SEMARANG — All-new Honda BR-V 2022 memang dijejali banyak fitur dan teknologi terkini, yang belum pernah dimiliki sebelumnya dan absen di para kompetitornya.
Teknologi Honda SENSING menjadi salah satu dari sekian keunggulan yang dibawa oleh generasi kedua Honda BR-V. Teknologi ini meliputi:
- Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh
- Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan
- Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur
- Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar
- Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti
- Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan
Ada satu kebaruan lagi, yang menurut kami perlu di-highlight, yakni mesin 1.500cc, 4-silinder, DOHC, PGMFI, yang telah diperbarui. Tenaganya 121 PS pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.300 rpm. Emisi gas buang sudah memenuhi standar Euro 4.
Meski tenaga dan torsi maksimum hampir sama dengan kemampuan mesin BR-V generasi pertama, intelligent valve control dari fitur VTEC dan VTC dapat meningkatkan kemampuan torsi secara signifikan dari start hingga ke atas 4.000 rpm.
Mesin hasil revisi yang memanfaatkan teknologi kontrol katup akurasi tinggi “DOHC + VTEC + VTC” ini meningkatkan efisiensi pembakaran, mengurangi gesekan, dan mengurangi emisi (zat berbahaya dalam gas buang). Honda mengklaim mesin baru lebih irit 3% dari mesin yang tertancap di generasi pertama. Kami sendiri saat mengendarai all-new Honda BR-V 2022 mendapati konsumsi BBM (bahan bakar minyak) 16,1 km/liter di jalan tol Trans-Jawa.
Idling Stop Start (ISS) yang umum dipakai di sejumlah model mobil, tidak diboyong oleh Honda BR-V 2022. Honda berpendapat ISS tidak signifikan.
“Kami memang tidak memasang ISS karena tidak signifikan mengurangi konsumsi BBM. Bagi kami mesin baru ini sudah mumpuni,” kata Yoshihiko Eguchi, Product Planning & Development Senior Manager Honda, Large Project Leader All New Honda BR-V.
SUV 7-seater ini ditemani oleh transmisi CVT yang telah diperbarui. Gesekan berkurang 4% sehingga lebih enak dikendarai dan membantu penghematan BBM. Dukungan poros sekunder diubah dari bantalan rol tirus (bantalan rol kerucut) menjadi bantalan bola untuk mengurangi gesekan.
Opsi transmisi manual 6-speed pun mengalami revisi. Tenaga pendorong ditingkatkan hingga 8% untuk akselerasi lebih baik sementara rasio gigi dioptimalkan untuk perpindahan gigi yang lebih halus dan kenyamanan berkendara. #