Melbourne — Waktu yang dijanjikan telah tiba. Pekan lalu, Ford Ranger Super Duty diungkap di Australia, sementara penjualan resminya akan dimulai pada tahun 2026.
Ford Ranger Super Duty diklaim tak kenal kompromi dalam kemampuannya membantu para pengguna yang melakukan pekerjaan terberat, seperti mengangkut, menderek, dan melakukan lebih banyak hal. Truk ini dilengkapi dengan Teknologi Bantuan Pengemudi Ranger, fitur keselamatan, fleksibilitas luar biasa, dan kemampuan luar biasa.
“Kami mendengarkan apa yang dikatakan oleh para operator armada yang paling bekerja keras agar mereka lebih produktif, dan kami telah mengembangkan Ford Ranger dengan perangkat keras tugas berat dan kemampuan yang ditingkatkan agar dapat bekerja lebih lama dan membantu menyelesaikannya lebih cepat,” kata Jim Baumbick, wakil presiden, pengembangan produk lanjutan, perencanaan siklus, dan program, Ford Motor Company (FMC).

Model baru ini akan tersedia di Australia dalam bentuk Single, Super, atau Double Cab Chassis ketika dijual pada tahun 2026. Sementara versi Double Cabin Pickup akan tersedia pada pertengahan tahun yang sama.
Model ini akan tersedia dalam dua tingkat trim, Ranger Super Duty dan XLT (akan hadir pada pertengahan tahun 2026) yang dirancang bagi mereka yang membutuhkan kemampuan jarak jauh yang disempurnakan. Varian ini akan menawarkan velg unik dan peningkatan yang difokuskan pada perjalanan jauh (touring) dan akan tersedia secara eksklusif pada chassis Kabin Ganda dan varian pickup saja.

Mendefinisikan ulang segmen truk pikap tugas berat dan ukuran sedang, Ranger Super Duty akan menghadirkan keselamatan, fleksibilitas, konektivitas, dan kenyamanan.
Model baru ini akan membawa tangki BBM (bahan bakar minyak) 130 liter untuk memberikan penggunanya rasa aman selama perjalanan jauh. Ini lebih besar dibandingkan varian-varian lainnya yang hanya memiliki tangki 80 liter.

Meskipun dimensi sasis keseluruhannya mungkin sama dengan varian-varian Ranger lainnya, model baru ini menggunakan rangka unik yang dirancang untuk memberikan peningkatan kekuatan, kinerja, dan kapasitas angkut beban. Rangkanya lebih tebal, sementara dudukan suspensi, box mount brackets, dan dudukan tow bar telah diperkuat. Hal ini memungkinkannyay mencapai peringkat GVM 4500 kilogram.
Untuk meningkatkan daya tahan, varian baru menggunakan poros penggerak depan dan belakang yang lebih kuat sementara as roda belakang tugas berat yang baru memberikan peningkatan kapasitas angkut beban. Diferensial belakang yang baru merupakan terbesar dan terkuat yang pernah dipasang pada Ford Ranger.
Untuk membantu menyebarkan beban, varian dilengkapi hub roda delapan stud dengan baut-baut lebih besar.
Model baru ini telah dikembangkan dengan mempertimbangkan pemasangan. Rangka yang diperkuat dan titik pemasangan yang mudah diakses memudahkan untuk mengintegrasikan berbagai aksesori purnajual dan peralatan khusus.
Model ini akan menggendong mesin V6 3.0L turbodiesel dengan four-wheel drive system. ##