TORRANCE – All-new Honda Civic 2022 dalam bentuk produksi akhirnya diluncurkan oleh American Honda Motor. Pada November 2020, American Honda Motor memperlihatkan prototipe generasi ke-11 Honda Civic ke public untuk pertama kalinya.
Sebagai model terlama Honda, orang-orang Amerika telah membeli lebih dari 12 juta Honda Civic sejak 1973, menjadikannya salah satu dari tiga mobil penumpang terlaris di Amerika selama 48 tahun terakhir. Dengan penjualan lebih dari 1,7 juta unit selama lima tahun terakhir, pesaing Toyota Corolla ini telah menjadi model No. 1 di Amerika – mobil atau truk ringan – dengan pembeli pertama kali, Milenial, Gen Z, dan pelanggan multikultural, sejak peluncuran generasi ke-10 pada tahun 2015.
“Honda Civic telah menjadi pilihan utama bagi pembeli mobil kompak selama hampir 50 tahun dan Honda Civic generasi ke-11 yang baru dibangun di atas kepemimpinan itu dengan gaya yang sederhana dan sporty di dalam dan luar, fitur terbaik di kelasnya, dan performa terdepan di kelasnya,” kata Dave Gardner, wakil presiden eksekutif Operasi Nasional, American Honda Motor Co., Inc.
Berikut ini hal-hal baru apa saja yang dibawa oleh all-new Honda Civic 2022:
- Penataan interior dan eksterior baru yang simpel dan bersih
- Tampilan instrumen LCD semua digital pertama Civic (varian Touring)
- Layar sentuh warna standar 7 inci baru dengan integrasi Apple CarPlay® & Android Auto™
- Tersedia layar sentuh warna HD 9 inci baru dengan integrasi Apple CarPlay® & Android Auto™ nirkabel
- Sistem suara premium pertama di Honda Civic Bose dengan 12 speaker (Touring)
- Pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan Qi (Touring)
- Arsitektur yang ditingkatkan dan body lebih kuat
- Mesin 1.500cc lebih bertenaga dan hemat bahan bakar
- Suspensi dan setir yang diperbarui untuk handling dan pengendaraan yang lebih baik
- Airbag depan baru yang inovatif dirancang untuk mengurangi cedera otak dan leher yang traumatis
- Airbag samping kursi belakang pertama di Honda Civic
- Sistem Honda Sensing® yang diperbarui dengan kamera pandangan lebar depan baru, ditambah Bantuan Kemacetan Lalu Lintas baru dan Kontrol Pengereman Kecepatan Rendah (Touring)
Struktur tubuh HondaCivic generasi ke-11 adalah yang paling kaku dalam sejarah Honda Civic, dengan peningkatan 8 persen dalam kekakuan torsional dan peningkatan 13 persen dalam kekakuan lentur dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Struktur yang lebih kaku mendukung peningkatan berkendara, handling, dan NVH.
Struktur Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™) Honda generasi berikutnya dirancang untuk memenuhi standar tabrakan saat ini dan yang diantisipasi di masa depan sambil meminimalkan bobot tambahan. Hal ini dicapai dengan penggunaan material ringan secara ekstensif, seperti aluminium dan berbagai tingkatan baja berkekuatan tinggi, serta aplikasi perekat struktural yang diperluas.
Body baru yang lebih kaku juga mengurangi transmisi kebisingan jalan dan angin untuk menciptakan lingkungan berkendara yang lebih santai.
All-new Honda Civic 2022 akan dijual dalam 2 pilihan mesin 4-silinder hasil revisi yang terdiri dari:
- 2.000cc bertenaga 158 HP pada 6.500 rpm (SAE net) dan bertorsi 187 Nm pada 4.200 rpm (bersih SAE). Sebagian berkat sistem idle-stop standar baru dan desain konverter katalitik baru, efisiensi bahan bakar dan emisi meningkat secara nyata. CVT yang direvisi meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan menggunakan pompa hidraulik elektrik lebih kuat yang mengurangi beban pada pompa mekanis, dan poros sekunder ball-bearing untuk mengurangi gesekan. Transmisi telah diprogram untuk memberikan perpindahan gigi lebih awal selama pengereman dan dilengkapi dengan program Step-Shift yang direvisi di mana mensimulasikan perpindahan gigi fisik di bawah akselerasi yang keras.
- Selanjutnya adalah mesin 1.500cc turbo bertenaga 180 HP pada 6.000 rpm (SAE bersih) dan bertorsi 240 Nm pada 1.700 hingga 4.500 rpm (SAE net) pada bensin oktan 87, naik 6 hp dan 20 Nm dari model tahun lalu. Berbagai pengukuran berkontribusi pada peningkatan peringkat penghematan bahan bakar, termasuk pipa turbo baru yang lebih efisien dan penambahan Variable Timing dan lift Electronic Control (VTEC®) ke katup buang. CVT memiliki peningkatan kinerja konverter torsi, sementara juga mengadopsi program Step-Shift yang telah direvisi.
Honda Sensing yang dimiliki oleh all-new Honda Civic 2022 memiliki Traffic Jam Assist, dan sistem berbasis kamera baru yang meningkatkan fungsionalitas, seperti aplikasi rem lebih alami dan reaksi lebih cepat saat menggunakan Adaptive Cruise Control (ACC). Ini juga memiliki aksi kemudi yang lebih linier dan alami saat menggunakan Lane Keeping Assist System (LKAS). Dengan tambahan delapan sensor sonar, untuk pertama kalinya di Honda Civic menghadirkan fitur Low-Speed Braking Control, serta pencegah kesalahan start maju dan mundur. ##