Jakarta — Jumlah orang buta warna (color blind) terus meningkat di dunia. Secara umum, 1 dari 12 pria atau 8% menderita buta warna, sementara wanita lebih kecil yakni 4,5% atau 1 dari 200 wanita.
Sementara di Indonesia sendiri, terminologi kata “buta warna” dinilai kurang sesuai. Banyak pihak yang mengartikannya adalah benar-benar buta.
“Selama ini, kalau saya perhatikan di masyarakat kita ini khususnya di Indonesia ya, kebanyakan dari mereka mengartikan kalau buta warna itu benar-benar buta, jadi tidak memahami warna sama sekali. Padahal sebenarnya color blind itu lebih tepatnya kebanyakan adalah color deficiency. Yaitu berkurangnya kemampuan untuk mengenali warna, itu pun dua warna pada buta warna parsial. Biasanya kombinasi dua warna, jadi tidak seluruh warna dia tidak mampu melihat. Karena minimnya edukasi, buta warna menjadi stigma di Indonesia,” ujar dr. Andreas Surya Anugrah, Sp.M, FICS, AIFO-K.
Untuk itulah PT Astra Honda Motor (AHM) menginisiasi INCLUSIVISION PROJECT yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai buta warna.
INCLUSIVISION PROJECT memberikan para penderita color deficiency ruang untuk mengekspresikan warna yang mereka mau. Proyek ini dimulai dari kolaborasi Honda Stylo dengan salah satu persona di dunia digital yang juga memiliki color deficiency, Reza “Arap” Octovian dan dia diberikan kesempatan untuk memodifikasi warna sesuai dengan apa yang diinginkannya berdasarkan karakternya sendiri.
Dalam kolaborasi tersebut, Honda Stylo juga memberikan perbandingan antara hasil modifikasi berdasarkan warna yang dipilih dan dilihat oleh Reza Arap. Hal ini bertujuan agar masyarakat umum mulai mendapatkan pengalaman melihat warna dari perspektif orang yang memiliki color deficiency.
Proyek ini juga memberikan pengalaman yang lebih menyeluruh dengan menghadirkan platform digital yaitu www.stylovision.id yang bisa diakses masyarakat umum. Platform modifikasi warna membuat pengguna bisa memilih warna Honda Stylo 160 sesuai dengan kemauannya. Platform juga menyebarkan unsur edukasinya dengan menampilkan juga perbandingan hasil warna modifikasi dari dua perspektif berbeda.
Pesan edukasi ini pun sudah mulai merambah ke masyarakat luas dengan telah ditontonnya video digital kolaborasi dengan Reza Arap dii akun welovehonda yang telah mendapatkan perhatian sebanyak lebih dari 9 juta views di platform youtube dan lebih dari 55 juta views di platform TikTok.
Dampak dari edukasi tersebut pun sudah mulai tercipta, terbukti dengan salah satu komentar dari akun @le_brozki06 yang menanggapi proyek ini “Selama ini salah kaprah berarti. Saya kira color blind sudah pasti nggak bisa lihat warna tapi ternyata orang color blind tetap bisa lihat warna walaupun spektrum warnanya beda.” ##