JAKARTA – Acura NSX Type S dipastikan tidak akan dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Yusak Billy, Business Innovationand Sales & Marketing Director HPM, kepada para jurnalis, hari ini (9/8).
“Sejak dulu kami tidak menjual Acura NSX. Pun demikian dengan Acura NSX Type S,” ujarnya.
Supercar Acura NSX Type S akan diproduksi secara terbatas yakni 350 unit di dunia. Ini akan menjadi model terakhir Acura NSX.
Acura NSX Type S akan tampil perdana di Monterey Car Week pada 12 Agustus 2021.
Setiap Acura NSX 2022 yang diproduksi di Performance Manufacturing Center di Ohio akan menjadi model Type S edisi terbatas yang ditenagai oleh versi yang disempurnakan dari sistem V6 twin-turbo supercar dan Sport Hybrid SH-AWD. Untuk merayakan tahun terakhir produksi NSX, hanya 350 supercar eksklusif ini yang akan tersedia di seluruh dunia, dengan hanya 300 yang ditawarkan di Amerika Serikat, menandai pertama kalinya Acura NSX Type S dijual di luar Jepang. Supercar terbatas ini akan tersedia untuk pesanan pelanggan mulai 12 Agustus di www.Acura.com/Type-S.
Sementara NSX merayakan tahun terakhir produksinya, Acura akan terus mengejar mobil sport di era elektrifikasi.
“Acura adalah merek performa, dan kami akan terus bergerak maju, secara aktif menyelidiki seperti apa mobil sport generasi berikutnya di era elektrifikasi.” kata Jon Ikeda, Vice President dan Brand Officer Acura.
Seperti pendahulunya, Acura NSX generasi kedua ini mendorong batas-batas rekayasa dan mengkalibrasi ulang ekspektasi dinamika mobil sport. NSX adalah supercar pertama yang menggunakan tiga motor listrik untuk meningkatkan semua aspek pengalaman berkendara. NSX memperkenalkan beberapa hal pertama di industri termasuk penggunaan pengecoran ablasi dalam rangka ruang multi-material supercar, serta transmisi Dual Clutch (DCT) 9-percepatan produksi pertama dan satu-satunya di dunia untuk mobil penumpang.
Setelah diluncurkan pada tahun 2016, NSX dinobatkan sebagai Road & Track “Performance Car of the Year” dan pemenang “All Star” dari Majalah Automobile. Menegaskan kembali keunggulannya di pasar, NSX terpilih sebagai “Mobil Performa Hibrida Terbaik” oleh Motor Trend pada tahun 2020.
NSX generasi kedua juga mendominasi di arena balap, dengan NSX GT3 Evo memenangkan gelar Kejuaraan IMSA WeatherTech SportsCar Championship 2019 dan 2020 di kelas GTD, serta kejuaraan pembalap dan pabrikan Super GT 2019 di kelas GT300 di Jepang. NSX juga saat ini memegang rekor Hybrid di divisi Time Attack 1 Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb, yang dibuat pada tahun 2020 oleh James Robinson, dan rekor kendaraan produksi di sirkuit jalan raya Grand Prix of Long Beach, yang dibuat pada tahun 2019 oleh Peter Cunningham.
“NSX telah memainkan peran penting dalam membangun kembali Acura sebagai merek kinerja dan kembalinya Tipe S,” kata Emile Korkor, Asisten Wakil Presiden, Penjualan Nasional Acura. “Kami telah melihat antusiasme yang luar biasa di pasar dan kami belum selesai; masih ada lagi yang akan datang karena Tipe S menjadi ekspresi puncak kinerja di seluruh jajaran Acura.”
Dengan total produksi yang dibatasi pada 350 unit, NSX Type S selama satu tahun akan bergabung dengan jajaran model NSX generasi pertama yang unik dan dapat dikoleksi, seperti NSX Zanardi Edition 1999 (51 diproduksi) dan varian Japan Domestic Market (JDM) seperti NSX-R (483 diproduksi antara 1992 dan 1995), NSX Type S (209 dibangun antara 1997 dan 2001) dan NSX Type S-Zero (total 30 antara 1997 dan 2001). Hingga saat ini, penjualan NSX generasi kedua berjumlah lebih dari seribu lima ratus unit di AS dan lebih dari 2500 unit secara global.
NSX Type S adalah varian Type S ketiga yang Acura telah memulai debutnya tahun ini, bergabung dengan sedan sport TLX Type S yang baru dan SUV tiga baris MDX Type S yang akan datang, karena merek tersebut mendorong kinerja produknya ke tingkat yang lebih tinggi. ##