Minggu, Juli 27, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Wuling Almaz Hybrid, Impresinya di Sirkuit Formula E

by Kusnadi Cahyono
November 8, 2022
wuling almaz hybrid
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta – Wuling Almaz Hybrid suguhkan impresi langsungnya di sirkuit Formula E Jakarta. Otobisnis.com merasakan bagaimana Sport Utility Vehicle (SUV) asal Tiongkok ini dikemas sebagai mobil elektrifikasi berharga terjangkau. Yup, cukup mengejutkan memang, karena harganya dibanderol Rp 470 juta (on the Road Jakarta).

Wuling Almaz Hybrid tak ditampik oleh Wuling Motors tetap membawa struktur yang sama dengan Almaz turbo. Namun untuk memastikan sebagai kendaraan hybrid, dihadirkan mesin 2.000 cc yang sudah bersistem Atkinson, disandingkan dengan motor listrik dan penempatan baterai tepat di bawah jok baris ketiga.

Bobot Wuling Almaz Hybrid ini berkat tambahan motor listrik hingga baterai Tenary Lithium-ion (NMC) diklaim hanya bertambah 90 kg dari versi mesin konvensional. Sebagai informasi, baterainya memiliki kapasitas 1,8 kWh.

Memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm, sedangkan jarak sumbu rodanya 2.750 mm. Jarak pijak roda depan 1.554 mm ada tambahan 10 mm, dan pijak roda belakang masih 1.549 mm.

Baca Juga :

Vinfast VF 7 warnai segmen Midsize SUV Listrik di Indonesia

Usung teknologi hybrid, Kijang Innova Zenix HEV jadi magnet GIIAS 2025

Hanya 6 unit, Jeep Wrangler ’41 Willys 4-door wajib dimiliki

Ada yang dikonversi perihal suspensi belakangnya, tak lagi menggunakan multi-link independent, namun ke versi kendaraan berupa tipe torsion beam. Memang bagi yang perhatian terhadap kenyamanan, ini akan berpengaruh terhadap pengendalian terutama saat bermanuver di tikungan tajam. Tapi toh ini adalah kendaraan keluarga, ada yang tega menekuk kendaraan di tikungan saat kecepatan tinggi? Tentu tidak ada yang berani.

Berada di posisi kokpit tak berbeda jauh dengan Almaz RS. Konsol tengah saja tampak berbeda, karena menjumpai teknologi transmisi Wuling Almaz Hybrid adalah Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Ada kebiasaan baru yang akan dilakukan saat mengendarai mobil Almaz Hybrid ini adalah tuas seperti joystik, ada tombol yang harus ditekan di bagian leher tuas ketika menggerakkan ke posisi drive. Sedangkan untuk posisi parkir, cukup jari telunjuk kiri yang menekan tombol P. Semudah itu.

Di panel instrumen akan terpantau energi monitor, bagaimana hybrid ini bekerja saat Wuling Almaz Hybrid melaju. Perlu waktu sekitar 10-15 menit agar baterai terisi penuh oleh mesin. Oh iya, performa yang digunakan tergantung dari ketersediaan energi di baterai. Apabila terisi penuh, Almaz Hybrid bisa melaju dengan energi baterai hingga 50 kpj, saat kapasitas baterai separuh, hanya bisa melaju di angka 30-40 kpj saja. Bila di atas itu, mesin akan memberikan tambahan dorongan performa.

Tapi ketika menginjak pedal gas dalam-dalam, mesin 2.000 cc akan langsung mengambil alih untuk melesatkan Wuling Almaz Hybrid. Sebagai informasi, sistem hybrid di Almaz Hybrid ini bereaksi sesuai dengan respon pedal gas, ketika baterai sudah mendekati habis, mesin akan langsung menyala untuk mengisi ulang energi baterainya. Bila sudah terisi penuh, mesin akan mati, Almaz Hybrid bisa melaju senyap gunakan motor listriknya.

Dari data yang dirilis oleh Wuling, bahwa mesin empat silinder berkapasitas 1.999 cc ini mampu kerahkan tenaga hingga 123 hp pada 5.600 rpm dan torsinya 168 Nm pada 4.000-4.400 rpm.

Sedangkan untuk Permanent Magnet Synchronous Motor yang disandingkan di ruang mesin punya tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Sempat mencoba tendangan torsinya, cukup berikan jeritan yang menyita perhatian. Ban gunakan GT Radial Savero profil 215/55 diameter 18 inci lansiran GT Radial Savero.

Setelah beberapa kali putaran, membawa Almaz Hybrid ini seperti mobil biasa pada umumnya. Hanya saja ketika melaju di bawah 50 kpj dan baterai penuh, motor listrik yang akan menggerakkan mobil 7 seater berpenggerak roda depan ini.

Mencoba pergerakan meliuk di susunan Cone yang disiapkan oleh penyelenggara di sirkuit Formula E, Wuling Almaz Hybrid ini masih memberikan pengendalian yang baik meski mengaplikasikan suspensi torsion beam.

wuling almaz hybrid
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.05.01 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.05.01
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.12
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.07
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.08 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.08
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.07 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.04 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.05
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.06
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.03
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.02
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.02 (2)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.02 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.01
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.01 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.00
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.00 (2)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.00 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.02.59 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.02.58
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.02.59
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.04
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.10 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.10
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.09 (2)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.11
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.09 (1)
WhatsApp Image 2022-11-08 at 17.03.09
Tags: WULING ALMAZ HYBRID
Previous Post

Honda Kenalkan Skuter Listrik Kecil EM1 e:

Next Post

Italjet Dragster 500GP Hyperscooter Plus Transmisi 6-speed

Related Posts

Vinfast VF 7
Berita

Vinfast VF 7 warnai segmen Midsize SUV Listrik di Indonesia

Juli 27, 2025
Kijang Innova Zenix Hybrid
Berita

Usung teknologi hybrid, Kijang Innova Zenix HEV jadi magnet GIIAS 2025

Juli 26, 2025
Jeep Wrangler '41 Willys
Berita

Hanya 6 unit, Jeep Wrangler ’41 Willys 4-door wajib dimiliki

Juli 26, 2025
Kia EV4
Berita

Sedan listrik futuristik Kia EV4 jadi magnet GIIAS 2025

Juli 26, 2025
Chery Tiggo 9 CSH
Berita

Chery TIGGO 9 CSH bisa melaju 180km tanpa bensin

Juli 26, 2025
Denza D9
Berita

Yuk, cicipi kemewahan dan kenyamanan Denza D9 di GIIAS 2025

Juli 26, 2025

TERBARU

Isuzu
Berita

Isuzu pamer layanan purnajual menyeluruh di GIIAS 2025

Juli 27, 2025
ULTI X
Berita

ULTI X komponen high performance untuk motor

Juli 27, 2025
LLUMAR JKIND
Berita

JKIND bawa solusi kaca film dan proteksi body mobil di GIIAS 2025

Juli 27, 2025
Vinfast
Berita

Vinfast terus agresif perluas jaringan dealer

Juli 27, 2025
Aspira Premio Sportivo 2
Berita

Aspira Premio Sportivo 2, terinspirasi dari ban motor balap

Juli 27, 2025
VR46 Riders Academy
Berita

Pertamina Enduro akan tempa 5 pembalap muda di VR46 Riders Academy

Juli 27, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
vinfast vf e34
Review

Impresi Berkendara Vinfast VF e34

Juni 24, 2025
Jaecoo J8 AWD kendaraan SUV berperforma tangguh dan nyaman untuk segala medan
Review

Kenyamanan Jaecoo J8 AWD Diuji di Medan Off-road

Juni 20, 2025
Hyundai Kona Electric
Berita

Review Hyundai Kona Electric

Juni 11, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.