SHENZHEN — Selain teknologi Blade Battery, yang diklaim sebagai baterai teraman dunia untuk kendaraan listrik, BYD Auto memiliki satu teknologi inovatif lain yakni e-Platform 3.0.
e-Platform 3.0 menampilkan 8-in-1 High Efficiency Electric Powertrain yang mengintegrasikan 8 komponen utama VCU (Vehicle Control Unit), BMS (Battery Management System), MCU (Motor Control Unit), PDU (Power distribution unit), DC controller, on-board charger, drive motor dan transmisi, menjadi 1 unit. BYD menjadi produsen otomotif pertama dunia yang mengimplementasikannya.
Keuntungan pertama dari integrasi mendalam tersebut adalah mengurangi kehilangan transfer energi dengan efisiensi komprehensif hingga 89%.
Keuntungan berikutnya tingkat keselamatan lebih tinggi. Memanfaatkan Baterai Bilah yang sangat aman, desain datar memanjang juga meningkatkan kekakuan struktural e-Platform 3.0 jika terjadi tabrakan. Dengan jalur transmisi khusus untuk EV (electric vehile), e-Platform 3.0 memberikan perlindungan yang lebih baik.
Platform ini juga dilengkapi sistem pendingin dan pemanas langsung pertama di industri untuk baterai listrik, yang meningkatkan efisiensi termal hingga 20% di musim dingin. Sistem inovatif ini memanfaatkan sisa panas dari lingkungan sekitar, powertrain, ruang penumpang, dan bahkan baterai, serta dapat bekerja pada berbagai suhu. Manajemen termal yang cerdas untuk kondisi cuaca ekstrem memungkinkan jangkauan berkendara pada suhu rendah sangat baik.
“Produk-produk NEV (new energy vehicle) dari BYD adalah solusi mobilitas listrik yang berkelanjutan dan cerdas. Didorong oleh keunggulan teknologi mutakhir, seperti baterai Lithium-ion berdensitas energi tinggi yang menawarkan jangkauan lebih jauh dengan biaya lebih rendah, Blade Battery yang aman dan tahan lama, serta sistem manajemen termal AI cerdas yang memastikan optimalisasi pada kinerja dan efisiensinya,” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.
Dikembangkan secara eksklusif untuk kendaraan listrik murni, e-Platform 3.0 merupakan evolusi dari arsitektur kelistrikan dan elektronik terdistribusi ke terpusat yang secara dramatis meningkatkan daya komputasi untuk membangun ekosistem aplikasi berbasis cloud yang kaya.
Sebagai platform yang sangat terukur, dia menawarkan fleksibilitas penggerak dua-roda (2-wheel drive) atau empat-roda (four-wheel drive). Selain itu, e-Platform 3.0 menciptakan struktur tubuh mobil yang benar-benar baru, dengan overhang depan lebih pendek, jarak sumbu roda lebih panjang, pusat gravitasi lebih rendah, ruang lebih luas, sensasi pergerakan dan dinamika, serta koefisien drag (Cd) hanya 0,21. Lantai belakang yang datar, berkat peningkatan panjang dan Blade Battery yang menghemat ruang, menciptakan lebih banyak ruang bagi penumpang-penumpang belakang.
e-Platform diumumkan oleh BYD pertama kali pada 2018. Barulan di Shanghai Auto Show 2021, e-Platform 3.0 diluncurkan. BYD ATTO 3 merupakan SUV BYD pertama yang dilengkapi platform baru ini. ##