Tangerang — Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dimanfaatkan oleh Toyota untuk meluncurkan all-new Toyota Prius Hybrid Electric Vehicle (HEV). Selain itu, pabrikan asal Jepang ini memamerkan sejumlah kendaraan elektrifikasinya.
Toyota Prius Hybrid ditemani oleh Toyota Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), concept car BEV (Battery Electric Vehicle) Toyota FT-3e, Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel Concept dan Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen murni. Semuanya menggambarkan strategi multijalur (multipathway) Toyota menuju Net Zero Emission 2060.
“Selaras dengan target Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui Beyond Zero bertujuan untuk mempercepat pengurangan emisi dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, dengan Multi Pathway Strategy melalui berbagai jenis teknologi elektrifikasi dan penggunaan energi terbarukan dalam mendukung mobilitas berkelanjutan,” jelas President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.
Sejak 2009, PT TAM telah meluncurkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus, baik itu Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Pada tahun 2023, pasar xEV Indonesia menembus angka 71.500 unit secara Wholesales, di mana Hybrid EV menguasai 76%, sedangkan Battery EV menyumbang 24%.
Sekarang penjualan xEV Toyota sangat positif. Di Semester 1 2024, Toyota masih memimpin perolehan penjualan kendaraan elektrifikasi sebanyak 15.017 unit secara Whole Sales dan menguasai 40% pangsa pasar elektrifikasi nasional, dengan model HEV sebagai kontributor terbesar. Kabar positif ini semakin membanggakan karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV yang Toyota produksi di Indonesia berhasil meraih gelar Car of The Year dari media otomotif nasional secara bergantian pada tahun 2023 dan 2024.
Di GIIAS 2024, Toyota menambah pilihan Hybrid EV lewat all-new Toyota Prius HEV. Sebagai pioneer (pelopor) dan ikon mobil hybrid di dunia, generasi ke-5 mobil hybrid terlaris dunia ini tampil dengan progressive design sebagai representasi pengembangan teknologi elektrifikasi Toyota.
Penggunaan platform TNGA-C generasi kedua membuat center of gravity mobil menjadi lebih rendah yang meningkatkan handling serta kualitas berkendara. Dikombinasikan dengan Toyota Hybrid System terbaru dengan akselerasi memuaskan dan responsif, sambil tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. Versi Indonesia akan menggunakan mesin hybrid 2ZR-FXE serupa milik Corolla Cross HEV. ##