JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat penjualan mobil hybrid Suzuki sepanjang April 2025 mengalami peningkatan signifikan dengan berkontribusi sebesar 51 persen untuk segmen kendaraan penumpang.
Perolehan tersebut sekaligus merefleksikan pasar Indonesia yang senantiasa menginginkan kendaraan ramah lingkungan, serta menjadi indikator bahwa penerimaan konsumen di segmen hibrida semakin baik.
Menanggapi penjualan mobil hybrid Suzuki tersebut, Randy R Murdoko, Dept Head of 4W Sales PT SIS, mengungkapkan meski pasar masih cenderung turun, tetapi penerimaan terkait model hibrida ini menunjukkan kinerja yang positif.
“Pada bulan lalu, kami mencatat adanya koreksi kecil pada angka retail sales April 2025. Namun, jika melihat dalam perspektif luas, penurunan tersebut masih dapat diterima dalam konteks fluktuasi pasar yang lebih besar. Secara persentasi, kontribusi model hibrida masih menunjukkan kinerja positif dan harus terus dikelola secara baik,” jelasnya.
Kecepercayaan pelanggan tidak lepas dari asal usul merek yang terpercaya dan teruji seperti Suzuki. Lebih meyakinkan lagi, 83% dari keseluruhan model hibrida terjual selama 4 bulan tersebut merupakan produksi Indonesia, tepatnya dari pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat.
Lokasi manufaktur menjadi alasan kuat bagi konsumen ketika mengambil keputusan jangka panjang, karena komitmen produsen merupakan pemberi ketenangan bagi pelanggan selama menggunakan mobilnya.
Adapun dua model hibrida yang telah diproduksi secara lokal antara lain New XL7 dan All New Ertiga Hybrid. Tidak hanya untuk memenuhi pangsa pasar dalam negeri, tetapi juga untuk kinerja ekspor yang dikirim ke berbagai negara antara lain Amerika Selatan, Oceania, dan beberapa negara di Asia Tenggara.
“Membangun kepercayaan terhadap teknologi hibrida memang ada tantangan tersendiri. Namun dengan konsistensi beserta ketulusan kami dalam melayani pelanggan, secara perlahan manfaatnya telah terlihat maupun dapat dirasakan bersama,” pungkas Randy.
Sementara itu, angka 52 persen yang diraih berdasarkan penjualan mobil hybrid Suzuki ini mengalami peningkatan sebesar. Sebelumnya, segmen tersebut pada Januari 2025 berkontribusi sebesar 46 persen, kemudian pada Februari kembali meningkat dengan pencapaian sebesar 47 persen. (*)