pesat di Indonesia. Saat ini kami masih melakukan beberapa studi mengenai model ini, dan dalam waktu dekat kami akan meluncurkannya di Indonesia,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.
Honda SUV RS Concept pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2021, dan setelah itu menjalani roadshow ke Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar dan Medan. Melalui roadshow, Honda sekaligus mengumpulkan berbagai pendapat dan masukan dari konsumen untuk melakukan pengembangan model yang akan diwujudkan menjadi Small SUV RS ini.
Saat ini, pengunjung booth Honda di GIIAS 2022 dapat melihat Honda Small SUV RS yang ditampilkan di dalam sebuah box khusus dengan menggunakan livery atraktif pada bagian eksteriornya. Pengunjung juga dapat memindai QR Code yang terdapat di samping display box yang mengarahkan ke sebuah situs berisi informasi lebih lanjut mengenai model ini. Situs ini secara berkala akan menampilkan berbagai gambar, informasi produk, hingga jadwal peluncuran model ini.
SUV menjadi fokus Honda mengingat trend penjualan segmen ini semakin naik dalam beberapa tahun belakangan di Indonesia. Pada 2021, bahkan, penjualan segmen SUV melampaui LCGC dan MPV. Hingga Juli 2022, segmen SUV telah menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia.
Menurut Honda, pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia, yang mendorong terciptanya pasar otomotif baru di mana para konsumen menginginkan mobil lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka. Model SUV dianggap memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia saat ini antara lain karena menawarkan kelebihan seperti ground clearance lebih tinggi, mesin lebih bertenaga, kabin lebih nyaman, teknologi keselamatan lebih canggih. ##