Rabu, September 10, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Hino Motors, Pelopor Mesin Common Rail Diesel

by Indra Prabowo
Mei 2, 2021
Hino Bus
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA – Pada 2022, Pemerintah akan menerapkan standar emisi Euro 4. Para pabrikan kendaraan niaga pun dituntut mengikuti standar baru tersebut mulai tahun depan.

Hino Motors sendiri sebagai pemimpin di segmen medium duty truck selama lebih dari 2 dekade menyatakan kesiapannya. Teknologi terpenting agar kendaraan memenuhi standar itu adalah common rail.

Hino Motors sendiri tak asing dengan teknologi common rail. Pada 1995 Hino Motors menjadi produsen kendaraan komersial pertama yang mengembangkan teknologi common rail di dunia.

Baca Juga :

Suzuki Segera Luncurkan New XL7 HYBRID ALPHA KURO dengan Tampilan Maskulin

BYD luncurkan mobil PHEV Seal 6 DM-i Touring

Toyota luncurkan new Kijang Innova Zenix 2026

Saat ini, Hino Indonesia yang merupakan salah satu basis produksi Hino di dunia. Hino Indonesia mengekspor kendaraan utuh atau Completely Build Up (CBU) untuk kategori kendaraan komersial truk dan bis sejak 2010.

Pasar-pasarnya adalah ASEAN dan Amerika Latin. Terutama negara-negara yang sudah memiliki standar emisi Euro 4 yang bermesin common rail yakni Filipina dan Vietnam.

Pada 2012, Hino Indonesia memperkenalkan teknologi mesin common rail di truk dan bus: Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285. Kendaraan-kendaraan tersebut sudah menggunakan sistem akumulator tekanan bahan bakar common rail, yaitu bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injector-injektor yang dikontrol secara elektronik. Kerja injektor-injektor menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU.

Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga lebih baik. Mesin dengan teknologi common rail dapat memberikan lebih banyak tenaga ke kendaraan dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar serta menghasilkan lebih sedikit emisi.

Mesin common rail Hino memiliki berbagai macam keunggulan seperti sistem supply bahan bakar Hino Common Rail memiliki 3x penyaringan bahan bakar, hal ini melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar. Selain itu Injector menggunakan Diamond Like Carbon (DLC) yang membuat durabilitas dari injector sangat baik tahan terhadap gesekan. Sistem common rail turut juga menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan karena pembakaran lebih sempurna karena pengaturan untuk injeksi, waktu, jumlah dan tekanan dapat diatur membuat emisi jauh lebih rendah.

“Beberapa model Hino Ranger dan Hino Bus sudah mengadopsi teknologi common rail, dan hasilnya cukup baik dan diterima menjadi andalan para konsumen dalam menjalankan bisnisnya disini. Ini menjadi bukti bahwa kendaraan-kendaraa kami dapat diandalkan termasuk nanti saat era Euro4 tiba,” ujar Santiko Wardoyo Chief Operating Officer (COO) – Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Menurutnya, mesin Hino common rail sudah menjalani serangkaian pengujian, termasuk untuk Hino Bus. Hasilnya test internal Hino di rute Transjawa, mesin berada pada suhu normal dan tidak ada kendala sama sekali, begitu pun dengan temperature oli yang dalam kondisi panas normal.

“Tentunya ini salah satu keunggulan kami, dengan volume oli yang lebih sedikit 12.7 liter. Ternyata tidak ada ganguan sama sekali di engine dan terbukti Hino Bus ini reliable untuk jalur Trans Jawa dan lebih efisien dan hemat dalam biaya operasional,” tambah Santiko. ##

Tags: Bus HinoCommon Rail HinoHinoHino RangerTruk Hino
Previous Post

Syukuran HUT ke-18, FORWOT Gelar Aksi Sosial

Next Post

Euro 4 Diterapkan 2022, Isuzu Siap

Related Posts

Suzuki New XL7 HYBRID ALPHA KURO
Berita

Suzuki Segera Luncurkan New XL7 HYBRID ALPHA KURO dengan Tampilan Maskulin

September 9, 2025
BYD SEAL 6 DM-i TOURING
Berita

BYD luncurkan mobil PHEV Seal 6 DM-i Touring

September 9, 2025
Toyota Kijang Innova Zenix 2026
Berita

Toyota luncurkan new Kijang Innova Zenix 2026

September 8, 2025
Jetour L7 Plus
Berita

Jetour L7 Plus PHEV bikin keluarga nyaman selama perjalanan

September 5, 2025
Honda Prelude 2026
Berita

Honda Prelude 2026 akan hiasi showroom pada Q4 2025

September 5, 2025
Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro
Berita

Suzuki akan luncurkan XL7 Hybrid Alpha Kuro

September 4, 2025

TERBARU

Yamaha Tricity 2026
Berita

Yamaha Tricity 2026 dengan ubahan desain meluncur

September 10, 2025
Suzuki
Berita

Suzuki umumkan 5 teknologi utama untuk 10 tahun ke depan

September 10, 2025
ASEAN BMX Racing Cup 2025
Berita

Firman Chandra Persembahkan Podium untuk Indonesia di ASEAN BMX Racing Cup 2025

September 10, 2025
vespa lx 150
Berita

Vespa LX 150 meluncur dengan harga Rp46 jutaan

September 10, 2025
Shenxing Pro
Berita

CATL luncurkan baterai Shenxing Pro dengan masa pakai 12 tahun

September 10, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Jangan lewatkan Tokio Drive 2025, banyak keseruan

September 9, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

BYD ATTO 1
Berita

Test Drive BYD ATTO 1 dengan rute Joglosemar

Agustus 15, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Mencoba Mitsubishi Destinator di GIIAS 2025

Juli 30, 2025
Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
vinfast vf e34
Review

Impresi Berkendara Vinfast VF e34

Juni 24, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.