Qiantang — Geely Auto memastikan setiap mobil yang dijual memiliki tingkat keselamatan sangat tinggi. Dan, sebelum sebuah produk dilepas ke pasar, dipastikan telah lulus dari kawah candradimuka Geely Automobile Safety Technology Laboratory atau Geely Safety Lab.
“Keselamatan pertama tetap menjadi prinsip panduan Geely. Pertimbangan keselamatan tertanam di setiap tahap – dari konsep awal hingga pengembangan dan ke dalam produksi. Selama dekade terakhir, Geely telah menginvestasikan lebih dari 200 miliar yuan (sekitar $27 miliar USD) dalam R&D, dengan sebagian besar dialokasikan untuk inovasi keselamatan” kata Zhou Dayong, Chief Safety Technology Officer of Geely, kepada para jurnalis dunia, kenarin (25/4), di Qiantang.
Menurutnya investasi ini telah menciptakan ekosistem teknologi keselamatan holistik yang mencakup keselamatan struktural, keselamatan penanganan, keselamatan powertrain, sistem keselamatan cerdas, perlindungan komponen EV, bahan canggih, dan langkah-langkah privasi data – menjadikan kami sebagai pemimpin keselamatan industri.
Sejak didirikan pada tahun 2011, Geely Safety Lab telah menjadi landasan ekosistem inovasi perusahaan. Fasilitas ini menampung enam kemampuan pengujian terintegrasi: analisis struktur tubuh, penilaian perlindungan pejalan kaki, pengujian airbag, pengembangan boneka uji tabrakan, platform pengujian kereta luncur, dan pengujian tabrakan kendaraan penuh — menciptakan lingkungan R&D keselamatan yang komprehensif.
Selama empat belas tahun beroperasi, laboratorium yang berlokasi di Qiantang, Hangzhou, China ini telah melakukan lebih dari 5.000 uji tabrakan dan puluhan ribu evaluasi khusus, memberikan data penting dan validasi teknis untuk fitur keselamatan di semua model mobil Geely.
Menurut Zhou Dayong, dalam rekayasa struktural, setiap platform kendaraan Geely dirancang untuk mencapai peringkat keselamatan bintang lima global. Platform GEA (global intelligent new energy architecture) mencontohkan pendekatan ini dengan desain penguatannya yang menggabungkan baja berkekuatan tinggi, baja berkekuatan sangat tinggi, dan baja yang dibetuk oleh panas. Struktur ini secara efektif mendistribusikan dan menyerap gaya benturan di berbagai jalur selama tabrakan, menjaga integritas kompartemen penumpang dan sistem baterai.
Untuk keselamatan kendaraan listrik, “Sistem Keamanan Baterai Perisai/Shield Battery Safety System” milik Geely memberikan perlindungan komprehensif dengan mengintegrasikan baterai dengan arsitektur kendaraan, sistem kontrol cerdas, dan pemantauan berbasis cloud – menghilangkan titik buta keselamatan melalui pertahanan hardware dan software yang terkoordinasi. Shield Short Blade Battery telah lulus uji keselamatan “penetrasi 8 jarum” yang menuntut dan selamat dari serangkaian uji iblis – enam tantangan ekstrem berturut-turut termasuk perendaman air asin, paparan dingin di ketinggian tinggi, benturan bawah berulang, penghancuran di bawah berat 26 ton, tabrakan pilar samping, dan paparan api langsung.
Salah satu hasil kerja keras para insinyur dan pengujian di Geely Automobile Safety Technology Laboratory adalah peringkat 5-bintang yang diraih oleh SUV listrik Geely EX5 dari EURO NCAP dan Australia NCAP baru-baru ini. ##