JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sukses menorehkan penjualan mobil Mitsubishi sepanjang 2021 dengan hasil yang begitu memuaskan. Berdasarkan data yang dirilis, mereka mencatat ada peningkatan yang signifikan hingga 90,6 persen dibandingkan pada tahun 2020.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sepanjang 2021 mencatat bahwa PT MMKSI menorehkan 104.407 unit yang diakumulasi mulai Januari hingga Desember 2021. Total tersebut, terdiri dari 68.152 unit yang dikontribusikan lewat kendaraan penumpang dan 36.225 unit melalui penjualan kendaraan niaga ringan.
Adapun model yang masih menjadi tulang punggung penjualan mobil Mitsubishi adalah Xpander dengan total 28.424 unit dan Xpander Cross 22.383 unit dengan menguasai pangsa pasar sebesar 31 persen. Kemudian diikuti oleh Pajero Sport 17.137 unit, Eclipse Cross 183 unit dan Outlander PHEV 20 unit.
“Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2021,” jelas Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI, dalam keterangan resminya.

Sejalan dengan keberhasilan tersebut, PT MMKSI juga telah menyusun strategi baru yang akan mereka proyeksikan pada tahun 2022. Dari beberapa agenda yang akan dijalankan, mereka akan memperkenalkan Dendo Drive House (DDH).
DDH sendiri merupakan sebuah ekosistem elektrik baru untuk mengisi daya mobil listrik atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle di rumah atau bangunan menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan melalui tenaga surya. Tidak hanya itu, melalui DDH tersebut, teknologi ini juga bisa mensuplai listrik dari kendaraan listrik ke rumah atau bangunan.
Saat ini, DDH tersebut sudah secara resmi dihadirkan oleh PT MMKSI di Gedung Annex lantai 1 kantor pusat MMKSI yang terletak di Pulomas, Jakarta Timur. DDH ini terdiri dari panel surya yang ditempatkan di bagian atap gedung, bi-directional charger, area showcase DDH, berupa co-working area dan ruang pertemuan serta area demonstrasi kemampuan discharging.
Guna memberikan kemudahan kepada para konsumen loyal mereka, fasilitas pengisian daya kendaraan listik ini juga ditempatkan tepat di depan area showcase DDH untuk memberikan kemudahan melakukan pengisian daya dari kendaraan listrik dan juga sebaliknya.
Sementara itu, ketika disinggung mengenai keberadaan mobil listrik di Indonesia, Hikaru Mii selaku Director of Product Strategy Division PT MMKSI, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya memang tengah mempersiapkan hal tersebut namun dengan memperhatikan kebijakan yang berlaku di Tanah Air.
“Kami sangat ingin mendukung kebijakan pemerintah untuk kepedulian pada lingkungan dengan mneghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Kami punya strategi XEV Strategy yang dimana termausk Hybrid, PHEV dan BEV. Kami sebutnya XEV. Kami berupaya mencari yang terbaik dengan mengombinasikan ketiganya,” jelasnya saat Media Gathering PT MMKSI, Kamis (17/3/2022). (*)