MICHIGAN — All-new Ford Ranger Raptor 2024 akhirnya mendarat di Amerika Serikat. Ford Ranger Raptor didasarkan pada warisan kinerja yang telah terbukti dan dibangun dengan desain suspensi tanpa kompromi, tenaga, teknologi terarah, dan gaya kokoh.
Ford Ranger Raptor 2024 sepenuhnya siap untuk menghadapi medan-medan paling berat yang dapat ditemukan oleh para pencari petualangan ekstrem.
Inti dari setiap Ford Ranger Raptor adalah suspensinya. Kendaraan pickup kabin ganda ini dimulai dengan suspensi yang dibuat khusus mencakup lengan kontrol atas dan bawah dari aluminium ringan dan suspensi belakang dengan travel panjang dengan tautan Watts dan lengan belakang untuk kontrol dan kepercayaan diri dalam kondisi off-road.
Peredam kejut Bypass Internal Katup Langsung 2,5 inci FOX™ 2,5 inci Ford Ranger Raptor 2024 berupa coil-over di bagian depan dan piggyback reservoir di bagian belakang untuk mengurangi penumpukan panas.
Ford Ranger Raptor dibangun di atas fondasi yang kuat. Ford meningkatkan rangka kendaraan yang sepenuhnya kotak dengan memperkuat rel rangka depan, menara kejut depan, bracket peredam kejut belakang, titik pemasangan suspensi, dan area penting lainnya sehingga kendaraan dapat menangani medan off-road yang lebih berat.
Sistem FOX™ Live Valve Internal Bypass mengubah kinerja redaman berdasarkan Mode Drive. Mode termasuk Normal, Tow/Haul, Sport, Slippery, Off-Road, Rock Crawl, dan Baja, semuanya dikembangkan untuk memberikan kenyamanan on-road, kontrol off-road, kemampuan dan kualitas berkendara yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan rendah.
Setiap mode penggerak yang dapat dipilih secara tepat menyesuaikan penyetelan mesin, transmisi, kalibrasi ABS, kontrol traksi, kemudi, respons throttle, dan bahkan cluster instrumen serta tampilan dan informasi layar-sentuh. Sistem knalpot katup aktif juga dapat disetel ke beberapa mode termasuk pengaturan Quiet, Normal, Sport, dan Baja. Kendaraan juga dilengkapi dengan Trail Control™ sehingga pengemudi dapat melewati titik-titik sulit sementara truk mengatur gas dan rem.
Selain memperkuat sektor suspensi, Ford Performance ‘meracik’ ulang mesin twin-turbo 3.0-liter EcoBoost® V6 yang menghasilkan torsi 583 Nm dan tenaga terbaik di kelasnya 405 tenaga kuda, Ranger paling bertenaga yang pernah dibuat untuk meningkatkan kinerja di kerikil, tanah, lumpur, dan pasir.
Dimulai dengan blok silinder grafit-besi yang dipadatkan, mesin menggunakan sistem anti-turbo-lag ras untuk memungkinkan peningkatan sesuai permintaan dalam mode Baja. Itu membuat turbocharger berputar hingga tiga detik setelah pengemudi mundur dari throttle, jadi ada akselerasi saat keluar dari tikungan. Dipadukan dengan mesin EcoBoost tersebut, transmisi otomatis SelectShift® 10-speed eksklusif di kelasnya dikawinkan dengan sistem penggerak empat-roda canggih dengan transfer case 2-speed elektronik yang dikombinasikan dengan diferensial penguncian depan dan belakang.
Ford Ranger Raptor akan dijual di Indonesia mulai Juli 2023. Kita tunggu saja. ##