Selasa, Juli 1, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Toyota Janji Kijang akan Kian Canggih dan Ramah Lingkungan

by admin
Juni 12, 2022
Toyota Kijang

Generasi VI Toyota Kijang

Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA — Perjalanan atau sejarah Toyota Kijang Innova dimulai dari program Pemerintah Republik Indonesia tentang Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS), pada awal tahun 1970-an. Pemerintah menginginkan ada kendaraan-kendaraan dengan harga terjangkau yang bisa dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat dalam menunjang pembanguan pada masa itu.

Pada saat bersamaan, Toyota sudah mengidentifikasi adanya kebutuhan kendaraan komersial serbaguna berharga terjangkau di negara berkembang dengan menginisiasi project Basic Utility Vehicle (BUV) pada 1972. Setelah melalui serangkaian proses, lahirlah Toyota Kijang pada 9 Juni 1977.

Nama Kijang dipilih karena dianggap sesuai dengan konsep KBNS dan BUV, yaitu kendaraan yang ‘lincah dan gesit’.

Baca Juga :

Review Suzuki Fronx Hybrid

Kejutan Mazda Indonesia di GIIAS 2025, akan rilis 2 model

Keren, Tesla mulai kirim mobil tanpa sopir ke pelanggan

Kendaraan ini memiliki ciri-khas tersendiri yaitu posisi mesin di depan, sehingga memiliki ‘hidung’ alias bonnet lebih aman ketimbang model-model pick-up bermesin di bawah jok duduk depan, serta lebih nyaman karena tidak ada gangguan panas dan suara mesin.

Toyota Kijang Pickup
Generasi I Toyota Kijang

Keunggulan tersebut mendorong Toyota untuk memproduksi Toyota Kijang tipe cab berlantai sebagai platform karoseri yang menjadi basis minibus.

Generasi kedua dilahirkan pada 1981 dan menjadi tonggak bersejarah dimulainya era Toyota Kijang sebagai mobil penumpang.

Generasi ketiga atau ‘Kijang Super’ dimulai 1986. Kijang Super tampil lebih modern, dengan proses manufaktur lebih canggih yang diberi nama Full Pressed Body (FPB) sehingga memiliki kualitas lebih baik. Toyota Kijang Super kembali mendapatkan improvement terkait proses perakitan bebas dempul dengan nama Toyota Original Body (TOB) pada 1992. Sebagai minibus bercitarasa sedan, Kijang Super begitu diminati keluarga Indonesia.

Toyota Kijang mengalami evolusi besar pada desain dan semakin mengukuhkan posisinya sebagai mobil keluarga Indonesia dengan kedatangan generasi keempat ‘Kijang Kapsul’ tahun 1997. Semangat Genchi Genbutsu membuat Toyota selalu ingin memberikan produk terbaik sesuai kebutuhan keluarga Indonesia dan tuntutan zaman yang selalu berkembang secara dinamis. Survey dan riset langsung ke lapangan membawa kesimpulan untuk menghadirkan Kijang baru dengan fokus kepada kendaraan penumpang ketimbang niaga.

Seiring dengan rekam jejaknya yang sukses membentuk pasar domestik, Toyota di Indonesia mendapat kepercayaan menjadi pusat pengembangan model MPV bersamaan dengan program IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang sedang berjalan.

Program IMV melahirkan generasi kelima pada 2004 dengan sematan nama baru yaitu Kijang Innova, yang menjadi Kijang pertama yang focus hanya sebagai kendaraan penumpang dilengkapi dengan berbagai inovasi dan teknologi canggih. Citra Toyota Innova sebagai kendaraan premium mulai terbentuk dalam memenuhi kebutuhan mobilitas kalangan menengah.

Pada 2015 Toyota Innova generasi kedua meluncur dengan mempertahankan DNA aslinya yakni durable, comfortable, dan peace of mind. Pada 2017, Toyota meluncurkan varian Innova Venturer yang dilengkapi dengan tambahan fitur dan aksesoris premium.

Dan, di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Toyota memamerkan mobil listrik konsep Toyota Kijang Innova EV Concept.

Dengan sejarah Toyota Kijang yang panjang, sejak diluncurkan pada 1977, total penjualan mencapai 2 juta unit.

“Selama 45 tahun, sebagai karya anak bangsa Toyota Kijang berhasil tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Dengan total penjualan melampaui 2 juta unit, mobil ini membuktikan diri sebagai model multi-era yang dapat diterima oleh keluarga Indonesia berkat kemampuannya memahami kebutuhan pasar dan beradaptasi dengan perubahan trend dan teknologi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Di masa depan, Henry menambahkan, Toyota Kijang akan terus dihadirkan ke pasar Indonesia supaya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang mengutamakan citarasa premium dan eksklusif sebuah MPV keluarga, serta dilengkapi inovasi teknologi maju dan ramah lingkungan. **

Tags: KIJANG INNOVASEJARAH INNOVASEJARAH TOYOTA KIJANGToyotaToyota InnovaToyota Kijang
Previous Post

Yamaha Hadirkan Program dan Promo Menarik di PRJ 2022

Next Post

Ini Daftar Harga, Fitur dan Spesifikasi Ertiga Hybrid

Related Posts

Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
Mazda Indonesia
Berita

Kejutan Mazda Indonesia di GIIAS 2025, akan rilis 2 model

Juli 1, 2025
Tesla Model Y
Berita

Keren, Tesla mulai kirim mobil tanpa sopir ke pelanggan

Juli 1, 2025
Adira Finance dan Mandala Finance
Berita

Adira Finance dan Mandala Finance akan resmi merger per 1 Oktober 2025

Juli 1, 2025
GAC AION UT 2025 segera diluncurkan pada GIIAS 2025
Berita

Incar Segmen Hatchback EV, AION UT akan meluncur di GIIAS 2025

Juni 30, 2025
BAIC BJ30 Hybrid
Berita

BAIC BJ30 Hybrid mulai belah Jakarta

Juni 30, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.