JAKARTA — Setelah diluncurkan di Jepang pada September 2022 di Jepang, generasi kedua Mitsubishi Fuso eCanter dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.
Tentu saja ini mengundang pertanyaan apakan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akan meniagakan Fuso eCanter di Indonesia. Apalagi sejak 2022, distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso di Indonesia telah meminjamkan generasi I eCanter ke beberapa perusahaan seperti PT Nestle Indonesia, PT Pos Indonesia.
“Sejauh ini kita masih on the track untuk preparation itu. Seperti biasa, kalau di otomotif sebelum peluncuran banyak hal yang perlu disiapkan seperti purnajual. Secara paralel kami sedang persiapkan infrastruktur dan memantau dukungan dari pemerintah dalam kendaraan listrik. Kami pun secara intensif terus berkomunikasi dengan principle Mitsubishi Fuso Truck and Bus (MFTB) terkait dengan rencana yang disampaikan di GIIAS 2023 yaitu peluncuran eCanter,” kata Aji Jaya, Vice President of Sales and Marketing Division PT KTB.
Aji Jaya mengakui bahwa sejauh ini beberapa konsumen sudah coba dan mereka baru sampai tahap berkomentar bagus dan tertarik. Namun, mereka juga pasti akan mempertimbangkan banyak hal tentang kesiapan infrastruktur yang banyak ditanyakan apa benefit-nya kalau pakai truk listrik ini.
“Apakah mereka mau beli atau tidak belum clear karena mereka masih ingin lebih tahu apa dampaknya kalau pakai eCanter,” imbuhnya.
Generasi kedua Fuso eCanter mengadopsi eAxle, mengintegrasikan motor dengan poros belakang dan memungkinkan struktur drivetrain yang lebih kompak. Dengan ubahan struktural ini, perluasan jajaran produk secara signifikan dapat dilakukan.
Jajaran eCanter generasi berikutnya ini mencakup total sekitar 100 varian untuk pasar Jepang dan luar negeri guna memenuhi kebutuhan logistik lebih luas. Selain model 7,5 ton (GVW) yang ada saat ini, kendaraan baru ini hadir dalam kelas bobot mulai dari kelas 5 ton hingga kelas 8 ton untuk para pelanggan Jepang, dan dimulai dari kelas 4 ton untuk model luar Jepang.
Variasi kabin juga telah diperluas. MFTBC pun baru menawarkan kabin lebar yang dapat menampung lebih banyak kargo. Variasi wheelbase juga telah diperluas.
Dengan Fuso eCanter generasi kedua, MFTBC memperkenalkan konsep modular baru untuk baterainya. Kendaraan ini dapat menampung satu hingga tiga baterai, berdasarkan jarak sumbu roda (wheebase). Kendaraan yang dilengkapi dengan tiga baterai ini mampu melaju hampir dua kali lipat dari model generasi I. Selain itu, pelanggan Jepang memiliki akses ke fungsi V2X yang memungkinkan baterai kendaraan memasok listrik ke rumah dan peralatan lainnya jika terjadi keadaan darurat. ##