JAKARTA – Industri otomotif Indonesia mulai ramai sejak 1960-an, di mana banyak kendaraan berselieran jalan-jalan Jakarta. Namun, pertumbuhan ini belum diiringi dengan industri-industri pendukungnya.
AkzoNobel, perusahaan yang menaungi merek cat Wanda, menjawab kebutuhan cat kendaraan kala itu dengan produk yang diniagakan oleh toko cat Losmini. Toko cat ini merupakan legenda di dunia pelapis eksterior mobil dan motor di Tanah Air.
Didirikan oleh Tju Po Hoa pada 1970 silam, unit bisnis keluarga yang terletak di bilangan Kramat Raya, Jakarta Pusat, tersebut, mampu bertahan di tengah maraknya penyedia cat kendaraan hingga saat ini. Terbukti dari kepemilikan toko yang diwariskan kepada Richard Julius, cucu pendirinya.
“Kemajuan teknologi tentunya memengaruhi perkembangan cat kendaraan, baik dalam segi kualitas maupun cara pengaplikasiannya. Kami sangat mengapresiasi AkzoNobel yang terus menghadirkan produk cat berkualitas seperti Wanda, yang lengkap dengan lini produknya. Selain itu, edukasi terkait pengaplikasian cat yang tepat sangat membantu kami memenuhi harapan pelanggan dalam mendapatkan hasil akhir yang maksimal,” ujar Richard Julius, pemilik Toko Cat Losmini.
Sebagai produsen cat kendaraan ternama, PT Akzo Nobel Car Refinishes Indonesia memahami perkembangan trend otomotif ini. Seiring pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, pasar cat kendaraan pun mengalami diversifikasi yang signifikan. Para konsumen kini menginginkan lebih banyak variasi warna, hasil akhir yang sempurna, serta opsi kustomisasi yang lebih fleksibel.
Ummi Rahmawati, President Director, PT Akzo Nobel Car Refinishes Indonesia menyampaikan, “Kami berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan berbagai segmen konsumen. Wanda hadir sebagai solusi refinishing yang tepat—memberikan kualitas terpercaya dari AkzoNobel dengan harga yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan efisiensi maupun kualitas.”
Agar dapat bertahan di tengah kemajuan zaman, AkzoNobel pun terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk yang relevan, serta menerapkan kemajuan teknologi demi mengakomodir setiap kebutuhan para pelanggannya akan cat mobil dan motor.
“Selain itu, kami juga terus berinovasi dengan sistem warna digital, yaitu MIXIT Cloud sebagai aplikasi untuk mengidentifikasi warna yang memiliki basis data lebih dari 2 juta warna, lalu digabungkan dengan alat pendeteksi spektrum warna cat Automatchic Vision, teknologi ini sangat bermanfaat buat bengkel dan toko, karena mampu mengurangi waktu pencocokan warna hingga 50% dengan tingkat akurasi tinggi,” tambah Ummi.
Sebagai merek global, Wanda telah mengukir reputasi yang kokoh selama lebih dari 80 tahun di industri refinishing kendaraan. Di Indonesia, kehadiran Wanda bersama Toko Cat Losmini menjadi simbol kesinambungan antara tradisi dan inovasi, memainkan peran penting dalam perjalanan warna otomotif. ##