Tangerang- Hino menggelar diskusi panel dengan tema “Layanan Total Support Digital Hino:Kemudahan, Kecepatan, dan Kenyamanan untuk Pelanggan” di GIIAS 2025. Diskusi ini menjadi wadah bagi Hino untuk memajukan industry transportasi melalui inovasi digital.
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMS) menjelaskan bahwa saat ini Hino memiliki platform digital unggulan, My Hino dan Hino Connect. Pelanggan bisa booking service untuk mengetahui riwayat kendaraan, hingga informasi suku cadang, kini bisa diakses hanya dengan beberapa klik di smartphone.
Tak hanya itu, fitur auto-register kendaraan, product catalog dan owner manual book dalam bentuk digital juga semakin mempermudah pelanggan dalam mengelola armadanya.
“Dengan My Hino, pelanggan tidak perlu repot lagi hanya untuk mencari informasi atau melakukan booking service. Semua layanan Hino kini ada dalam genggaman,” ujar Karen Benita, Dealer Development & Telematic Division Head.
Sementara itu, Hino Connect hadir sebagai sistem telematika unggulan yang memungkinkan pemilik usaha untuk memantau kinerja armada, mulai dari lokasi kendaraan, konsumsi bahan bakar, perilaku pengemudi, hingga pengingat perawatan berkala.
Fitur tambahan lainnya seperti Point of Interest, Multi-Layer ID, dan API Integration dengan sistem internal perusahaan pelanggan, semakin menunjukkan bahwa Hino Connect dirancang untuk menjawab kebutuhan armada berskala besar maupun kecil dengan solusi cerdas dan adaptif.
Fitur terbaru Driver Mobile Apps turut diluncurkan pada GIIAS kali ini. Aplikasi ini memungkinkan pengemudi melakukan verifikasi identitas, mencatat performa berkendara, dan terhubung langsung dengan sistem manajemen perusahaan.
“Melalui Hino Connect Driver, perusahaan dapat mengetahui siapa yang mengemudikan setiap unit, memantau kebiasaan mengemudi, hingga menganalisis data performa setiap sopir. Hal ini tentunya berdampak langsung pada efisiensi operasional, pengurangan risiko kecelakaan, dan perawatan kendaraan yang lebih tepat waktu,” ujar Karen.
Salah satu perusahaan otobus yang menikmati layanan ini PT Primajasa Perdanarayautama. Perusahaan besar ini memanfaatkan fitur monitoring kendaraan, termasuk posisi armada, perilaku pengemudi dan pengingat servis berkala, yang semuanya membantu menjaga ketepatan waktu operasional.
Primajasa dikenal akan komitmennya dalam menyediakan layanan transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) , Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), Pariwisata dan Logistik dengan standar tinggi. Kolaborasi berkelanjutan dengan Hino tidak hanya memperkuat armada mereka dari sisi teknis dan keandalan, namun juga menjadi simbol sinergi yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.
“Melalui Solusi integrasi dengan Hino Apps, kami bisa meningkatkan efisiensi, menekan biaya operasional, sekaligus memastikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang,” ujar Al Malik Masahiko Otsuka Mahpud, Direktur Lapangan dan Teknik PT Primajasa Perdanarayautama.