IWATA — Yamaha Motor ditugasi oleh Toyota Motor Corporation untuk mengembangkan mesin V8 5.000cc berbahan bakar hidrogen sepenuhnya untuk dipakai di mobil. Yamaha pun sedang riset mesin hidrogen untuk sepedamotor.
Penugasan tersebut berkaitan dengan pengumuman rencana dan komitmen Kawasaki Heavy Industries, Subaru Corporation, Toyota Motor Corporation, Mazda Motor Corporation, dan Yamaha Motor guna memperluas jangkauan pilihan bahan bakar untuk mesin pembakaran internal dalam pencarian untuk netralitas karbon.
Dan di lokasi pengumuman tersebut, Okayama, mesin hidrogen V8 dipamerkan ke publik. Mesin dikembangkan oleh Yamaha untuk Toyota. Mesin ini berbasis mesin 5.0 liter yang dimiliki oleh Lexus RC F, dengan modifikasi yang dilakukan pada injektor, kepala silinder, intake manifold, dan banyak lagi, dan menghasilkan tenaga hingga 335kW (455 hp) pada 6.800 rpm dan maksimum torsi 540 Nm (398 ft-lb) pada 3.600 rpm.
“Mesin hidrogen memiliki potensi untuk menjadi netral karbon sekaligus menjaga semangat kami untuk mesin pembakaran internal tetap hidup pada saat yang sama,” kata Presiden Yamaha Motor, Yoshihiro Hidaka di tempat tersebut.
“Bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan dengan budaya dan bidang keahlian yang berbeda serta meningkatkan jumlah mitra yang kami miliki adalah cara kami ingin memimpin di masa depan.”
Yamaha mulai mengembangkan mesin hidrogen untuk mobil sekitar lima tahun lalu. Takeshi Yamada dari Bagian Pengembangan Otomotif Pusat Penelitian & Pengembangan Teknis adalah anggota tim pengembangan mesin hidrogen dan dia mulai merasakan kedalaman potensi mesin saat proyek berlangsung.
“Saya mulai melihat bahwa mesin yang hanya menggunakan hidrogen sebenarnya memiliki karakteristik kinerja yang sangat menyenangkan dan mudah digunakan,” jelas Takeshi Yamada. “Mesin ini mudah digunakan bahkan tanpa menggunakan alat bantu mengemudi elektronik. Setiap orang yang datang untuk menguji coba mobil prototipe akan memulai dengan agak skeptis, tetapi keluar dari mobil dengan senyum lebar di wajah mereka di akhir pengujian. Saat saya melihat ini, saya mulai percaya bahwa sebenarnya ada potensi besar dalam karakteristik unik mesin ini daripada hanya memperlakukannya sebagai pengganti bensin.”
KOLABORASI YAMAHA dan KAWASAKI
Sejak 2010, Kawasaki Heavy Industries telah berfokus pada hidrogen sebagai sumber energi generasi berikutnya dan telah mengembangkan teknologi untuk memproduksi, mengangkut, dan menggunakan hidrogen di seluruh rantai pasokan yang diperlukan untuk mendukung masyarakat. Kawasaki Heavy Industries sedang mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen untuk lahan, aplikasi mobilitas laut, dan udara, seperti untuk pesawat terbang, kapal laut, dan kendaraan roda-dua.
Yamaha Motor sendiri pun sedang mengembangkan teknologi mesin hidrogen untuk kemungkinan penggunaan pada kendaraan roda-dua, seri ROV (kendaraan rekreasi roda-empat non jalan raya), dan lain-lainnya. Untuk mempercepat pengembangan teknologi ini, pihaknya sedang mempersiapkan untuk memperkenalkan peralatan baru dan memperkuat struktur pengembangan in-house-nya.
Kawasaki Heavy Industries dan Yamaha Motor telah mempertimbangkan pengembangan bersama untuk sepedamotor. Ke depan, mereka berencana bergabung dengan Honda Motor dan Suzuki Motor Corporation, dan lain-lain. ##