Kamis, Juli 31, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Tips Perawatan Mobil Selama PPKM Darurat

by Indra Prabowo
Juli 21, 2021
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA – Sejak 3-25 Juli 2021 Pemerintah menerapkan PPKM Darurat untuk Jawa dan Bali. Kebijakan ini membuat mobilitas masyarakat terbatas.

Untuk itulah kita perlu merawat mobil selama PPKM Darurat. Menurut Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mobil yang lama tidak dipakai tetap memerlukan perhatian dan perawatan. Beberapa metode perawatan dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah.

“Selain mudah dilakukan, merawat mobil di rumah juga bermanfaat untuk menjaga kinerja mobil dan mengisi waktu melalui kegiatan yang positif,” ujarnya.

Baca Juga :

BYD Atto 1 mumpuni menunjang mobilitas perkotaan

Harga Seres 3 diumumkan

Citroen C3 Sport, hatchback untuk gaya hidup aktif

Berikut adalah 9 kiat ringan merawat mobil yang patut dicoba di rumah:

  1. Memanaskan mesin secara teratur. Mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik, terutama bagian mesin. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin dengan rentang beberapa hari sekali. Kegiatan ini juga dapat dilakukan sambil memastikan kondisi lainnya seperti suara maupun getaran yang ditimbulkan agar bisa mendeteksi lebih dini bila ada kejanggalan.
  2. Periksa kebersihan area ruang mesin. Meskipun sudah dilengkapi kap mesin sebagai bagian pelindung area ruang mesin, namun sering kali bisa kita dapati adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain. Kondisi yang kotor seperti itu lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin. Maka, sebaiknya periksa keadaan sekitar area ruang mesin dan bersihkan jika perlu.
  3. Amati keadaan di area bawah mobil. Bagian yang jarang terpantau seperti area bawah mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Cara termudah adalah dengan mengamati sisi lantai tempat mobil terparkir, terutama di bagian bawah ruang mesin. Jika tidak ada tetesan cairan yang jatuh ke lantai seperti pelumas mesin, minyak rem, radiator coolant, atau cairan lain artinya mobil dalam kondisi yang baik. Namun, jika terdapat tetesan pastikan terlebih dahulu jenis cairannya dan segera konsultasikan kepada pihak bengkel resmi.
  4. Rotasikan ban dalam jarak dekat. Mobil yang terlalu lama terparkir memiliki beban yang harus ditanggung oleh keempat ban, sehingga bisa memunculkan masalah seperti tire flat atau permukaan ban yang rata pada salah satu sisi saja. Menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika pemilik mobil meluangkan waktu untuk mengendarai mobilnya di sekitar tempat tinggal dengan jarak yang pendek. Ban mobil pun akan terotasi dengan baik dan mudah.
  5. Perhatikan lokasi parkir. Memberi perlindungan bagi mobil kesayangan tidak hanya dilakukan untuk bagian mesin dan roda saja, namun juga pada bagian eksterior yang memiliki porsi sangat besar terhadap visual kendaraan. Langkah utama adalah pemilihan lokasi parkir yang aman, misalnya menghindari parkir di bawah pohon. Meski teduh, pohon bisa mengakibatkan risiko seperti meneteskan getah yang lengket hingga ranting jatuh, sehingga menimbulkan lecet pada cat mobil.
  6. Cuci bagian eksterior. Mobil yang sedang terparkir di rumah juga bisa terpapar debu ataupun kotoran. Oleh karena itu, cucilah bagian eksterior mobil secara Selain itu, segera hilangkan bekas kotoran atau getah yang menempel. Dengan demikian, tampilan cat mobil akan terjaga dengan baik dan menarik untuk dilihat.
  7. Jaga kebersihan dan kesegaran ruang interior. Kebersihan dan kesegaran aroma ruang kabin sangat menunjang suasana hati yang positif saat berkendara. Setelah membersihkan eksterior, sebaiknya bagian interior turut dijaga dengan cara membuang sisa sampah yang tersisa di dalam mobil, membersihkan panel interior, dan jika perlu sedot debu menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Penyemprotan kabin menggunakan cairan disinfektan setelah bepergian juga diperlukan saat ini terutama untuk memberikan rasa aman dan nyaman.
  8. Pastikan bahan bakar pada kapasitas yang cukup. Biasakan untuk meninggalkan mobil dalam kondisi kapasitas bahan bakar yang cukup, seperti setengah dari kapasitas maksimum tangki bahan bakar. Hal tersebut akan bermanfaat jika sewaktu-waktu mobil hendak dipakai, maka tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan lebih lama hanya karena harus mengisi ulang bahan bakar terlebih dahulu.
  9. Catat dan hubungi nomor darurat. Kejadian tak terduga bisa muncul kapan saja, sehingga sebagai pemilik mobil perlu untuk mencatat dan menghubungi nomor telepon darurat, seperti call center Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 yang siap memberikan pelayanan di saat konsumen membutuhkan bantuan, mengalami kendala maupun keluhan. ##
Tags: PPKM DaruratSuzukiTIPS PERAWATAN MOBIL
Previous Post

Banyak Promo Menarik, Beli Mobil di Sini Saja

Next Post

Honda BeAT 2021 dengan Warna dan Striping Baru

Related Posts

BYD ATTO 1
Berita

BYD Atto 1 mumpuni menunjang mobilitas perkotaan

Juli 31, 2025
SERES 3
Berita

Harga Seres 3 diumumkan

Juli 31, 2025
Citroen C3 Sport
Berita

Citroen C3 Sport, hatchback untuk gaya hidup aktif

Juli 31, 2025
Mobil Wuling
Berita

Mobil Wuling modifikasi konsumen, mejeng di GIIAS 2025

Juli 31, 2025
Lepas L8
Berita

Lepas L8 segera dijual di Indonesia

Juli 31, 2025
DENZA Z9
Berita

Inovasi DiSus DENZA Z9 untuk stabilitas dan kenyamanan berkendara

Juli 31, 2025

TERBARU

BYD ATTO 1
Berita

Selalu ramai, booth BYD gelar keseruan selama GIIAS 2025

Juli 31, 2025
BYD ATTO 1
Berita

BYD Atto 1 mumpuni menunjang mobilitas perkotaan

Juli 31, 2025
SERES 3
Berita

Harga Seres 3 diumumkan

Juli 31, 2025
Citroen C3 Sport
Berita

Citroen C3 Sport, hatchback untuk gaya hidup aktif

Juli 31, 2025
Mobil Hybrid
Berita

Astra Financial beri masyarakat kemudahan memiliki mobil hybrid di GIIAS 2025

Juli 31, 2025
Mobil Wuling
Berita

Mobil Wuling modifikasi konsumen, mejeng di GIIAS 2025

Juli 31, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Mitsubishi Destinator
Berita

Mencoba Mitsubishi Destinator di GIIAS 2025

Juli 30, 2025
Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
vinfast vf e34
Review

Impresi Berkendara Vinfast VF e34

Juni 24, 2025
Jaecoo J8 AWD kendaraan SUV berperforma tangguh dan nyaman untuk segala medan
Review

Kenyamanan Jaecoo J8 AWD Diuji di Medan Off-road

Juni 20, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.