JAKARTA – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memproyeksikan kegiatan bisnisnya pada tahun 2025 untuk mendominasi segmen kendaraan komersial. Tentu, ada banyak strategi yang disiapkan agen pemegang merek ini, untuk mewujudkannya.
Ambisi Isuzu Indonesia untuk mendominasi di semua segmen kendaraan komersial, berdasar dari capaian positif mereka sejak 5 tahun berturut-turut. Pada tahun 2024, pabrikan Jepang ini meraih pangsa pasar sebesar 30,5 persen atau 27.984 unit. Sebuah anomali ketika di tahun lalu, pasar kendaraan komersial sedang lesu.
“Tahun 2024 merupakan tahun yang begitu menantang bagi pasar otomotif nasional. Di tengah penurunan pasar, Isuzu berhasil bertahan dan menorehkan pencapaian yang begitu baik dengan menunjukan pertumbuhan bisnis yang sustainable dalam lima tahun ke belakang.” Kata Yusak Kristian, President Director IAMI.
Beberapa produk penyumbang penjualan Isuzu Indonesia secara signifikan yakni Isuzu Elf yang terjual lebih dari 12.610 unit atau sekitar 26,6 persen, lalu Isuzu Traga yang terjual 10.954 unit atau setara 47,7 persen, dan Isuzu Giga yang berhasil terjual sebanyak 4.420 unit setara 20,5 persen di pasar heavy duty truck. Kebutuhan para pelanggan akan armada bisnis komersial juga diperlengkap dengan Isuzu mu-X dan D-Max.
Tak hanya itu, adanya pabrik Isuzu di Karawang juga menyumbang penjualan. Fasilitas ini dimaksimalkan untuk memproduksi aneka kendaraan untuk dalam dan luar negeri dengan catatan ekspor lebih dari 8.000 unit ke lebih dari 19 negara tujuan seperti Filipina, Laos, Myanmar, dan Nicaragua.
Dari sisi layanan, Isuzu juga memberikan ketenangan pikiran kepada konsumennya lantaran agen pemegang merek ini memiliki lebih dari 1.900 part shop dan 4 part depo untuk menyuplai suku cadang. Sebanyak 159 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), 165 Bengkel Mitra Isuzu (BMI), serta layanan Mechanic On Site juga memastikan konsumen mendapatkan pelayanan terbaik.
Berbekal model unggulan yang diminati pasar, serta layanan purnajual lengkap, sudah cukup untuk dijadikan dasar Isuzu Indonesia menyongsong tahun 2025. Meski berbagai tantangan dan peluang menanti, perusahaan ini bakal menyiapkan senjata yang paling ampuh agar setiap strategi bisnisnya tepat sasaran.
“PT IAMI akan terus menemani perjalanan usaha Isuzu Partner dengan produk yang berkualitas dan menyediakan beragam kebutuhan kendaraan komersial untuk meningkatkan keuntungan seluruh pelanggan Isuzu. Semua ini tentu bisa dicapai berkat strategi bisnis yang tepat, sinergi ekosistem bisnis kami, dan kepercayaan konsumen yang membuat PT IAMI bisa terus tumbuh di usia 50 tahun ini hingga seterusnya di Indonesia,” tegas Yusak Kristian.**