MILAN — Anggota keluarga Hornet akan bertambah pada tahun 2024 dengan kehadiran Honda CB500 Hornet dan Honda CB1000 Hornet. Di Intermot 2022, Honda CB750 Hornet diluncurkan dan dipasarkan pada tahun ini di Eropa.
Honda CB1000 Hornet merupakan flagship baru dan akan ditenagai oleh versi baru dari mesin 4-silinder segaris dari Honda CBR1000RR Fireblade 2017, yang menghasilkan tenaga puncak lebih dari 110kW (1475, HP) dan torsi lebih dari 100Nm.
Pembungkus mesinnya adalah rangka ganda baja baru yang akan menawarkan perpaduan unik antara kinerja menikung dinamis dan stabilitas, melalui suspensi Showa 41mm Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP) yang dapat disesuaikan untuk kompresi dan rebound, diselaraskan dengan Pro -link shock showa belakang.
Gayanya murni dan agresif. Dipimpin oleh tatapan tajam dari lampu depan proyektor LED ganda yang super ringkas, tangki bahan bakar khas Hornet – dengan sayap terlipat ke depan – memiliki bahu lebar di bagian depan namun mengecil secara radikal ke belakang, tercermin dari unit kursi minimal yang menonjolkan kursi sempit tradisional. Rangka baru juga digunakan sebagai tampilan desain, namun diberi warna hitam halus – seperti subframe belakang bergaya teralis berbentuk tabung.
Alat-alat bantu elektronik akan dijalankan melalui Throttle By Wire dan memungkinkan pengendara memilih di antara 3 mode berkendara, ditampilkan pada layar berwarna TFT 5 inci; konektivitas tersedia untuk perangkat Android dan iOS melalui Honda RoadSync.
Honda CB500 Hornet menghadirkan gaya baru agresif di mana terinspirasi oleh dua saudaranya yang lebih besar, serta performa aerodinamis sesuai dengan nama ikonik Hornet.
![Honda CB500 Hornet](https://i0.wp.com/otobisnis.id/wp-content/uploads/2023/11/honda-cb500-hornet.jpg?resize=800%2C533&ssl=1)
Fairing-nya dilengkapi saluran samping lampu depan yang menyalurkan udara ke area tangki bahan bakar atas, berkontribusi pada sensasi kemudi linier dengan kelincahan handling luar biasa. LED baru memancarkan cahayanya lebih luas untuk meningkatkan visibilitas.
Tenaga dan torsi untuk mesin 471cc memenuhi persyaratan maksimum lisensi A2 – yaitu 35kW (60 HP) dan 43Nm – sementara pengaturan injeksi bahan bakar yang diperbarui meningkatkan sensasi akselerasi dari rpm rendah, dan model ini kini dilengkapi HSTC (kontrol traksi).
Spesifikasi chassis berkualitas tinggi mencakup garpu Showa SFF-BP USD 41 mm, shock belakang Showa, dan cakram ganda di depan dengan kaliper empat piston, sedangkan layar TFT 5 inci baru menawarkan konektivitas smartphone Honda RoadSync.
Dua model baru ini diungkap oleh Honda di EICMA 2023, di Milan, Italia. ##