JAKARTA — Suzuki umumkan recall Suzuki S-Presso karena masalah steering tie rod. Komponen tersebut bertugas sebagai penghubung sistem kemudi dengan roda agar keseimbangan roda saat melaju dapat terjaga dengan stabil dan membantu mengurangi getaran pada sektor suspensi kendaraan.
Dengan penggantian yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), maka dipastikan kinerja komponen tersebut lebih optimal dalam memberikan keamanan dan keselamatan selama berada di perjalanan.
Saat ini Suzuki sedang melakukan pengadaan komponen Steering Tie-Rod baru yang akan dipakai untuk penggantian pada mobil-mobil pelanggan. Segera setelah komponen tersedia, dealer resmi Suzuki akan menghubungi dan mengundang 2.228 pelanggan pemilik Suzuki S-Presso di Indonesia untuk datang ke Bengkel Resmi Suzuki secara bertahap guna melakukan pengecekan kendaraan dan melakukan penggantian komponen yang diperlukan.
Recall Suzuki S-Presso ini melibatkan unit-unit yang diproduksi dalam rentang waktu Juli 2022 hingga Maret 2023. Untuk unit-unit yang masih berada di dealer dan menjadi stock akan diperiksa dan dilakukan penggantian terlebih dahulu sebelum dikirim ke para pelanggan. Lalu, untuk unit-unit yang diproduksi mulai dari bulan April 2023 dan setelahnya sudah mendapatkan pembaharuan.
Pemeriksaan di bagian Steering Tie-Rod dan penggantian komponen akan memakan waktu 0.9 jam. Sehingga para pelanggan tidak perlu menunggu lama dan bisa langsung menggunakan kembali mobilnya seperti sedia kala. Penggantian komponen Steering Tie-Rod, baik itu barang maupun jasa tidak dikenakan biaya alias gratis.
Bagi para calon pelanggan yang berminat memiliki Suzuki S-Presso tidak perlu khawatir dan masih bisa memilikinya secepatnya. Hal ini dikarenakan Suzuki telah melakukan pemeriksaan pada stock S-Presso yang ada di dealer dan memastikan unit baru tersebut tidak termasuk dalam unit yang memerlukan penggantian komponen, atau dengan kata lain sudah menggunakan komponen Steering Tie-Rod yang terbaru.
Kami harap langkah yang diambil oleh Suzuki untuk meningkatkan taraf keamanan dan kenyamanan para pelanggan akan Suzuki S-Presso dapat mencerminkan komitmen kami akan pelayanan yang terjamin dan menyeluruh. Apabila ditemukan potensi masalah dalam sistem kendaraan, maka Suzuki akan melakukan penggantian secara gratis kepada para pelanggan setia kami,” kata Hariadi Service Asst. to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales.
Suzuki juga menghimbau agar para pelanggan dapat segera melakukan booking service secara mandiri melalui layanan yang telah tersedia seperti Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau whatsapp Halo Suzuki di nomor 0811-1993-0800. Selain itu, Suzuki juga memberikan kemudahan lain dalam melakukan booking service yaitu melalui fitur live chat yang tersedia di website www.suzuki.co.id dan akan langsung mendapatkan tanggapan dari tim profesional Suzuki.