HAMAMATSU — Masih banyak orang menganggap Suzuki santai dalam mobil listrik. Namun, Suzuki telah bergabung dengan Inmotive untuk mengembangkan transmisi 2-speed mobil listrik Suzuki.
Inmotive didirikan pada 2010 di Toronto, Kanada. Mereka mengembangkan transmisi 2-speed Ingear™, teknologi yang ringan, kompak, dan efisien untuk meningkatkan kinerja unit powertrain mobil listrik. Inmotive bertujuan untuk mempercepat evolusi global menuju mobilitas nol emisi yang terjangkau dan memainkan peran penting dalam mitigasi perubahan iklim.
Dengan perjanjian pengembangan bersama untuk transmisi 2-speed mobil listrik, Suzuki yakin dapat memperluas jangkauan kendaraan listrik melalui penggunaan torsi motor yang efisien sekaligus menurunkan biaya karena menggunakan unit powertrain listrik lebih kecil dan meningkatkan performa berkendara di berbagai skenario pengendaraan.
Suzuki akan terus membangun hubungan dengan banyak perusahaan yang memiliki teknologi unik, untuk mempercepat pengembangan mobilitas generasi mendatang dan menyediakan berbagai solusi transportasi yang bermanfaat bagi manusia dan masyarakat.
Inmotive telah memiliki hak paten transmisi 2-speed untuk kendaraan listrik (EV). Pada akhir April 2020, mereka, bahkan, mendapatputaran pendanaan Seri A USD 7,5 juta.
Sebagian besar mobil listrik di pasaran saat ini memiliki transmisi 1-speed. Biasanya, ada dua roda gigi reduksi heliks (helical reduction gears) antara motor dan roda. Motor berputar sekitar sembilan kali untuk setiap putaran roda-roda (wheels).
Teknologi ingear mengganti gigi reduksi kedua dengan penggerak rantai kontinu dan sproket morphing (berubah) inovatif yang mengubah ukuran selama perpindahan gigi. Seluruh pergeseran terjadi selama satu putaran roda-roda.
Untuk berpindah, aktuator mengarahkan segmen roda gigi luar masuk atau keluar dari jalur rantai, sementara kecepatan motor disesuaikan dengan hati-hati sehingga perpindahan hampir tidak terlihat dan dapat diselesaikan hanya dalam waktu 19 milidetik.
Dikombinasikan dengan rantai dan penegang rantai, Ingear menyediakan rasio roda gigi 2:1 atau serupa. Rantai yang sangat efisien selalu dijaga sejalan dengan sproket morphing
Gigi rendah digunakan untuk memindahkan mobil dari posisi start hingga setengah kecepatan jalan bebas hambatan (highway). Gigi tinggi digunakan untuk mengemudi dengan kecepatan lebih tinggi. Dengan memungkinkan motor listrik beroperasi lebih efisien, lebih banyak daya baterai digunakan untuk menggerakkan mobil, dan lebih sedikit yang terbuang sebagai panas motor dan transmisi. Lebih sedikit pemborosan berarti lebih banyak jangkauan dari setiap pengisian daya.
Kita tunggu seperti apa mobil listrik Suzuki dengan transmisi 2-speed ini. ##