Selasa, Oktober 21, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Toyota Eco Youth terus stimulus generasi muda cinta lingkungan

by Indra Prabowo
Agustus 28, 2025
Toyota Eco Youth 2025

Toyota Eco Youth 2025

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta — Indonesia memiliki masa depan yang cerah bukan omong kosong. Itu tercermin dari semakin tingginya tingkat kesadaran generasi muda terhadap lingkungan.

Menurut Toyota, generasi muda Indonesia terus menunjukkan kontribusi mereka via berbagai inovasi bagi kelestarian alam dan masa depan yang lebih hijau.

Dalam kurun waktu hampir dua dekade, produsen otomotif terbesar dunia ini sendiri secara konsisten mengajak generasi muda lebih peduli lingkungan dengan program Toyota Eco Youth (TEY), di mana tahun ini memasuki pelaksanaan ke-13. TEY telah menjadi panggung bagi generasi muda untuk menjawab tantangan lingkungan dengan ide-ide segar dan aksi nyata. Dari pengelolaan sampah hingga inovasi energi terbarukan, setiap proposal Eco-Project bukan sekadar gagasan melainkan langkah konkret menuju masa depan yang lebih hijau.

Baca Juga :

Konsumsi BBM Chery C5 CSH terungkap

Chery Brand Night 2025, langkah perusahaan mendengarkan para pelanggan dunia

Maxus Indonesia mulai kirim MIFA 7 dan 9 rakitan lokal ke para pelanggan

Partisipasi aktif pelajar SMA/sederajat dalam Toyota Eco Youth 2025 memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki masa depan cerah yang didukung oleh generasi muda yang mumpuni. Sejak penyelenggaraan TEY pertama hingga ke-13, program ini konsisten mengusung inisiatif lingkungan mulai dari sekolah hingga masyarakat sekitar serta meningkatan kesadaran bersama dalam melestarikan lingkungan. Kegiatan ini juga sejalan dengan komitmen
dan upaya Pemerintah Indonesia dalam menargetkan pencapaian Net Zero Emission pada tahun 2060.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, Toyota Eco Youth (TEY) telah melibatkan 2.033 sekolah dari 34 provinsi dengan total 9.972 proposal Eco-Project inovasi lingkungan, di mana 232 ide berhasil diwujudkan. Selain itu, TEY juga telah menghadirkan Eco-Gallery di 32 sekolah di seluruh Indonesia sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk memahami dan menerapkan berbagai isu serta solusi terkait lingkungan.

Pada Toyota Eco Youth 2025, sebanyak 338 sekolah mengirimkan 1.125 proposal Eco-Project, dan 25 ide terbaik terpilih sebagai para finalis. Mereka mendapat pendampingan daring maupun langsung dari komite serta jajaran Direksi Toyota Indonesia sebelum karyanya diseleksi dewan juri.

“Generasi muda adalah kunci masa depan Indonesia, pembawa inovasi dan semangat untuk mewujudkan negeri yang lebih hijau dan berkelanjutan. Kami berharap program ini terus menginspirasi gerakan kepedulian lingkungan di kalangan pelajar serta berkontribusi bersama masyarakat mendukung target netralitas karbon pemerintah. Bersama semangat para pemimpin muda, mari kita wujudkan ekosistem hijau yang lestari bagi generasi kini dan mendatang untuk masa depan kehidupan yang lebih baik,” ucap Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto.

Proposal Eco-Project TEY ke-13 terbagi dalam lima kategori utama: energi, sampah, udara, air, dan lainnya. Mengusung tema “ECOActivism – Saatnya Beraksi Jaga Bumi”, program ini mendorong aksi nyata untuk mengurangi jejak karbon demi masa depan yang bersih dan lestari. Rangkaian kegiatan dimulai dengan Kick Off dan sosialisasi, yang membekali peserta dengan metode penyusunan proposal Eco-Project, teknik komunikasi efektif, serta pemahaman isu strategis seperti Circular Economy, Sustainability, Kolaborasi, Pemberdayaan Diri, dan Dekarbonisasi.

“Melalui Toyota Environmental Challenge 2050 dan pendekatan Multi-Pathway, kami berkomitmen mewujudkan mobilitas berkelanjutan secara bertahap dan inklusif. Tidak hanya menyediakan teknologi ramah lingkungan, Toyota juga mengajak masyarakat melalui berbagai inisiatif seperti salah satu contohnya Toyota Eco Youth (TEY) untuk bersama-sama berkontribusi dalam mencapai netralitas karbon. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi ide-ide kreatif dan inovatif para finalis yang dapat berkontribusi nyata dalam menurunkan emisi karbon dan menjaga lingkungan,” ucap Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda.

Senin lalu (25/08), SMA Negeri 1 Matauli Pandan ditetapkan sebagai Pemenang TEY ke-13 dengan proposal Eco-Project terbaik, sekaligus menandai tonggak baru gerakan pelestarian lingkungan di Indonesia. Mengusung proposal Eco-Project berjudul Pemanfaatan Kandungan Kitosan Pada Limbah Cangkang Kepiting di Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Metode Ekstraksi untuk Menghasilkan Energi Listrik sebagai pemenang TEY Ke-13. SMA Negeri 1 Matauli Pandan menerima hadiah Rp100 juta untuk mendukung kelanjutan proyek.

Selain kompetisi utama Eco Project, pada perhelatan kali ini Toyota Eco Youth juga menyelenggarakan Side Competition dengan tema “Toyota Eco Youth Mencari Jurnalis Muda”. Terdapat dua kategori dalam kompetisi ini, yaitu Pop Writing yakni lomba penulisan populer, dan Creative Video, yaitu lomba pembuatan video kreatif.
Side competition ini berhasil menjaring 496 karya tulis dan 159 video dari seluruh Indonesia.

Antusiasme yang tinggi ini mencerminkan semangat serta keinginan besar dari para pelajar tingkat SMA/sederajat untuk berpartisipasi dalam Toyota Eco Youth ke-13, melalui bidang yang sesuai dengan minat dan keahlian masing-masing. ##

Tags: ToyotaToyota Eco YouthToyota Eco Youth 2025
Previous Post

Nissan X-Trail e-Power Menyapa Warga Jawa Timur

Next Post

Mitsubishi All-New Destinator: SUV Premium Tujuh Penumpang untuk Keluarga Petualang

Related Posts

Chery C5 CSH
Berita

Konsumsi BBM Chery C5 CSH terungkap

Oktober 21, 2025
Chery Brand Night 2025
Berita

Chery Brand Night 2025, langkah perusahaan mendengarkan para pelanggan dunia

Oktober 20, 2025
MAXUS MIFA
Berita

Maxus Indonesia mulai kirim MIFA 7 dan 9 rakitan lokal ke para pelanggan

Oktober 20, 2025
Chery Tiggo 9
Berita

Tingkat keselamatan Chery Tiggo 9 sangat tinggi, inilah buktinya

Oktober 19, 2025
Chery T1TP
Berita

Chery T1TP akan bikin Fortuner dan Pajero Sport pusing

Oktober 18, 2025
Chery Tiggo 9 CSH
Berita

Chery sukses buktikan TIGGO 9 CSH bisa jangkau 1.403 kilometer tanpa isi bensin

Oktober 18, 2025

TERBARU

Chery C5 CSH
Berita

Konsumsi BBM Chery C5 CSH terungkap

Oktober 21, 2025
Chery Brand Night 2025
Berita

Chery Brand Night 2025, langkah perusahaan mendengarkan para pelanggan dunia

Oktober 20, 2025
MAXUS MIFA
Berita

Maxus Indonesia mulai kirim MIFA 7 dan 9 rakitan lokal ke para pelanggan

Oktober 20, 2025
Chery Tiggo 9
Berita

Tingkat keselamatan Chery Tiggo 9 sangat tinggi, inilah buktinya

Oktober 19, 2025
Chery T1TP
Berita

Chery T1TP akan bikin Fortuner dan Pajero Sport pusing

Oktober 18, 2025
Chery Tiggo 9 CSH
Berita

Chery sukses buktikan TIGGO 9 CSH bisa jangkau 1.403 kilometer tanpa isi bensin

Oktober 18, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Citroen C3 Aircross
Berita

Citroen C3 Aircross SUV jadi pilihan menarik di kelas Rp300 jutaan

Oktober 13, 2025
Chery Tiggo 9 CSH AWD
Berita

Chery Tiggo 9 CSH AWD mobil all-in-one untuk keluarga

Oktober 12, 2025
XPENG G6 Pro
Berita

Nikmatnya mengendarai XPENG G6 Pro Jakarta-Bandung

Oktober 2, 2025
aion ut
Berita

Review Aion UT, mobil listrik pertama keluarga

September 23, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.