TANGERANG — Kami berkesempatan melakukan review SERES E1 secara singkat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Inilah salah satu mobil listrik murah di Indonesia.
Tersedia dalam 2 tipe yakni Type B dan Type L. Harga SERES E1 Type B 189 juta dan Type L 210 juta.
Mobil listrik ini tergolong mungil dengan dimensi panjang 3.030 mm x lebar 1.495 mm x tinggi 1.640 mm. Wheelbase 1.960 mm dan ground clearance 135 mm. Ukuran yang compact sangat mendukung mobilitas pemiliknya di perkotaan, jalan sempit dan ruang parkir terbatas.
SERES E1 Type B membawa baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh dan jarak tempuh maksimal 180 kilometer. Baterai diisi 10-90% menggunakan soket AC Type 2 hanya dalam waktu 3,5 jam saja. Motor penggeraknya berada di belakang dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 25 kW dan torsi di 100 Nm.
SERES E1 Type L memiliki baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas lebih besar yakni 16,8 kWh dan jarak tempuh maksimal di 220 kilometer. Pengisian baterai dari 10-90% menggunakan soket AC Type 2 hanya dalam waktu 4 jam. Motor penggeraknya disimpan di belakang dan memiliki tenaga lebih besar 30 kW dan torsi 100 Nm.
“Dengan kemampuan jelajah tersebut kami merasa sudah lebih dari cukup untuk menemani mobilitas pemiliknya sehari-hari yang berkisar 40-50 kilometer per hari,” ujar Marketing Head PT Sokonindo Automobile (SERES dan DFSK Indonesia), Achmad Rofiqi.
Komponen utama baterai mendapat perlindungan tingkat tinggi dengan fitur Collision Power Failure Protection, Battery System Thermal Management, Charging Port Cover Reminder, dan High Voltage Safety Monitoring. Baterai sudah lulus Sertifikat IP67, jadi Anda tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air. Seres tidak menyarankan baterai terendam genangan air lebih dari 4-5 menit.
Meski tergolong sebagai salah satu mobil listrik murah bukan berarti SERES E1 miskin fitur keselamatan. SERES menanam banyak fitur yakni Seat Belt Reminder, Isofix, Tire Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, Parking Sensor, Electric Parking Brake with Auto Hold (varian Type L), Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Electronic Stability Control (ECS) with Traction Control System (TCS) (varian Type L), Anti-lock braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, Brake Assist (varian Type L), airbag system, Event Data Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Cruise Control, Eco/Sport Mode, Energy Managing Display, dan Charging Status Display.
Eksterior mobil terlihat ‘unik’ dengan desain LED DRL yang memanjang di fascia depan, kaca spion dengan lampu sein LED, stop lamp di bagian atas jendela belakang, sampai dengan roda Diamond Cutting Polish Alloy 13 inci.
Masuk ke dalam kabinnya yang sederhana terdapat panel instrumen beraksen kayu, instrument cluster full digital berukuran 7 inci, head unit berukuran 8,8 inci (untuk varian Type L), kontrol AC dengan panel-sentuh, dan desain e-Shift Selector unik (up-down shift untuk memilih D/S, R atau N). Interior berwarna biru menyemburkan aura kecerahan.
Review SERES E1
Di area test drive GIIAS 2023, kami mengendarai SERES E1 Type B. Kami merasakan joknya solid — akan lebih baik jika dibuat lebih empuk. Duduk di kursi pengemudi dengan postur saya sekitar 165cm terasa cukup nyaman. Kami pun meminta headrest untuk kursi belakang.
Saat dikendarai, tenaga terasa instant, apalagi ketika transmisi diarahkan ke mode S. Suspensinya terasa rigid saat melintasi beberapa obstacles.
Ketika mobil melaju pada kecepatan rendah, sistemnya akan membuat bunyi untuk memberikan pemberitahuan kepada orang-orang di sekitarnya. ##