TOKYO — Subaru Corporation sedang mengembangkan EyeSight untuk mobil transmisi manual (MT) dan pengenalannya di Jepang pada Subaru BRZ yang dijadwalkan tampil perdana pada musim gugur 2023.
EyeSight merupakan sistem bantuan pengemudi dari Subaru, yang pertama di dunia hanya menggunakan teknologi kamera stereo untuk memberikan pengereman pra-tabrakan (pre-collision braking) dengan mendeteksi tidak hanya mobil, tetapi juga pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara sepedamotor di jalur kendaraan, dan fitur-fitur lain seperti cruise control adaptif.
Sejak penampilan perdananya pada tahun 2008, penjualan global kumulatif kendaraan Subaru yang dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi EyeSight telah mencapai lebih dari 5,5 juta unit.
Berdasarkan sistem EyeSight yang diadopsi pada transmisi otomatis Subaru BRZ, EyeSight untuk mobil transmisi manual dikembangkan menawarkan pengereman pra-tabrakan, kontrol jelajah adaptif (adaptive cruise control), lane departure and sway warning, peringatan awal kendaraan mulai, dan peringatan sonar belakang.

Sembari tetap mempertahankan performa tinggi dalam menghindari tabrakan, mitigasi kerusakan akibat tabrakan, dan dalam mengurangi beban kerja pengemudi, sistem EyeSight baru kini dikombinasikan dengan kontrol yang disesuaikan dengan karakteristik berkendara dan pengoperasian mobil bertransmisi manual. Hal ini memungkinkan sistem untuk beroperasi dalam berbagai situasi dunia nyata, memberikan kenikmatan berkendara tingkat tinggi dan ketenangan pikiran.
Melalui upaya ini, Subaru menargetkan untuk mencapai nihil kecelakaan fatal di jalan raya pada tahun 2030.
Otomotif merupakan salah satu lengan bisnis Subaru Corporation selain industri penerbangan. Bisnis sebagai produsen mobil dimulai pada 1958 ketika Perusahaan meluncurkan Subaru 360.
Sejak saat itu, mereka terus bekerja untuk memberikan nilai-nilai baru pada mobil dengan mengembangkan kategori baru berdasarkan teknologi-teknologi inti mereka, seperti mesin horizontally-opposed dan symmetrical all-wheel drive (AWD), dan dengan menciptakan nilai teknologi baru, termasuk EyeSight.
Pada 2021 pabrikan asal Jepang ini sukses menjual lebih dari 8611.000 kendaraan di dunia. Pasar Amerika merupakan pasar terbesar dengan penjualan 641.000 unit.
Saat ini Perusahaan menjual 18 model mobil di dunia dengan komposisi penjualan mobil didominasi oleh segmen SUV sekitar 82% dan 98% merupakan varian AWD. ##.