Jumat, Desember 12, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Review Tank 300 Diesel 4×4

by Indra Prabowo
Desember 8, 2025
Tank 300 Diesel 4x4

Tank 300 Diesel 4x4

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta — Kehadiran GWM Tank 300 Diesel menambah khazanah pilihan SUV 4×4 dengan ladder frame (rangka tangga) bermesin diesel, khususnya dengan harga Rp 700 jutaan. Selama ini kita dijejali oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishis Pajero Sport.

Menariknya, GWM Tank 300 Diesel, dan seperti umumnya produk-produk China lainnya, menyuguhkan serangkaian fitur dan teknologi lebih maju dibandingkan para kompetitor dari Jepang. Desainnya kotak nan klasik dan tangguh tidak dimiliki oleh dua lawannya yang memilih model lancip. Dan, tentu saja harga GWM Tank 300 Diesel paling terjangkau dibandingkan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

GWM Tank 300 Diesel mengandalkan mesin 2.370cc 4-silinder 16-katup variable-geometry turbocharger (VGT) Electronic Control High Pressure Common Rail Direct Injection dengan tenaga 184 PS pada 3.600 rpm dan torsi 480 Nm dari 1.500-2.500 rpm. Transmisinya otomatis 9-speed.

Toyota Fortuner membawa jantung mekanis 1GD-FTV 2.755cc 4-silinder 16-katup DOHC VNT dengan tenaga 203.9 PS dari 3,000 – 4,000 rpm. Opsi transmisi otomatis 6-speed.

Tank 300 Diesel 4x4
Tank 300 Diesel 4×4

Sementara Mitsubishi Pajero Sport  menggendong mesin 4N15 MIVEC 2.442cc 4-silinder 16-katup Turbodiesel dengan tenaga 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm. Pilihan transmisi otomatis 8-speed atau manual 5-speed.

Dari data-data performa mesin di atas terlihat tenaga GWM Tank 300 Diesel berada di antara Toyota Fortuner (terbesar) dan Pajero Sport (terkecil). Meski demikian torsinya terbesar dan termasuk jumlah gigi transmisi terbanyak yang membuatnya lebih smooth dan efisien dikendarai.

Sebenarnya GWM Tank 300 Diesel hadir dalam dua varian sistem penggerak, yaitu 4×2 dan 4×4, yang masing-masing dilengkapi 20 fitur ADAS Level 2. Varian 4×2 menawarkan tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan, yakni Standard, Eco, dan Sport, untuk mendukung berbagai kebutuhan dan gaya mengemudi.

Sementara itu, varian 4×4 membawa fitur-fitur canggih seperti Crawling Mode membantu pengemudi melaju pelan namun mantap di medan sangat sulit, sementara Off-Road Expert Mode memberikan pengaturan khusus untuk berbagai tipe lintasan, agar kendaraan bisa beradaptasi secara optimal. Teknologi unik seperti Tank Turn memungkinkan kendaraan berputar di tempat, sangat berguna saat menghadapi ruang sempit atau tikungan tajam di jalur off-road.

Tank 300 Diesel 4x4
Tank 300 Diesel 4×4

Varian 4×4 pun memiliki fitur Rear Axle Differential Lock (Electric Control) meningkatkan traksi roda-roda belakang dengan cara mengunci diferensial, sehingga kedua roda belakang bergerak bersamaan untuk melewati medan licin atau sulit. Terdapat teknologi Transparent Chassis sama seperti varian 4×2. Varian 4×4 juga dilengkapi dengan pilihan mode penggerak yang dapat disesuaikan dengan kondisi medan (All-Terrain Mode), mulai dari 2H (mengaktifkan penggerak dua-roda untuk efisiensi di jalan raya), 4H, 4L, dan Expert Mode yang secara otomatis menyesuaikan konfigurasi optimal untuk kondisi ekstrem. Selain itu, teknologi Transparent Chassis juga turut melengkapi fitur keamanan dan kontrol. Semua fitur ini memastikan varian 4×4 mampu menghadirkan performa tangguh, stabilitas maksimal, dan kontrol penuh saat menjelajah berbagai medan berat yang menantang.

Review Tank 300 Diesel 4×4

Kami berkesempatan melakukan review Tank 300 Diesel 4×4 selama beberapa hari dari Jakarta – Cikole Bandung Barat – Bandung – Jakarta. Sayangnya, kami hanya diizinkan oleh GWM Indonesia melintasi rute aspal.

Di jalan bebas hambatan, SUV 5-seater ini menawarkan suspensi kokoh, bahkan ketika melintas lubang-lubang. Setirnya terasa ringan. Ketika menikung, gejala limbung sangat minim.

Yang menarik, adalah suara ‘ngorok' mesinnya tidak mengganggu hingga ke dalam kabin. Performanya pun tak perlu diragukan lagi, semua tanjakan dapat dilahap dengan mudah.

Tank 300 Diesel 4x4
Tank 300 Diesel 4×4

Kami mendapati sandaran kursi belakang tidak bisa ‘dimainkan' sehingga para penumpang belakang duduk agak tegak. Ini disebakan posisi sandaran jok tepat di depan rumah roda (wheel arch) belakang. Sementara legroom, shoulder room dan headroom luas.

Dashboard GWM Tank 300 Diesel sendiri jauh lebih modern dibandingkan Fortuner dan Pajero Sport. Layarsentuh 12,3″ sepenuhnya digital dan hi resolution. Mobil pun dibekali dengan adaptive cruise control dan intelligent cornering (intelligent ACC). Kesan klasik nan mewah disajikan oleh ventilasi-ventilasi AC bulat dengan sebuah jam analog di tengah.

Selama perjalanan, catatan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) terbaik kami mencapai 15 km/liter. Sementara ketika menghadapi kemacetan mengukir 10 km/liter.

Seperti yang kami informasikan sebelumnya, harga Tank 300 Diesel 4×4 paling terjangkau (Rp658 juta) di antara dua kompetitornya. Harga Toyota Fortuner 4×4 dari Rp756 juta dan harga Pajero Sport 4×4 dari Rp779.650.000. Dan, jika Anda tidak mau varian 4×4, maka varian 4×2 lebih tepat dengan harga Rp598 juta.

So, menurut kami, Tank 300 Diesel apapun variannya menjadi pilihan yang paling menarik di segmen SUV ladder frame bermesin diesel dengan harga Rp700 jutaan. ##

 

 

Baca Juga :

Solusi Praktis Isi Daya EV di Rumah, Home Charging Services PLN Icon Plus Makin Diminati

Cicido bikin kabin serasa di dalam mobil mewah

Otoproject hadirkan beragam aksesoris BYD Atto 1

Tags: GWMGWM TANKGWM TANK 300GWM Tank 300 DieselGWM Tank 300 Diesel 4x4Mobil OffroadTank 300 DieselTank 300 Diesel 4x2Tank 300 Diesel 4x4
Previous Post

Vinfast VF 7 mobil listrik untuk para pemburu passion

Next Post

Motul Indonesia ajak 200 bikers nikmati Kota Palembang

Related Posts

Home Charging Services PLN Icon Plus
Berita

Solusi Praktis Isi Daya EV di Rumah, Home Charging Services PLN Icon Plus Makin Diminati

Desember 12, 2025
Cicido
Berita

Cicido bikin kabin serasa di dalam mobil mewah

Desember 12, 2025
Aksesoris BYD ATTO 1
Berita

Otoproject hadirkan beragam aksesoris BYD Atto 1

Desember 12, 2025
Portable Fast Charger Polytron Fox Electric
Berita

Polytron akan luncurkan portable fast charger pada tahun 2026

Desember 12, 2025
dealer MG
Berita

Dealer MG Pontianak diresmikan

Desember 12, 2025
Kia Seltos 2026
Berita

All-new Kia Seltos 2026 akan sediakan mesin turbo dan hybrid

Desember 11, 2025

TERBARU

Home Charging Services PLN Icon Plus
Berita

Solusi Praktis Isi Daya EV di Rumah, Home Charging Services PLN Icon Plus Makin Diminati

Desember 12, 2025
Cicido
Berita

Cicido bikin kabin serasa di dalam mobil mewah

Desember 12, 2025
Aksesoris BYD ATTO 1
Berita

Otoproject hadirkan beragam aksesoris BYD Atto 1

Desember 12, 2025
Portable Fast Charger Polytron Fox Electric
Berita

Polytron akan luncurkan portable fast charger pada tahun 2026

Desember 12, 2025
dealer MG
Berita

Dealer MG Pontianak diresmikan

Desember 12, 2025
Kia Seltos 2026
Berita

All-new Kia Seltos 2026 akan sediakan mesin turbo dan hybrid

Desember 11, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Tank 300 Diesel 4x4
Berita

Review Tank 300 Diesel 4×4

Desember 8, 2025
Wuling Darion PHEV
Berita

Lampaui klaim Wuling, Darion PHEV tembus 1200 kilometer

November 14, 2025
Geely EX5
Berita

Review Geely EX5

November 1, 2025
Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Review JAECOO J5 EV di lintasan aspal dan offroad ringan

Oktober 29, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
  • Manage options
  • Manage services
  • Manage {vendor_count} vendors
  • Read more about these purposes
View preferences
  • {title}
  • {title}
  • {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.