Jakarta — Sebagai penantang di segmen Compact SUV, Mitsubishi XForce 2024 punya sejumlah fitur yang tidak dimiliki dan mengungguli lawan-lawannya Honda HR-V, Hyundai Creta dan Toyota Yaris Cross.
Pertama, fitur Active Yaw Control (AYC). Fitur ini mengatur tenaga pada roda depan kiri dan kanan untuk meningkatkan pengendalian, kontrol traksi yang mengontrol ban tergelincir, kontrol mesin, dan kontrol power steering, saat mobil menikung.
“AYC memastikan mobil bereaksi sesuai kemauan pengemudi saat menikung. AYC meningkatkan keamanan saat menikung, di mana secara optimal mengontrol rem dan ban sehingga lebih aman pada saat menikung,” ungkap Product Appeal Evaluation Departement Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Shinji Suzuki.
Fitur AYC telah diadopsi oleh sejumlah mobil Mitsubishi Motors termasuk Eclipse Cross, Xpander Cross sejak tahun 2022, Mitsubishi Triton sejak 2023.
Kedua, Mitsubishi XForce 2024 memiliki 4 mode berkendara “Normal”, “Wet”, “Gravel” dan “Mud”. Mode berkendara “Wet” atau “Basah” untuk pertama kalinya diadopsi oleh Mitsubishi Motors. Mode Basah meningkatkan kemampuan menikung dan stabilitas di lintasan basah ketika hujan sehingga mengurangi kemungkinan kehilangan kendali kemudi. Mode “Wet”, “Gravel” dan “Mud” tidak dimiliki oleh para kompetitor.
Ketiga, ground clearance tertinggi di kelasnya. Dengan diameter ban 18″, ground clearance Mitsubishi XForce tertinggi di kelasnya (185 – 210 mm). Tentu saja ini lebih menguntungkan dibandingkan lawan-lawannya ketika menghadapi kubangan atau gundukan yang sama.
Keempat, Mitsubishi XForce punya sudut pendekatan (approach angle) dan sudut keberangkatan (departure angle) terbaik di kelasnya, sebesar 21,0 derajat dan 30,5 derajat. Itu memberikan pengemudi rasa percaya diri saat melewati tepi trotoar.
Kelima, radius putarnya pun salah satu yang terbaik di kelasnya dengan 5,2 meter. Hal ini memudahkan pengemudi melakukan putaran U.
Selain 5 fitur unggulan di atas, XForce masih punya beberapa ‘senjata’ lain yang menguntungkan para pemiliknya.
Ukuran tubuhnya memang compact (padat), namun dia menawarkan ruang interior lapang yang memungkinkan seluruh penumpang bersantai selama berada di dalam. Untuk kursi-kursi depan, ruang duduk kelas atas termasuk area bahu yang luas telah diamankan untuk meningkatkan kenyamanan. Selain itu, kursi-kursi memberikan dukungan dan kenyamanan, sehingga mencegah pergerakan tubuh ke samping dalam situasi seperti ubahan jalur dan jalan kasar, sekaligus memungkinkan penumpang untuk bersantai dengan nyaman bahkan dalam kemacetan lalu lintas.
Untuk kursi belakang, MMC menciptakan ruang yang memungkinkan pengendaraan nyaman bahkan dengan tiga penumpang. Dengan memastikan ruang duduk yang terbaik di kelasnya, kursi belakang memiliki ruang kaki luas untuk memberikan kenyamanan bahkan dengan tiga penumpang. Terlebih lagi, dengan delapan tingkat penyesuaian sandaran, kursi dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan, mulai dari sudut yang memungkinkan penumpang untuk bersantai, hingga sudut memaksimalkan daya angkut kargo.
Interior Xforce 2024 menampilkan Display Audio Smartphone-link 12,3 inci guna memancarkan nuansa modern dan memberikan lingkungan berkendara nyaman. Dengan fungsi multi-widget, layar dibagi menjadi tiga bagian untuk menampilkan berbagai informasi dalam satu layar. Layar multimeter mengingatkan kita kepada tiga meter Mitsubishi Pajero legendaris, dan menggabungkan informasi termasuk ketinggian, sudut kemiringan, dan arah untuk meningkatkan kenikmatan berkendara. Fitur-fitur lainnya termasuk fungsi skor mengemudi yang pertama kali dikembangkan oleh Mitsubishi Motors bersama Hiroshi Masuoka, mantan pembalap juara Reli Dakar dua kali.
Dan, di SUV 5-seater inilah perdana di mobil MMC terdapat WebLink™ yang menghubungkan antara pengguna dengan smartphone dan memproyeksikan aplikasi pada layar besar.
Tampilan driver digital dengan jelas menampilkan berbagai macam konten di layar besar. Saat pengemudi mengganti mode berkendara, grafik yang menunjukkan mode yang dipilih akan ditampilkan di tengah layar, sehingga memudahkan untuk memilih mode berkendara secara intuitif bahkan saat mengemudi. Tergantung pada preferensinya, pengemudi juga dapat memilih apakah layar menampilkan informasi dalam mode yang disempurnakan dengan nuansa mutakhir atau dalam mode klasik menggunakan pengukur (meter) mirip analog.
Kenyamanan semua penumpang dijamin oleh sistem suara yang dikembangkan oleh MMC dan Yamaha, Dynamic Sound Yamaha Premium. Sistem ini terdiri dari delapan speaker, dengan tweeter depan pada pilar A di kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker koaksial dua arah di pintu belakang. Untuk memaksimalkan kinerja speaker, sejumlah langkah telah diambil oleh para insinyur untuk mengoptimalkan kualitas suara di dalam mobil. Dengan volume dan kualitas suara yang menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan, para penumpang dapat menikmati mid dan high range yang terdefinisi dengan baik serta bass dinamis bahkan di jalankasar. Sistem suaranya juga menawarkan empat jenis suara yang dapat dipilih sesuai selera musik dan suasana hati – Lively (pengaturan pabrik), Signature, Powerful, dan Relaxing.
Terakhir, sebagai sebuah SUV, XForce dipersenjatai dengan mesin bertenaga namun irit bensin. Jantung mekanis 4A91 1,499cc, 4-silinder, 16-katup, MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system), memuntahkan tenaga 104,7 HP pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm, yang disalurkan ke semua roda depan via transmisi CVT.
“Selain memastikan memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah compact SUV, kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami ke dalam pengembangan XForce untuk menghadirkan kegembiraan
berkendara sehari-hari bagi para pelanggan kami,” ungkap Takao Kato, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation.
Menurutnya XForce dikembangkan untuk menjawab kebutuhan para pengemudi di ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini.
Dengan semua fitur dan keunggulan di atas, XForce yang diluncurkan pada Agustus 2023 langsung mendapat tanggapan positif di Indonesia. Penjualannya melebihi 2.700 unit hingga Desember tahun lalu.
Harga XForce 2024 dari Rp 379.000.000,00 (tipe Exceed) – Rp 412.900.000,00 (tipe Ultimate). Semuanya merupakan harga on-the-road DKI Jakarta. ##