MUNICH — BMW M GmbH akan meluncurkan model pertamanya yang dirancang sejak awal sebagai mobil listrik murni BMW iX M60. Mereka menjadwalkan mobil listrik ini dijual di dunia pada Juni 2022.
BMW iX M60 menggabungkan konsep kendaraan yang secara konsisten diarahkan untuk keberlanjutan dengan desain Sports Activity Vehicle (SAV) modern dan karakteristik berkendara dinamis yang mendebarkan. Dengan cara ini mewujudkan semua unsur terbaik dari tiga dunia BMW i, model BMW X dan BMW M GmbH.
Dengan keunggulan teknologinya, yang juga mencakup bidang mengemudi otonom, operating system (OS) 8 dan konektivitas, BMW iX M60 baru mewakili pemahaman baru tentang kemewahan canggih, kinerja tinggi, dan karakter premium.
BMW iX M60 berakselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik. Kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik 250 km/jam. Jangkauan BMW iX M60 yang ditentukan dalam siklus uji WLTP hingga 566 kilometer.
Debut BMW iX M60 menandai tonggak sejarah BMW M GmbH, yang dimulai 50 tahun lalu. Bersama dengan BMW i4 M50 (konsumsi daya gabungan: 22,5 – 18,0 kWh/100 km menurut WLTP; emisi CO2 gabungan: 0 g/km), mobil ini mewujudkan kepergian merek BMW M ke segmen mobil berperforma elektrifikasi. Tenaga ekstrim dan kontrol presisi dari penggerak semua roda elektrik, bersama dengan pembatasan slip roda berbasis aktuator sangat responsif dan teknologi suspensi yang mencakup, antara lain, suspensi udara gandar M khusus dengan kontrol level otomatis, memastikan ciri khas pengalaman berkendara BMW M, kelincahan dan presisi.
Konsep rangka aluminium dan sangkar karbon dengan plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP) di bagian atap, samping, dan belakang adalah perpaduan bahan cerdas yang menggabungkan peningkatan kekakuan dengan bobot dioptimalkan.
Penggunaan CFRP (carbon fibre reinforced plastic) untuk mengurangi bobot memiliki tradisi panjang di BMW M GmbH. Bahan berteknologi tinggi yang sangat ringan ini telah mencapai hasil luar biasa dalam menggabungkan kinerja mesin dan bobot di BMW M3 CSL, yang diperkenalkan pada tahun 2003.
Dengan demikian, BMW M GmbH memelopori penggunaan CFRP dalam produksi otomotif skala besar. Di banyak mobil sport BMW M GmbH performa tinggi saat ini, atap serat karbon standar dan komponen-komponen lain yang terbuat dari CFRP adalah bagian dari prinsip konstruksi ringan cerdas. ##