Jakarta — Tahukah Anda bahwa Suzuki Carry Pick Up telah menjadi andalan bagi ratusan ribu pelanggan sejak hadir di Indonesia pada tahun 1976. Suzuki Carry ST10, demikian namanya, menjadi kendaraan roda-empat pertama Suzuki yang diproduksi di Indonesia.
Berdasarkan Suzuki main dealer wilayah Jawa Timur, PT United Motors Center, dimensi Suzuki Carry ST10 terbilang kecil, dengan panjang 3.035 mm, lebar 1.285 mm dan wheelbase cuma 1,745 mm. Mesinnya 2-tak 3-silinder dengan kapasitas 539cc berpendingin cairan.
Pada tahun 1977 Suzuki memperkenalkan pikap generasi keduanya yakni Carry ST 20 atau akrab disapa Suzuki Truntung karena suara khasnya yang keluar dari knalpotnya. Suzuki Truntung memiliki dimensi lebih besar dibanding pendahulunya, lebih panjang 160 mm dan lebih lebar 100 mm dengan wheelbase 95 mm.
Penggunaan mesin 4-tak dimulai pada tahun 1984, dengan nama Suzuki Carry ST 100 bermesin F10A 1000cc. Generasi ketiga ini dikenal dengan nama Suzuki Bagong karena penempatan headlamp-nya seperti mata Bagong, salah satu tokoh wayang punakawan.

Era mesin injeksi Suzuki Carry dimulai pada tahun 2005 dengan mesin berkapasitas 1.500cc. Generasi keempat tersebut mulai diluncurkan pada tahun 1997 dengan imbuhan nama Futura.
Satu cerita yang menarik adalah pada tahun 2011, di mana Suzuki meluncurkan Mega Carry APV (DN41T). Model ini merupakan pengembangan dari minibus Suzuki APV.
Pada tahun 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan generasi kelima Suzuki Carry Pick Up yang menggabungkan berbagai keunggulan dari generasi-generasi sebelumnya seperti kabin luas, kapasitas besar, dan tenaga mesin kuat. Pada tahun 2021, tampilan kendaraan ini diperbarui untuk merayakan 45 tahun kehadirannya di Indonesia.

Generasi kelima Suzuki Carry Pick Up memiliki beberapa keunggulan:
- Akses kabin lebih mudah. Salah satu alasan Suzuki Carry disukai para penggunanya adalah kemudahan dan kepraktisan saat memasuki interior berkat luasan ruang kaki sepanjang 360 mm. Penunjang lain seperti ketinggian kabin 1.000 mm serta kursi sliding menambahkan kelegaan maupun mendapatkan visibilitas berkendara lebih baik.
- Jaminan 3 tahun atau 100.000 km. Jaminan tersebut menambah ketenangan bagi pemilik jika terjadi ketidaksempurnaan pada komponen mobil yang dimilikinya dalam hal material atau proses produksi dalam batas pemakaian secara wajar. Perlu dipahami fasilitas jaminan tersebut diberlakukan dengan ketentuan-ketentuan yang bisa dipelajari pada buku garansi kendaraan
- Hemat ongkos perawatan tahun pertama. Suzuki secara transparan menyediakan informasi biaya perawatan periodik dari 1.000 km sampai dengan 100.000 km di halaman resmi www.suzuki.co.id. Meringankan alokasi dana pemilik, perawatan New Carry pada periode 12 bulan pertama/20.000 km tergolong sangat hemat karena hanya berkisar 500ribuan rupiah saja (perhitungan wilayah Jabodetabek per September 2024)
- Tiga Item service gratis sampai 50.000 km. Kehematan biaya perawatan ditunjang oleh beberapa keperluan yang diberikan secara cuma-cuma oleh Suzuki hingga periode 30 bulan pertama/50.000 km, antara lain oli mesin, filter oli dan jasa pekerjaan dengan syarat para pelanggan New Carry selalu melakukan perawatan rutin di Bengkel Resmi sesuai buku panduan kepemilikan
- Beli onderdil lewat online melalui aplikasi MySuzuki yang dapat diunduh pada smartphone. Mayoritas komponen bisa diketahui harganya serta dapat langsung dibeli untuk dikirim ke Bengkel Resmi maupun domisili tertentu sesuai kebutuhan. Cara ini memudahkan pelanggan dalam hal mendapatkan dan menggunakan spareparts asli demi keawetan kendaraan. Keuntungan lain berupa garansi komponen selama 12 bulan/20.000 km juga bisa didapatkan jika pemasangan dilakukan pada Bengkel Resmi. Ketentuan garansi juga bisa dilihat dalam halaman https://www.suzuki.co.id/services/automobile/jaminan-kendaraan guna mengakomodir informasi lebih lengkap
- Bisa perbaikan di rumah atau tempat usaha via layanan Suzuki Home Service (SHS) guna mendapatkan pengecekan hingga perbaikan unit mobil di rumah maupun lokasi tempat usaha. Lebih dari itu, para mekanik professional Suzuki juga bisa membawa unit yang sedang bermasalah ke Bengkel Resmi jika diperlukan perbaikan lebih lanjut. Layanan tersebut bisa digunakan hanya dengan menghubungi Halo Suzuki pada nomor 0800-1100-800.
Hariadi, Asst. to Aftersales Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menerangkan, “Tugas berat sebuah kendaraan niaga memerlukan pemeliharaan secara baik agar melancarkan keperluan operasional usaha. Meski telah dibekali dengan kualitas dan daya tahan mumpuni, Suzuki tetap menghadirkan layanan purnajual yang optimal bagi New Carry dengan tujuan kehematan dan kepuasan bagi pemiliknya. Kami perlu mengingatkan kembali kepada calon pembeli maupun pelanggan untuk mengetahui beberapa fakta menguntungkan terkait New Carry seperti berikut.” ##

















