GOTHENBURG — Guna meningkatkan keselamatan, Volvo Trucks telah menyempurnakan sistem kemudi dinamis (dynamic steering system) dengan sebuah fungsi baru yang dapat mendeteksi ledakan ban dan segera mengambil tindakan untuk menjaga truk tetap aman di jalan. Sistem ini mereduksi gaya samping yang dapat ditimbulkan oleh hilangnya tekanan udara ban secara tiba-tiba saat ban kempes.
Fungsi baru ini menambah daftar manfaat Volvo Dynamic Steering, misalnya menurunkan gaya kemudi yang dibutuhkan pada kecepatan rendah hingga 75% – manfaat utama bagi pengemudi truk karena mengurangi stress dan ketegangan saat menghabiskan waktu berjam-jam di kursi pengemudi.
Ketika ban depan meletus, tusukan awal dan udara yang keluar biasanya menyebabkan roda-roda depan berputar dan kendaraan miring yang akan membuat kendaraan menyimpang dari jalurnya. Tanpa sistem pendukung apa pun, pengemudi harus segera memegang kendali kemudi untuk menghindari kecelakaan, namun statistik menunjukkan bahwa ini adalah situasi yang sangat sulit untuk ditangani.
Volvo Dynamic Steering dapat membantu pengemudi menjaga truk tetap di jalur. Jika sistem mendeteksi ban depan kempes, sistem tidak menunggu gejala terjadi.
Volvo Dynamic Steering System tidak hanya mendukung situasi darurat seperti ban bocor, tetapi juga membantu pengemudi mempertahankan manuver yang efektif, kontrol kemudi, dan stabilitas dalam berbagai kecepatan dan kondisi jalan.
Mengemudi truk dapat menjadi penyebab bahaya pekerjaan jangka panjang dalam bentuk ketegangan fisik dan kelelahan pengemudi, terutama pada leher, punggung, dan bahu pengemudi. Hal ini disebabkan oleh duduk berjam-jam di satu tempat, terpapar getaran, dan harus terus-menerus melakukan penyesuaian kecil pada kemudi karena kondisi jalan yang berbeda. Volvo Dynamic Steering mengurangi tingkat getaran dan dapat menyesuaikan kemudi dengan kondisi jalan yang berbeda.
“Ban kempes dapat dengan mudah menyebabkan truk tiba-tiba berbelok ke samping dan akibatnya bisa fatal. Inovasi ini meningkatkan keselamatan pengemudi dan pengguna jalan di sekitarnya serta menjadikan sistem Kemudi Dinamis Volvo kami lebih baik dari sebelumnya,” kata Anna Wrige Berling, Direktur Keselamatan Lalu Lintas, Volvo Trucks.
Volvo Dynamic Steering dirancang untuk:
- Mendeteksi dan mengurangi gerakan kemudi yang tidak disengaja
- Secara otomatis mengimbangi ketidakrataan di permukaan jalan dan menghilangkan getaran
- Mendeteksi kecenderungan selip dan secara otomatis memberikan bantuan kemudi berlawanan arah yang ringan untuk membantu menstabilkan kendaraan
- Mendeteksi keluar jalur dan memberikan peringatan kemudi berlawanan arah yang lembut dan getaran kepada pengemudi
- Meringankan stress dan ketegangan pada punggung, leher, dan bahu pengemudi dengan mengurangi kebutuhan untuk penyesuaian dan koreksi kemudi yang berkelanjutan
Volvo Dynamic Steering yang ditingkatkan tersedia untuk model Volvo FH, FH Aero, FMX, dan FM. Sistem ini sendiri diluncurkan perdana pada tahun 2013. ##