Jakarta – Penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) naik pada periode Januari hingga Mei 2018. Tercatat, Daihatsu bukukan retail sales dengan penjualan sebesar 82.941 unit naik 10 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya 75.183 unit.
Sedangkan untuk angka wholesales, Daihatsu berhasil mencapai 88.209 unit, naik 9 persen dibandingkan periode yang sama sebanyak 80.278 unit.
Secara umum, data penjualan per-model Daihatsu sepanjang 2018, didominasi oleh top tiga volume maker, yaitu Daihatsu Sigra, Grand Max Pick Up (GM PU) dan Daihatsu Xenia.
“Daihatsu melewati lima bulan ini dengan penjualan secara positif. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat dengan Daihatsu, semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi kami untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purnajual terbaik,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Dalam hal retail sales, Sigra menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dengan perolehan 20.605 unit (25 persen), disusul Gran Max Pick Up (PU) sebanyak 16.839 unit (20 persen) dan Xenia sebesar 14.302 unit (17 persen).
Selanjutnya, disusul oleh Terios dengan raihan 12.136 (15 persen), Ayla sebesar 10.302 unit (12 persen), serta Gran Max Mini Bus (MB) 6.404 unit (8 persen). Daihatsu lainnya, yakni Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen, berkontribusi total sebesar 2.353 unit (3 persen).
Pada sisi wholesales, Sigra berada di urutan teratas dengan raihan 22.322 unit atau 25 persen, disusul dengan Gran Max Pick Up (PU) yang berkontribusi 18.057 unit (20 persen), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 14.640 unit (17 persen).
Selanjutnya ada Daihatsu Ayla menyumbang 12.866 unit (15 persen), Daihatsu Terios 11.662 unit (13 persen), dan Gran Max (MB) 6.414 unit (7 persen). Untuk Daihatsu lainnya meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi sebesar 2.248 unit (3 persen).