TANGERANG — Hino Motors selalu peduli dengan keselamatan. Itulah sebabnya Hino500 Series FM 280 JD Retarder diluncurkan.
Retarder merupakan sistem pengereman tambahan yang menggunakan teknologi Electro Magnetic Retarder. Teknologi ini bekerja dengan cara menahan putaran propeller shaft melalui gaya medan magnet, sehingga memungkinkan truk untuk memperlambat laju kendaraan dengan lebih efektif dan aman.
Hino500 Series FM 280 JD Retarder dilengkapi oleh tuas pengendali Retarder Level dalam kabin dengan 4 tahap pengereman sesuai kebutuhan operasional.
Keuntungan dari penggunaan retarder ini adalah usia pakai bantalan rem (brake pad) dapat lebih panjang, menghemat biaya perawatan jangka panjang bagi para pelanggan.
Varian ini pun mempunyai sejumlah fitur lain. Digital Hour meter untuk mengetahui informasi pemakaian mesin untuk perawatan kendaraan tetap terjaga. ES Start System untuk mencegah terjadinya kendaraan mundur di tanjakan dan memudahkan menanjak kembali sehingga umur pakai kanvas kopling lebih awet.
Hino500 Series FM 280 JD Retarder menggunakan ban tipe block yang tahan lama dan cocok untuk medan berat. Penggunaan ban tersebut disebabkan truk ini memiliki GVW 26 Ton dengan tenaga puncak 280 PS serta Gear Ratio 6.428.
Fitur yang tak kalah penting, guna menyamankan pengemudi dan kondektur, Hino Motors memasang air conditioner (AC) dan power window. Tersedia central lock.
“Dengan peluncuran FM 280 JD Retarder, Hino Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan solusi transportasi yang aman, andal, dan efisien bagi industri pertambangan. Truk ini tidak hanya menjanjikan peningkatan keselamatan melalui teknologi pengereman canggihnya, tetapi juga menawarkan berbagai fitur yang mendukung kenyamanan dan produktivitas operasional pertambangan,” kata Susilo Darmawan, Sales Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).
Hino500 Series FM 280 JD Retarder diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Di pameran otomotif bertaraf internasional ini Hino pun meluncurkan Hino 300 Series 136 HDL 6×2.
Inilah light duty truck (truk tugas ringan) pertama di Indonesia dengan konfigurasi 6×2 atau 10 roda. Varian ini memiliki GVW lebih besar yakni 14 ton dan suspensi tipe trunnions dan leaf spring yang dapat menahan daya angkut yang berat.
Hino 300 – 136 HDL 6X2 memiliki wheelbase 3.495 + 1.050 mm dan panjang tubuh hingga 5.4 meter sehingga dapat dibuat untuk aplikasi body tangki CPO (Crude Palm Oil), boks, bak terbuka, dan flat bed. Dengan daya angkut yang kuat dan aksesibilitas yang baik pada pengoperasian jalan yang sempit Hino 300 – 136 HDL 6×2, merupakan solusi untuk kebutuhan pengangkutan CPO di area perkebunan atau angkutan kargo lainnya, sehingga tetap produktif dan sesuai regulasi.
Mesin Euro 4 Hino 300 – 136 HDL 6×2 menyemburkan tenaga 136 PS yang disalurkan ke roda-roda melalui transmisi RE61 6-speed. Selain itu, truk ini turut dilengkapi kamera mundur untuk melihat kondisi belakang kendaraan saat bermanuver mundur.
Sebagai solusi transportasi terpercaya, Hino turut menampilkan line-up bus, di GIIAS 2024, yakni Hino Bus AK 240 dan Hino GB Bus 150 L AT. Terdapat truk tugas berat Hino 700 – ZS 4141. ##