Rabu, Desember 24, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Tips Perawatan Mobil Selama PPKM Darurat

by Indra Prabowo
Juli 21, 2021
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA – Sejak 3-25 Juli 2021 Pemerintah menerapkan PPKM Darurat untuk Jawa dan Bali. Kebijakan ini membuat mobilitas masyarakat terbatas.

Untuk itulah kita perlu merawat mobil selama PPKM Darurat. Menurut Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mobil yang lama tidak dipakai tetap memerlukan perhatian dan perawatan. Beberapa metode perawatan dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah.

“Selain mudah dilakukan, merawat mobil di rumah juga bermanfaat untuk menjaga kinerja mobil dan mengisi waktu melalui kegiatan yang positif,” ujarnya.

Baca Juga :

Changan Deepal S07 Tawarkan Desain Elegan khas Italia dan Keamanan Baterai Tingkat Tinggi

MGS5 EV dan MG ZS Hybrid akan meluncur tahun 2026

Mazda Indonesia akan luncurkan beberapa model SUV pada 2026

Berikut adalah 9 kiat ringan merawat mobil yang patut dicoba di rumah:

  1. Memanaskan mesin secara teratur. Mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik, terutama bagian mesin. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin dengan rentang beberapa hari sekali. Kegiatan ini juga dapat dilakukan sambil memastikan kondisi lainnya seperti suara maupun getaran yang ditimbulkan agar bisa mendeteksi lebih dini bila ada kejanggalan.
  2. Periksa kebersihan area ruang mesin. Meskipun sudah dilengkapi kap mesin sebagai bagian pelindung area ruang mesin, namun sering kali bisa kita dapati adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain. Kondisi yang kotor seperti itu lambat laun akan mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin. Maka, sebaiknya periksa keadaan sekitar area ruang mesin dan bersihkan jika perlu.
  3. Amati keadaan di area bawah mobil. Bagian yang jarang terpantau seperti area bawah mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Cara termudah adalah dengan mengamati sisi lantai tempat mobil terparkir, terutama di bagian bawah ruang mesin. Jika tidak ada tetesan cairan yang jatuh ke lantai seperti pelumas mesin, minyak rem, radiator coolant, atau cairan lain artinya mobil dalam kondisi yang baik. Namun, jika terdapat tetesan pastikan terlebih dahulu jenis cairannya dan segera konsultasikan kepada pihak bengkel resmi.
  4. Rotasikan ban dalam jarak dekat. Mobil yang terlalu lama terparkir memiliki beban yang harus ditanggung oleh keempat ban, sehingga bisa memunculkan masalah seperti tire flat atau permukaan ban yang rata pada salah satu sisi saja. Menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika pemilik mobil meluangkan waktu untuk mengendarai mobilnya di sekitar tempat tinggal dengan jarak yang pendek. Ban mobil pun akan terotasi dengan baik dan mudah.
  5. Perhatikan lokasi parkir. Memberi perlindungan bagi mobil kesayangan tidak hanya dilakukan untuk bagian mesin dan roda saja, namun juga pada bagian eksterior yang memiliki porsi sangat besar terhadap visual kendaraan. Langkah utama adalah pemilihan lokasi parkir yang aman, misalnya menghindari parkir di bawah pohon. Meski teduh, pohon bisa mengakibatkan risiko seperti meneteskan getah yang lengket hingga ranting jatuh, sehingga menimbulkan lecet pada cat mobil.
  6. Cuci bagian eksterior. Mobil yang sedang terparkir di rumah juga bisa terpapar debu ataupun kotoran. Oleh karena itu, cucilah bagian eksterior mobil secara Selain itu, segera hilangkan bekas kotoran atau getah yang menempel. Dengan demikian, tampilan cat mobil akan terjaga dengan baik dan menarik untuk dilihat.
  7. Jaga kebersihan dan kesegaran ruang interior. Kebersihan dan kesegaran aroma ruang kabin sangat menunjang suasana hati yang positif saat berkendara. Setelah membersihkan eksterior, sebaiknya bagian interior turut dijaga dengan cara membuang sisa sampah yang tersisa di dalam mobil, membersihkan panel interior, dan jika perlu sedot debu menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Penyemprotan kabin menggunakan cairan disinfektan setelah bepergian juga diperlukan saat ini terutama untuk memberikan rasa aman dan nyaman.
  8. Pastikan bahan bakar pada kapasitas yang cukup. Biasakan untuk meninggalkan mobil dalam kondisi kapasitas bahan bakar yang cukup, seperti setengah dari kapasitas maksimum tangki bahan bakar. Hal tersebut akan bermanfaat jika sewaktu-waktu mobil hendak dipakai, maka tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan lebih lama hanya karena harus mengisi ulang bahan bakar terlebih dahulu.
  9. Catat dan hubungi nomor darurat. Kejadian tak terduga bisa muncul kapan saja, sehingga sebagai pemilik mobil perlu untuk mencatat dan menghubungi nomor telepon darurat, seperti call center Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 yang siap memberikan pelayanan di saat konsumen membutuhkan bantuan, mengalami kendala maupun keluhan. ##
Tags: PPKM DaruratSuzukiTIPS PERAWATAN MOBIL
Previous Post

Banyak Promo Menarik, Beli Mobil di Sini Saja

Next Post

Honda BeAT 2021 dengan Warna dan Striping Baru

Related Posts

Deepal S07
Berita

Changan Deepal S07 Tawarkan Desain Elegan khas Italia dan Keamanan Baterai Tingkat Tinggi

Desember 20, 2025
MGS5 EV
Berita

MGS5 EV dan MG ZS Hybrid akan meluncur tahun 2026

Desember 19, 2025
Mazda Indonesia
Berita

Mazda Indonesia akan luncurkan beberapa model SUV pada 2026

Desember 17, 2025
Chery Tiggo 8 CSH
Berita

Chery Tiggo 8 CSH Paket Lengkap Sebagai Mobil Keluarga

Desember 17, 2025
Qualcomm Snapdragon 8155 LEPAS L8
Berita

Lepas L8 adopsi prosesor kelas atas Qualcomm Snapdragon 8155

Desember 14, 2025
Kia Seltos 2026
Berita

All-new Kia Seltos 2026 akan sediakan mesin turbo dan hybrid

Desember 11, 2025

TERBARU

Bridgestone
Berita

Bridgestone ingatkan pemilik mobil periksa ban sebelum liburan

Desember 24, 2025
Posko Siaga 24 Jam Toyota
Berita

Posko Siaga 24 Jam Libur Natal 2025 Toyota Hadir di 3 Lokasi

Desember 24, 2025
Suzuki Peduli Banjir Sumatera
Berita

Suzuki Peduli Banjir Sumatera tawarkan diskon perawatan, perbaikan

Desember 23, 2025
Promo Gebyar Desember 2025
Berita

Diskon 25% jasa servis motor matic Honda di semua AHASS Jakarta Tangerang

Desember 23, 2025
HYPTEC HT GAC GROUP
Berita

Baterai baru GAC Group bisa jelajah >1000km

Desember 23, 2025
BYD Denza N8L
Berita

BYD rayakan produksi 15 juta kendaraan energi baru

Desember 22, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Jetour T2
Berita

Review Jetour T2 di jalan aspal dan lintasan offroad

Desember 20, 2025
Tank 300 Diesel 4x4
Berita

Review Tank 300 Diesel 4×4

Desember 8, 2025
Wuling Darion PHEV
Berita

Lampaui klaim Wuling, Darion PHEV tembus 1200 kilometer

November 14, 2025
Geely EX5
Berita

Review Geely EX5

November 1, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
  • Manage options
  • Manage services
  • Manage {vendor_count} vendors
  • Read more about these purposes
View preferences
  • {title}
  • {title}
  • {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.