SaPa — All-new Ford Everest Titanium akan diluncurkan di Indonesia, pada pekan depan (8/6). Ada baiknya kita lihat dulu beberapa pilihan mesin yang tersedia di beberapa negara dunia. Sebab, untuk pasar Indonesia sendiri, pihak RMA Indonesia belum mau menginformasikan spesifikasi mesin Ford Everest.
Pilihan pertama Ford Everest adalah mesin V6 3.000cc turbodiesel bertenaga 246,75 HP dan bertorsi 600 Nm. Mesin ini merupakan revisi dari model sebelumnya dan hadir setelah Ford mendengarkan suara para pelanggan yang menginginkan jantung mekanis lebih banyak tenaga dan torsi untuk menderek, membawa beban berat, dan off-road.
Ini merupakan salah satu dari 3 pilihan mesin diesel. Opsi mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 10-speed dan full-time AWD (all-wheel drive). Varian ini tersedia di Australia.
“Dapur pacu turbodiesel V6 3.0L benar-benar memberikan torsi dan tenaga besar yang diinginkan oleh para pelanggan,” kata Pritika Maharaj, manajer program Everest. “Rasanya sangat tangguh dalam arti memiliki tenaga dan torsi yang tiada habisnya, tetapi juga halus dan senyap di jalan raya.”
Terdapat mesin diesel 2.000cc 4-silinder dengan pilihan Single Turbo dan Bi-Turbo pada Ford Everest. Mesin diesel single turbo menghasilkan tenaga, torsi, dan penghematan bahan bakar minyak (BBM), sedangkan mesin Bi-Turbo merupakan varian performa canggih untuk para pelanggan yang menginginkan tenaga lebih tetapi perlu mempertahankan penghematan BBM.
Varian 2.0L turbo menghasilkan tenaga 168 HP pada 3500 rpm dan torsi 405 Nm pada 1.750-2.500 rpm. Transmisi otomatis 6-speed menyalurkan semua tenaganya ke roda-roda belakang (rear-wheel drive = RWD).
Varian 2.0L Bi-Turbo melepaskan tenaga 207 PS pada 3,750 rpm dan torsi 500 Nm dari 1,750-2,000 rpm. Para pelanggan lebih leluasa memilih sistem penggerak karena tersedia dalam opsi 4×2 dan 4×4 dibandingkan varian single turbo. Transmisinya otomatis 10-speed.
Varian mesin Bi-Turbo Ford Everest tersedia di Thailand dan Australia. Untuk varian single turbo hanya di Thailand.
Terakhir adalah mesin bensin EcoBoost 2.300cc 4-silinder yang bertenaga menghasilkan kurva torsi rata dan lebar dengan torsi maksimum di seluruh rentang putaran. Mesin EcoBoost yang telah teruji ini menopang rangkaian produk Ford secara global dan akan tersedia di Ford Everest di pasar-pasar tertentu mulai tahun 2023.
Lalu spesifikasi mesin Ford Everest Titanium manakah yang akan dibawa ke Indonesia? Jika merujuk ke Thailand, di mana model ini diproduksi, varian Titanium menggendong mesinn 2.0L Bi-turbo.
Jadi hampir bisa dipastikan spesifikasi mesin Ford Everest Titanium akan sama dengan Thailand. Lagipula tenaga jantung mekanis ini lebih unggul dari Toyota Fortuner (200 hp) dan Mitsubishi Pajero Sport (178,5 hp). Dari sisi torsi pun lebih unggul dari Mitsubishi Pajero Sport (430 Nm pada 2.500 rpm) dan menyamai Toyota Fortuner (500 Nm dari 1.600-2800 rpm).
Tidak berhenti sampai di situ. Ford Everest Titanium punya transmisi otomatis 10-speed. Mitsubishi Pajero Sport menampilkan pilihan transmisi otomatis 8-speed dan 5-speed. Toyota Fortuner hanya bertransmisi otomatis 6-speed.
Artinya dari mesin dan transmisi, Ford Everest Titanium lebih unggul dari dua pesaingnya. ##