TOKYO — Honda Motor akan memulai penjualan Honda N-VAN e: mulai 10 Oktober 2024. Kendaraan niaga mini listrik ini berbasis Honda N-VAN bermesin bensin.
Honda N-VAN e: dikembangkan dengan menambahkan fitur-fitur ramah pengguna yang unik hanya pada versi EV ini. N-VAN bensin sendiri telah populer sebagai kendaraan serbaguna yang mengakomodasi banyak pelanggan untuk penggunaan komersial dan rekreasi. Dengan tetap mempertahankan fitur-fitur populer varian bensin – seperti ruang kargo besar yang diwujudkan dengan lantai datar, rendah, dan langit-langit tinggi serta bukaan besar di sisi penumpang yang dimungkinkan dengan menghilangkan pilar tengah – varian EV menghadirkan nilai tambah yang unik hanya untuk EV, seperti fungsi keluaran tenaga (vehicle-to-load) dan kabin senyap.
Honda N-VAN e: mewujudkan jangkauan praktis memadai dan ruang kargo besar yang diperlukan untuk penggunaan komersial melalui penerapan baterai berkapasitas besar, perampingan eAxle, dan dengan meminimalkan ruang yang ditempati oleh komponen-komponen melalui tata letak terpusat komponen-komponen tegangan tinggi.
Selain mewujudkan jangkauan 245 km (152 mil) dengan sekali pengisian daya dalam mode WLTC, yang cukup untuk layanan pengiriman, salah satu penggunaan komersial utama kendaraan listrik, kenyamanan pelanggan juga dicapai dengan waktu pengisian daya sekitar 4,5 jam untuk pengisian normal (output 6,0 kW) dan sekitar 30 menit untuk pengisian cepat (output 50 kW) .
Selain itu, sistem pendingin dan pemanas baterai menghambat penurunan kinerja baterai yang disebabkan oleh suhu tinggi atau rendah, sehingga berkontribusi pada waktu pengisian daya lebih singkat dan jangkauan lebih jauh, terutama selama musim dingin.
Terdapat 4 tipe yakni e: FUN (termahal), e: L4, e: L2 dan e: G 9 (termurah). Semuanya dapat menyesuaikan kebutuhan termasuk untuk membawa penumpang dan barang. Harga termurah ¥2,439,800 dan termahal ¥2,919,400.
Honda N-VAN e: FUN dan e: L4 menampilkan Honda SENSING yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Collision Mitigation Throttle Control, Rear Collision Mitigation Throttle Control, Pedestrian Collision Mitigation Steering System, Road Departure Mitigation (RDM) System, Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC), Lead Car Departure Notification System, Traffic Sign Recognition, Auto High Beam Headlights, Parking Sensor System (Front/Rear), dan Unintended Acceleration Mitigation. ##