YOKOHAMA — Cat mobil akan memainkan peranan penting dalam mendinginkan suhu kabin dan pengurangan energi AC. Baru-baru ini, Nissan Motor telah menguji coba cat mobil inovatif yang ditujukan untuk membantu menurunkan suhu kabin sekitar kendaraan di musim panas dan mengurangi penggunaan energi pada sistem pendingin udara (AC).
Dikembangkan melalui kerja sama dengan Radi-Cool, spesialis produk pendingin radiatif, cat mobil inovatif ini menggabungkan material komposit sintetis metamaterial dengan struktur yang menunjukkan sifat-sifat yang biasanya tidak ditemukan di alam.
Pada bulan November 2023, Nissan memulai uji coba kelayakan selama 12 bulan di Terminal Udara Internasional Tokyo di Haneda. Bekerjasama dengan Japan Airport Terminal Co., Ltd., Radi-Cool Japan, dan layanan bandara All Nippon Airways (ANA), cat dingin Nissan telah diaplikasikan pada kendaraan layanan Nissan NV100 yang dioperasikan oleh layanan bandara All Nippon Airways (ANA).
Dengan landasan pacu yang besar dan terbuka, Bandara Haneda menyediakan lingkungan yang sempurna untuk melakukan evaluasi nyata terhadap kinerja cat di lingkungan bersuhu tinggi terbuka.
Meskipun masih dalam tahap pengujian, hasilnya sejauh ini sangat mengesankan. Diparkir berdampingan di bawah sinar matahari, kendaraan yang dirawat dengan cat dingin Nissan telah menunjukkan hasil penurunan suhu permukaan eksterior hingga 12 derajat Celsius dan interior hingga 5 derajat Celsius lebih dingin, dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan cat mobil tradisional.
Kinerja pendinginan cat tersebut khususnya terlihat saat kendaraan diparkir di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Kabin yang lebih dingin tidak hanya lebih nyaman untuk dimasuki, tetapi juga memerlukan waktu pengoperasian AC yang lebih sedikit untuk mendinginkan kabin hingga mencapai suhu nyaman. Hal ini membantu mengurangi beban pada mesin, atau dalam kasus kendaraan listrik, menguras daya baterai. Pada kedua sistem penggerak, peningkatan efisiensi diharapkan, serta kenyamanan penumpang.
Metamaterial yang tertanam dalam cat dingin Nissan memiliki dua partikel mikrostruktur yang bereaksi terhadap cahaya. Satu partikel memantulkan sinar inframerah dekat di bawah sinar matahari yang biasanya menyebabkan getaran tingkat molekuler dalam resin cat tradisional untuk menghasilkan panas.
Partikel kedua memungkinkan terobosan nyata. Bahan ini menciptakan gelombang elektromagnetik yang menangkal sinar matahari, mengalihkan energi dari kendaraan ke atmosfer. Jika digabungkan, partikel-partikel dalam cat dingin Nissan mengurangi perpindahan panas ke permukaan seperti atap, kap mesin, pintu, dan panel.
“Mimpi saya adalah menciptakan mobil yang lebih dingin tanpa mengonsumsi energi,” jelas Susumu Miura, manajer senior dan pakar di Laboratorium Material dan Pemrosesan Mutakhir, Pusat Penelitian Nissan. “Hal ini sangat penting di era EV, di mana beban dari menyalakan AC di musim panas dapat berdampak besar pada status pengisian daya,” katanya.
Meskipun cat pendingin radiasi bukanlah hal baru, cat ini biasanya digunakan untuk bangunan dan struktur. Cat ini sering kali sangat tebal, sehingga perlu diaplikasikan dengan rol cat. Tanpa lapisan atas yang bening, cat ini dapat meninggalkan residu kapur saat disentuh.
Tantangan utama yang harus dipertimbangkan oleh Miura saat mengembangkan versi otomotif adalah memastikan cat tersebut dapat dilengkapi lapisan atas bening, diaplikasikan menggunakan pistol semprot (bukan roll), dan memenuhi standar internal Nissan yang ketat untuk kualitas cat.
Sejak memulai pengembangan pada tahun 2021, Miura dan timnya telah menguji lebih dari 100 sampel, dan saat ini sedang mengevaluasi ketebalan 120 mikron, sekitar enam kali lebih tebal dari cat otomotif pada umumnya. Mereka telah mengonfirmasi ketahanan terhadap garam dan terkelupas, terkelupas, tergores, reaksi kimia, serta konsistensi warna dan kemampuan perbaikan. Seiring dengan kemajuan pengembangan, Miura dan timnya terus mengeksplorasi opsi yang lebih tipis yang memberikan tingkat kinerja pendinginan yang sama.
Sementara pengujian dan pengembangan sedang berlangsung, bagi Miura dan timnya, harapannya adalah cat tersebut suatu hari nanti dapat ditawarkan untuk pesanan khusus dan dalam berbagai warna.
Miura melihat potensi yang kuat, terutama untuk aplikasi kendaraan komersial ringan seperti van, truk, dan ambulans yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berkendara. ##