Jakarta — PO (Perusahaan Otobus) Efisiensi dan PO Subur Jaya menerima bus Hino RK260 yang menggunakan body Jetbus 3+ MHD dari karoseri Adiputro. Penyerahan bus secara simbolis dilakukan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia dan Adiputro, di sela pameran BusWorld South East Asia 2022, di JIEXPO, kemarin (6/10).
Penyerahan simbolis melalui serah terima mockup kunci bus diwakili oleh Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI kepada Teuku Ery selaku pemilik PO Efisiensi dan Agus Tjahyana, pemilik PO Subur Jaya.
PO Efisiensi banyak melayani jalur selatan pulau Jawa, terutama Yogyakarta hingga Cilacap dan sebaliknya. Mayoritas armada bus PO yang ber-homebase di Kebumen Jawa Tengah ini adalah Hino.
Sementara PO Subur Jaya merupakan salah satu operator bus pariwisata besar. PO bus asal Rembang, Jawa Tengah ini memiliki armada bus besar dan banyak menggunakan Hino. Untuk menjaga layanan yang prima, PO Subur Jaya selalu melakukan peremajaan bus setelah 3 tahun dan mengantinya dengan unit bus terbaru.
“Kami sangat berterima kasih kepada PO Efisiensi dan PO Subur Jaya yang selalu loyal menggunakan Hino Bus sebagai armada utama bisnisnya. Bus RK260 sendiri merupakan rajanya bus di Indonesia, dan merupakan favorit para pengusaha PO Bus karena memang mesinnya yang andal dan mudah dalam perawatan,” ungkap Tomoki Hattori, Direktur HMSI.
Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Hino berhasil menguasai 53% market share bus besar dan menjadi market leader di Indonesia, pada Agustus 2022. Khusus Euro4 sekarang ini, Hino memiliki lineup terdiri dari AK 240 bermesin depan, RK yang merupakan model terlaris Hino dan model terbaru RM 280
Bus AK menganut mesin depan. Bus RK merupakan model terlaris Hino di Indonesia. Sedangkan Bus RM menjadi model terbaru dengan keunggulan-keunggulan utama berupa penggunaan wide air suspension untuk meningkatkan stabilitas kendaraan sehingga memberikan para penumpang kenyamanan dan sasis space frame untuk desain bagasi tembus dengan kapasitas volume ±9.000 liter.
Semua lineup bus besar Hino Euro4 mendapatkan pembaruan di mana menggunakan 10 baut roda sistem iso sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan serta lebih mudah dalam perawatan. Hino turut mengembangkan piston engine pada bus-bus Euro4 dengan material terbaru, yaitu Ferrum Casting Ductile (FCD) namun tetap mempertahankan keunggulan oil gallery yang digunakan untuk piston engine J08E Euro4.
Piston FCD dan oil gallery tersebut, mempunyai ekspansi thermal yang lebih kecil sehingga cocok digunakan pada angkutan jarak jauh nonstop. Selain itu, pada bus Hino kini terdapat juga overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin. ##