Hangzhou — Geely Auto mengumumkan performa yang luar biasa pada tahun 2024. Total penjualan Geely Auto 2024 mencapai 2,17 juta kendaraan, atau meningkat 32% dari tahun 2023.
Bisnis internasional mereka pun mencatat rekor tertinggi yaitu 403.923 kendaraan yang diekspor, melonjak 53% dibandingkan kinerja tahun sebelumnya.
Pada tahun 2024, Geely Auto memperluas jangkauan globalnya secara signifikan ke lebih dari 80 negara dan kawasan, memasuki lebih dari 10 pasar baru sekaligus memperkuat kehadirannya di pasar-pasar yang sudah ada seperti Timur Tengah, Eropa Timur, dan Amerika Latin.
Perluasan strategis ini semakin diperkuat dengan keberhasilan peluncuran 16 model di lebih dari 40 negara dan kawasan, yang menunjukkan komitmen Geely Auto untuk menyediakan kendaraan-kendaraan bernilai tinggi dan pengalaman pelanggan luar biasa bagi khalayak global yang beragam.
Perusahaan pun mengabarkan jaringan penjualan dan layanan global mereka meluas secara signifikan, mencapai sekitar 900 lokasi – meningkat 69% dari akhir tahun 2023. Perusahaan juga memperkuat operasi regionalnya dengan membangun 2 pabrik di Asia dan Afrika, serta mendirikan 4 anak perusahaan baru di Indonesia, Australia, Filipina, dan Chili untuk meningkatkan akses pasar lokal. Untuk mengoptimalkan rantai pasokan, jaringan suku cadang global yang canggih dibangun, didukung oleh hub pusat dan 5 fasilitas strategis di luar negeri.
Untuk pasar Indonesia, peluncuran brand Geely Auto akan digelar pada 22 Januari 2025. Geely EX5 sebagai model pertamanya akan ditampilkan saat peluncuran.
SUV listrik Geely EX5 merupakan model dunia perusahaan yang dipamerkan di 3 pameran otomotif dunia sepanjang 2024, yakni Automechanika Frankfurt, Thailand Auto Expo, dan Hong Kong IMXPO. Tahun 2025, model ini akan hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS).
Salah satu model laris sepanjang 2024 adalah Coolray dengan penjualan 1 juta unit dengan kehadiran di 51 negara. Mobil ini mengukuhkan posisi Top 3 di segmennya di antara merek-merek Cina di 6 pasar utama. Ekspor Monjaro melonjak 150% dari tahun ke tahun, menunjukkan permintaan yang kuat untuk desainnya yang mewah dan performa yang tangguh. Emgrand menegaskan dominasinya di pasar, menempati peringkat 3 teratas sedan A di antara 9 pasar utama.
Tahun 2024 menjadi saksi jumlah pengguna Geely yang melampaui 16 juta, dan bagaimana perusahaan memprioritaskan inovasi produk, keunggulan operasional, dan pembangunan merek. Untuk menawarkan solusi yang disesuaikan di seluruh pasar, Geely melanjutkan strategi ‘multi-energi’ yang mencakup ICE, hibrida, listrik, dan metanol.
Dengan bekal kesuksesan tersebut, Geely Auto telah menetapkan target penjualan 2025 yakni 2,71 juta kendaraan. ##