Tangerang – Bearing (bantalan) punya peran penting di motor lantaran bertugas untuk mengurangi gesekan antara bagian-bagian yang bergerak. Oleh karena itu, penting bagi pemilik motor selalu memperhatikan komponen ini agar kinerjanya selalu optimal.
Namun, untuk mengetahui tingkat keausan dan waktu penggantian bearing motor itu memang agak tricky. Legenda balap Indonesia Ahmad Jayadi berpendapat, bahwa mengetahui keausan bearing perlu kepekaan pemiliknya.
“Memang agak sulit mengetahui keausan bearing karena tidak ada batasan waktu penggunaan seperti mengganti oli. Tetapi lebih kepada perasaan kita kalau ada noise yang seharusnya tidak ada, atau ada suara yang tidak normal, itu menjadi salah satu penanda kalau kita harus mengganti bearing,” katanya saat ditemui di booth SKF di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025.
Pria yang memiliki julukan Raja Sentul ini juga menambahkan, bearing sepedamotor merupakan komponen yang harganya tak begitu mahal. Namun, kalau memiliki kualitas yang buruk atau abal-abal, tentu komponen tersebut akan cepat aus dan harus diganti, sehingga membuat penggunanya bolak-balik ke bengkel. Biaya membongkar mesin, itu yang mahal.
“Oleh karena itu, kualitas sebuah bearing harus penting. Saya bisa berhasil menjadi juara di berbagai kompetisi, berarti produk yang dipakai bagus, dan segala yang bergerak itu bisa maksimal. Pada akhirnya, mendapatkan performa terbaik,” tukasnya.
Ia juga melanjutkan, bahwa dalam pemilihan bearing itu tidak boleh asal. Pemilihan material bearing harus diperhatikan, supaya masa pakainya menjadi lebih awet seperti SKF yang dibuat dari material berkualitas tinggi.
Lebih lanjut, tingkat kepresisian dalam pembuatan komponen juga menjadi penentu keawetan dari sebuah bearing. Melengkapi itu, komponen bearing SKF bahkan sudah memiliki lapisan pelindung agar menjaga keawetannya dari partikel yang membuatnya cepat aus.
“Bicara motor, itu antara mesin dengan roda. Intinya adalah setiap yang berputar kalau bisa gesekannya seminim mungkin. Untuk roda kalau bisa dibuat loncer, begitu pun di komponen lainnya. Ini bukan hanya soal motor balap, tetapi di motor harian juga penting. Oleh karena itu, kualitas sebuah bearing harus penting,” pungkas Jayadi.
SKF Indonesia siapkan komponen sepedamotor
Tak hanya dikenal sebagai pembuat bearing saja, ternyata SKF Indonesia juga memproduksi berbagai komponen sepedamotor. Di dalam negeri, perusahaan asal Swedia ini menyediakan produk dalam lima kategori utama, yakni bantalan atau bearing, mekatronik, sistem pelumasan, seal atau segel, serta layanan peneliharaan.
Pada unit bisnis terbarunya, entitas ini juga menyediakan komponen sepedamotor. Menariknya, komponen yang diproduksi juga menjadi perangkat yang digunakan oleh pabrikan-pabrikan sepedamotor kenamaan. Sudah pasti, kualitasnya dapat dipercaya.
Tito Adityo Pambudi Head of Sales PT SKF Indonesia mengatakan, “Ini ada salah satu terobosan dari SKF, jadi kami tidak hanya jual bearing, tetapi juga jual produk non bearing seperti CVT belt, weight roller, serta steering coloumn dengan kualitas sangat baik. Jadi sparepart apapun yang berkaitan dengan sepedamotor, SKF itu ada, dan akan kami luncurkan dalam beberapa bulan ke depan.”