Tangerang – Sailun Group melalui PT Sailun Tire Indonesia (STI) secara resmi tampil perdana Indonesia di GIIAS 2025. Ini merupakan langkah strategis mereka dalam memperkuat posisi merek ban global di pasar Indonesia, yakni Sailun, RoadX, Blackhawk, dan Maxam.
Sejak didirikan 2002, Sailun Group telah berhasil menjadi salah satu produsen ban terbesar dengan pertumbuhan tercepat di dunia yang berdasarkan laporan Tire Press 2024. Kini, mereka menempati peringkat ke-10 sebagai produsen ban terbesar secara global dan merupakan merek ban paling bernilai ke-11 di dunia (Brand Finance 2023).
Berhasil merentangkan sayap ke lebih dari 180 negara yang didukung 9 pabrik manufaktur serta 4 pusat riset dan pengembangan di Asia, Eropa maupun Amerika Utara, Sailun berkomitmen untuk menghadirkan ban berkualitas tinggi berbasis inovasi teknologi mutakhir.
Sailun Group telah berhasil melakukan penjualan sebesar USD 296 juta pada 2008 yang meningkat hingga USD 3 miliar pada 2022, membuktikan komitmennya dalam mengutamakan kualitas, performa, dan keberlanjutan.
Peningkatan penjualan berkat tersedianya lebih dari 1.500 varian ban yang memenuhi kebutuhan mobil penumpang, kendaraan komersial, hingga aplikasi khusus seperti pertambangan, kehutanan, dan pertanian.
Khusus komitmennya untuk pasar Indonesia, mereka telah membangun fasilitas manufaktur ban di Demak, Jawa Tengah, yang dikelola oleh anak perusahaan Sailun International Holding.
Eko Supriyatin, Direktur Sales & Marketing PT STI mengatakan Indonesia adalah pasar penting dalam strategi ekspansi Sailun di kawasan Asia Tenggara.
“Kami optimis melalui produk berkualitas, teknologi, dan inovasi yang ditawarkan, dapat memberikan nilai tambah bagi para konsumen maupun mitra bisnis di seluruh Indonesia,” ujarnya
Pembangunan pabrik dengan investasi sebesar USD 251,44 juta, akan memproduksi ban radial untuk kendaraan penumpang (PCR), bus dan truk (TBR), serta alat berat (OTR). Pada fase pertama, target kapasitas tahunan mencapai 3,6 juta ban PCR, 600 ribu ban TBR, dan 37.000 ton ban OTR.
Pabrik Sailun juga menjadi pusat distribusi dan layanan purnajual untuk pasar domestik. PT STI yang didukung oleh jaringan mitra lokal tengah mengembangkan sistem distribusi nasional untuk memastikan ketersediaan produk serta layanan yang cepat dan andal di seluruh wilayah Indonesia.
Pada GIIAS 2025, Sailun mengusung tema “Techno Garage” dengan menampilkan booth bergaya garasi futuristik yang mengajak pengunjung menjelajahi teknologi dan inovasi terkini dari keempat merek Sailun Group.
Beragam produk unggulan yang memenuhi kenyamanan, ketahanan, dan keselamatan berkendara telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia Tenggara, yang terdiri ban untuk mobil penumpang, SUV, kendaraan komersial, hingga aplikasi industri berat.
Selama GIIAS 2025 berlangsung, para pengunjung tidak hanya dapat melihat langsung teknologi ban unggulan, namun juga dapat mengikuti berbagai aktivitas interaktif, permainan menarik, mendapatkan merchandise eksklusif, serta berdialog langsung dengan tim teknis Sailun.
Kehadiran perdana ini menjadi momen penting dalam memperkenalkan inovasi dan semangat kolaboratif mereka untuk membangun masa depan industri ban di Indonesia. ##