Munich — Nio bekerjasama dengan ZF untuk mengadopsi teknologi steer-by-wire (kemudi-dengan-kabel) pada NIO ET9. Teknologi steer-by-wire diintegrasikan ke chassis “SkyRide” NIO ET9 dan menggantikan sambungan kemudi mekanis konvensional dengan sistem kontrol digital sepenuhnya.
Teknologi ini memisahkan roda kemudi secara fisik sepenuhnya dari roda-roda dan secara dinamis menyesuaikan perilaku kemudi dengan berbagai kondisi berkendara, pengalaman berkendara yang lebih presisi, lebih nyaman, dengan keselamatan tanpa kompromi dapat tercapai.
Sebagai komponen chassis “SkyRide” NIO, teknologi steer-by-wire mengoptimalkan pengalaman mengemudi melalui rasio kemudi yang bervariasi. Pada kecepatan rendah, rasio kemudi yang lebih rendah memastikan kemampuan manuver maksimal. Kendaraan dapat dikemudikan dengan putaran maksimum hanya 0,6 putaran roda kemudi tanpa oversteer ke kanan atau kiri. Hal ini memberikan kenyamanan maksimal, terutama saat parkir dan bermanuver di ruang terbatas. Pada kecepatan lebih tinggi, rasio gigi meningkat untuk memastikan stabilitas garis lurus yang stabil dan gaya berkendara terkendali.
Teknologi steer-by-wire diklaim memberikan keamanan tak tertandingi bagi pengemudi. Karena tidak ada sambungan mekanis antara roda kemudi dan roda-rodanya, beberapa mekanisme keselamatan dapat diintegrasikan:
- Kontrol redundan: jika suatu komponen gagal, sistem cadangan mengambil alih kendali untuk menjaga keselamatan berkendara.
- Menghilangkan getaran: dengan sambungan mekanis yang dihilangkan, sistem steer-by-wire NIO ET9 menyaring getaran dari jalan – yang menghasilkan pengalaman berkendara lebih nyaman.
- Kontrol yang lebih baik di jalan licin: kontrol digital meminimalkan risiko selip atau kehilangan traksi melalui penundaan yang lebih rendah dan kontrol lebih presisi.
“Di NIO, kami berkomitmen untuk menghadirkan inovasi inovatif bagi pengguna kami yang mendefinisikan ulang pengalaman berkendara. Kolaborasi kami dengan ZF, pemimpin yang diakui secara global dalam solusi otomotif berkualitas tinggi, merupakan bukti dedikasi kami terhadap pasar Eropa dan ambisi kami untuk menetapkan tolok ukur industri baru dengan kendaraan listrik pintar kami. Dengan inovasi teknologi NIO ET9, kami tidak hanya membahas masa depan – kami mewujudkannya,” kata Danilo Teobaldi, Kepala Insinyur Utama di NIO.
Kerjasama keduanya dimulai tahun 2022. Saat ini terdapat lima pusat R&D NIO di seluruh benua – termasuk fasilitas R&D di Inggris (Oxford) yang strategi dan operasinya diawasi oleh Danilo Teobaldi, Kepala Teknisi Utama di NIO. ##