Jerman – Pengujian independen dilakukan di Jerman pada truk flagship Volvo. Hal ini dilakukan setelah kebaruan Volvo FH disematkan I-Save, menunjukkan mampu lebih irit bahan bakar 18% berbanding pengujian empat tahun lalu.
Pengujian Volvo FH berteknologi I-Save ini dilakukan oleh majalah Trucker di Jerman. Adapun lebih spesifik unitnya yang dites adalah Volvo FH 460 dengan I-Save menempuh jarak yang terbilang jauh hingga 343 km di jalan umum, termausk jalan tol, jalur perbukitan dan jalanan sempit.
Helena Alsiö, Vice President Powertrain Product Management di Volvo Trucks menyatakan bahwa dampak dari disematkkanya I-Save, menggunakan peningkatan lanjutan di mesin turbo compound, perangkat lunak baru yang lebih cerdas, dan aerodinamika yang disempurnakan, menambah penggunaan bahan bakar yang sangat efisien.
“Tes independen ini adalah bukti kuat lebih lanjut dari dampak besar dan positif I-Save terhadap konsumsi bahan bakar,” yakin Helena Alsiö.
Jalur dan tehnik yang sama dipakai pada tahun 2018, untuk membandingkan setelah disematkannya teknologi I-Save di Volvo FH. Setidaknya 18% penggunaan bahan bakar kombinasi diesel dan AdBlue, rata-rata konsumsi bahan bakarnya 21,48 L/100 km atau setara 4,6 km/liter.
Adanya pencampuran AdBlue diyakini memberikan dampak terhadap efisiensi bahan bakar di Volvo FH 460. Oh iya, AdBlue merupakan cairan diesel exhaust fluid (DEF) yang mengandung urea dan air yang dipurifikasi, dan sudah mendapat paten dari German Association of the Automobile Industry (VDA).
“Total penggunaan bahan bakar yang telah dicampurkan antara bahan bakar diesel dan AdBlue, menjadi hal penting dalam biaya kepemilikan. Kami tentunya tetap fokus pada biaya bahan bakar serendah mungkin,” tambah Alsiö.
Meskipun Volvo Trucks memiliki tujuan bahwa tahun 2030 dalam penjualan truk globalnya akan dihadirkan sebanyak mungkin pilihan truk bertenaga listrik. Namun, mesin diesel saat ini masih memberikan peranan penting untuk terus dikembangkan bisa menekan kadar emisi gas buang.
Hal tersebut ditunjukkan dengan dihadirkannya terobosan teknologi I-Save yang memang bertujuan menekan kadar emisi gas buang di Volvo FH. Mesin Turbo Compound yang telah teruji digunakan di HVO100, merupakan pembaruan bahan diesel racikan hydrogenated vegetabel oils yang bisa menekan kadar emisi gas buang sangat banyak.
Sekilas tentang pengujian Volvo FH 460, melibatkan jurnalis Trucker dan VerkehrsRundshau yakni Jan Burgdorf. Total jarak tempuhnyua mencapai 343 km. Rute yang juga digunakan oleh manufaktur lain dengan berbagai kondisi dengan total bobot kendaraan 32 ton. Kecepatan yang disesuaikan melalui cruise control adalah 85 km/jam.
Kendaraan yang diuji adalah Volvo FH 460 dengan I-Save, generasi ketiga sudah standar emisi gas buang Euro 6. Perihal mesinnya berkapasitas 13.000 cc disokong Volvo Turbo Compound, D13TC, memungkinan dilakukan dengan mesin putaran rendah dan gigi tinggi untuk perjalanan jauh.